Comscore Tracker

7 Cara Mudah Mencegah Komedo di Wajah Datang Lagi

Kulit jadi lebih halus bebas komedo

Komedo menjadi permasalahan kulit wajah yang sering dikeluhkan oleh para wanita maupun pria, karena dapat mengganggu penampilan serta bisa menyebabkan wajah kusam, gatal dan kulit kasar.

Komedo sendiri terbentuk akibat pori-pori tersumbat oleh minyak dan kotoran, ada beragam cara untuk menghilangkan komedo, tapi tidak jarang bersifat sementara, untuk mencegah komedo datang lagi, kamu bisa mengikuti tujuh tips berikut.

1. Rutin mencuci muka

7 Cara Mudah Mencegah Komedo di Wajah Datang Lagiilustrasi wanita sudah mencuci muka (pexels.com/EKATERINABOLOVTSOVA)

Mencuci wajah merupakan kegiatan ringan yang mudah dilakukan, namun karena kebanyakan orang punya aktivitas yang padat, hingga akhirnya melewatkan proses mencuci muka yang bisa menyebabkan komedo datang. 

Waktu mencuci muka yang ideal adalah dua kali sehari, dilakukan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, jadi jangan sampai terlewat untuk mencuci muka jika tidak ingin muncul komedo, ya.

2. Memakai skincare yang cocok dengan jenis kulit

7 Cara Mudah Mencegah Komedo di Wajah Datang Lagiilustrasi skincare (pexels.com/RonLach)

Setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda, nih, seperti kering, berminyak atau kombinasi, dari ketiga tipe kulit tersebut, skincare yang harus dipakai juga menyesuaikan dengan jenis kulit.

Hindari memakai produk perawatan kulit yang punya kandungan alkohol karena bisa menyumbat pori-pori dan bisa menyebabkan komedo muncul pada wajah kamu, nih.

3. Hindari makanan berminyak

7 Cara Mudah Mencegah Komedo di Wajah Datang Lagiilustrasi makanan berminyak atau cepat saji (pexels.com/PavelDanilyuk)

Makanan berminyak yang bisa menyebabkan komedo salah satunya adalah makanan cepat saji yang punya nilai gizi rendah, namun kaya akan kalori dan lemak.

Supaya kulit wajah terhindar dari komedo yang membandel, kamu perlu menghindari makanan yang berminyak seperti itu, karena akan mempengaruhi hormon yang bisa memicu komedo datang terus di wajah kamu, lho.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Komedo Membandel, Gak Bakalan Balik Lagi

4. Gunakan scrub wajah

7 Cara Mudah Mencegah Komedo di Wajah Datang Lagiilustrasi memakai scrub wajah (pexels.com/AnnaTarazevich)

Langkah berikutnya agar terhindar dari komedo adalah menggunakan scrub pada wajah, karena face scrub bisa mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kotoran yang menyumbat di wajah, nih.

Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlalu sering menggunakan face scrub, cukup gunakan setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu, supaya hasilnya ideal, ya.

5. Pakai masker wajah

7 Cara Mudah Mencegah Komedo di Wajah Datang Lagiilustrasi memakai masker perawatan wajah (pexels.com/GustavoFring)

Dalam rangkaian pemakaian skincare atau perawatan wajah, masker menjadi salah satu produk yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, karena bisa berfungsi untuk mengatasi komedo di kulit wajah, nih.

Gunakan masker berbahan tree tea oil atau lemon, untuk mengatasi produksi minyak berlebih dan mengangkat kotoran atau sel kulit mati yang dapat memicu komedo membandel, kamu bisa memakai masker dua atau tiga kali dalam seminggu.

6. Selalu membersihkan wajah setelah seharian ber-makeup

7 Cara Mudah Mencegah Komedo di Wajah Datang Lagiilustrasi membersihkan wajah (pexels.com/SoraShimazaki)

Hal yang bisa menyebabkan timbulnya komedo adalah debu, polusi atau produksi minyak berlebih, selain itu penggunaan makeup yang jarang dibersihkan bisa memicu timbulnya masalah kulit yang membuat wajah jadi kusam ini, lho.

Untuk mencegah komedo datang pada wajah kamu, setelah makeup dipakai seharian pastikan sebelum tidur kamu sudah membersihkannya, supaya wajah bersih dari kotoran yang menyumbat pori-pori, bebas komedo, deh.

7. Perhatikan penggunaan produk makeup

7 Cara Mudah Mencegah Komedo di Wajah Datang Lagiilustrasi wanita pakai make up (pixels.com/KarolinaGrabowska)

Pada wanita menggunakan makeup di wajah merupakan hal yang sering dilakukan untuk tampil cantik, namun ternyata memakai kosmetik bisa menimbulkan masalah pada wajah salah satunya komedo, lho.

Seperti produk primer atau bedak yang berfungsi untuk memudarkan pori-pori wajah, justru jika tidak sering dibersihkan secara rutin bisa menyebabkan komedo muncul, nih, untuk mengatasinya kamu bisa mengurangi penggunaan produk make up tersebut, atau membersihkan secara optimal agar komedo tidak muncul lagi.

Supaya mencegah komedo datang pada wajah, yang paling penting ternyata menjaga kebersihan wajah. Yuk, rawat wajah agar bebas komedo.

Baca Juga: 7 Face Wash untuk Tumpas Komedo dan Kecilkan Pori, Wajah Tampak Mulus

Resti Salsabila Photo Verified Writer Resti Salsabila

I am me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya