5 Cara Memulihkan Luka Bekas Operasi Caesar dengan Cepat

Bisa dicoba, nih

Jika gak bisa melahirkan secara normal, para wanita harus menempuh operasi caesar agar dapat melahirkan buah hatinya. Proses melahirkan dengan operasi caesar biasanya berlangsung lebih cepat dan gak begitu menyakitkan jika dibandingkan dengan proses normal. Namun, luka bekas operasi caesar membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh wanita untuk membantu proses penyembuhan setelah menjalani operasi caesar. Prosesnya memang gak bisa dibilang mudah, namun jika dilakukan secara benar luka bekas operasi caesar akan cepat mengering. Nah, para mama bisa intip tips berikut ini!

1. Konsumsi makanan yang tepat dan perhatikan nutrisinya

5 Cara Memulihkan Luka Bekas Operasi Caesar dengan CepatUnsplash/Brooke Lark

Konsumsi makanan setelah operasi caesar harus diperhatikan. Apalagi, kamu juga harus menjadi sumber nutrisi untuk bayi. Asam amino dari protein sangat membantu penyembuhan lukamu setelah operasi caesar. Selain itu, perbanyak makanan yang mengandung vitamin C dan E serta makanan berkalori tinggi.

2. Perbanyak jalan

5 Cara Memulihkan Luka Bekas Operasi Caesar dengan CepatUnsplash/Steven Abraham

Setelah dokter mengizinkanmu untuk mulai berolahraga, kamu bisa lakukan jalan kaki setiap hari selama 30 menit. Berjalan kaki dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko pembekuan darah. Selain itu, tubuh akan cepat pulih dengan berjalan kaki.

3. Minum air yang cukup untuk melawan sembelit

5 Cara Memulihkan Luka Bekas Operasi Caesar dengan CepatUnsplash/Mae Mu

Setelah operasi caesar, seorang ibu dapat berisiko mengalami sembelit. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon, otot perut yang lelah atau akibat terlalu banyak berbaring. Bukan hanya menyakitkan, sembelit yang dialami usai operasi caesar dapat melukai sayatan. Sehingga, disarankan untuk minum air mineral lebih banyak dari biasanya dan mengonsumsi makanan yang berserat seperti buah.

Baca Juga: Perlu Diketahui, Ini 8 Tahap Persiapan Hingga Proses Operasi Caesar 

4. Pastikan bekas operasi caesar tetap kering, bersih, dan steril

5 Cara Memulihkan Luka Bekas Operasi Caesar dengan Cepatflo.health

Luka bekas operasi caesar biasanya akan ditutup dengan plester anti air. Setelah tujuh hari, plester ini akan dibuka dan dokter akan memastikan luka telah menutup dengan sempurna. Setelah itu, giliranmu untuk menjaga luka tersebut tetap bersih agar terhindar dari infeksi.

Saat mandi, bersihkan luka menggunakan air sabun dengan cara meneteskannya. Jangan menggosok area tersebut, cukup dengan tepuk-tepuk dengan lembut. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih. Selain itu, kamu bisa menggunakan antibiotik atau petroleum jelly sesuai dengan anjuran dokter untuk diusapkan sehari-hari.

5. Perhatikan tanda-tanda infeksi

5 Cara Memulihkan Luka Bekas Operasi Caesar dengan Cepatmedicalnewstoday.com

Luka bekas operasi caesar akan rentan terkena infeksi. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tanda-tanda adanya infeksi agar gak terlambat dalam menanganinya. Kamu harus memeriksa suhu di area tersebut setiap 24 jam sekali. Setelah itu, perhatikan juga apakah ada pembengkakan, rasa sakit yang hebat, atau garis-garis kemerahan. Jika gejala ini muncul, segera konsultasikan ke dokter.

Beberapa cara tersebut dapat membantumu menyembuhkan luka bekas operasi caesar dengan cepat. Selama masa pemulihan, pastikan kamu menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar untuk menghindari iritasi karena adanya gesekan pakaian. Semoga lekas pulih ya, ma!

Baca Juga: Perlu Diketahui, Ini 8 Tahap Persiapan Hingga Proses Operasi Caesar 

Topic:

  • Rully Bunga
  • Elfida

Just For You