Comscore Tracker

5 Perbedaan Double Cleansing dan Triple Cleansing

#IDNTimesLife Karena satu tahap aja belum cukup!

Membersihkan wajah sangat penting dalam step menggunakan skincare. Langkah membersihkan wajah yang benar akan membantu produk skincare di tahap selanjutnya bisa menyerap dengan lebih sempurna di kulitmu. Dalam membersihkan wajah, dikenal dengan istilah double cleansing dan triple cleansing. Apa sih bedanya?

Membersihkan wajah dalam satu tahap biasanya kurang efektif mengangkat kotoran dan sisa makeup secara menyeluruh. Karena itu, kamu perlu melakukan double cleansing dan triple cleansing untuk mendapatkan wajah yang lebih bersih. Ini dia perbedaan double cleansing dan triple cleansing, keep scrolling!

1. Double cleansing memiliki dua tahap

5 Perbedaan Double Cleansing dan Triple Cleansingpexels.com/Shinny Diamond

Double cleansing merupakan proses membersihkan wajah yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama disebut dengan first cleansing dan tahap kedua disebut second cleansing. Untuk membersihkan wajah secara maksimal, kamu bisa menggunakan micellar water sebagai first cleanser. Gunakan micellar water untuk mengangkat makeup, debu, serta polusi yang menempel di permukaan wajah.

Setelah gak ada lagi sisa kotoran yang terlihat di kapas, kamu bisa membilas wajah dengan facial foam. Pilih facial foam yang lembut dan gak membuat wajah menjadi kering. Jika proses in sudah selesai, kamu bisa melanjutkan ke tahap skincare selanjutnya.

2. Triple cleansing memiliki tiga tahap

5 Perbedaan Double Cleansing dan Triple Cleansingpexels.com/Andrea Piacquaido

Selain double cleansing, ada juga yang disebut dengan triple cleansing. Sesuai dengan namanya, triple cleansing menggunakan tiga tahap pembersihan wajah. Jika pada double cleansing kamu menggunakan micellar water dan facial foam, pada triple cleansing kamu bisa menambahkan penggunaan pembersih wajah berbahan oil di antara tahap penggunaan micellar water dan facial foam.

3. Double cleansing digunakan untuk penggunaan makeup sehari-hari

5 Perbedaan Double Cleansing dan Triple Cleansingpexels.com/cottonbro

Meskipun gak menggunakan makeup full, kamu tetap perlu melakukan double cleansing. Polusi udara dan debu yang menempel di wajah kamu perlu dibersihkan secara tuntas, yakni dengan menggunakan micellar water sebelum mencuci wajah dan setelah beraktivitas.

Baca Juga: 9 Produk Micellar Water dari Brand Skincare Lokal, Banyak Pilihan!

4. Triple cleansing tepat digunakan untuk penggunaan makeup tebal dan waterproof

5 Perbedaan Double Cleansing dan Triple Cleansingpexels.com/Sora Shimazaki

Triple cleansing tepat digunakan saat kamu menggunakan makeup tebal atau makeup yang waterproof. Oil based cleanser bisa mengangkat makeup waterproof sehingga lebih mudah dibersihkan. Jadi gunakan micellar water di tahap awal, lalu gunakan oil based cleanser seperti cleansing oil atau cleansing balm. Setelah makeup kamu terangkat, tuntaskan proses pembersihan wajah dengan menggunakan facial foam.

5. Baik double cleansing maupun triple cleansing dapat disesuaikan dengan kondisi kulitmu

5 Perbedaan Double Cleansing dan Triple Cleansingpexels.com/Maria Orlova

Cara membersihkan wajah dengan double cleansing maupun triple cleansing tentunya harus disesuaikan dengan kondisi kulitmu, nih! Karena triple cleansing menggunakan oil dalam step-nya, sehingga aman untuk dry skin. Untuk double cleansing, cocok untuk semua jenis kulit.

Itu dia perbedaan dan penjelasan mengenai double cleansing dan triple cleansing. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajahmu ya supaya kulitmu terhindar dari beragam masalah kulit, ladies!

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Facial Wash yang Perlu Kamu Tahu Agar Tak Salah Pilih

Topic:

  • Pinka Wima
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya