Comscore Tracker

5 Tips Memilih Toner untuk Pemilik Kulit Berminyak

Jangan asal pilih, ya!

Memiliki kulit wajah yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain menggunakan sabun muka, kamu juga harus rutin mengaplikasikan skincare untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, termasuk penggunaan toner juga menjadi tahap yang gak boleh dilewatkan.

Toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. Penggunaan toner yang tepat dan rutin bermanfaat untuk membuat kulit wajah lebih halus, mengurangi bintik hitam dan melenyapkan kuman penyebab jerawat. Namun, pastikan kamu memilih toner yang sesuai dengan jenis kulitmu, terutama jenis kulit berminyak. Untuk itu, ikuti tips berikut, yuk!

1. Pilih toner yang dikhususkan untuk kulit berminyak

5 Tips Memilih Toner untuk Pemilik Kulit Berminyakbeautyhaulofficial.com

Dalam memilih toner, usahakan untuk memilih produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Bisa juga pilih toner yang mendekati karakteristik kulit berminyak, seperti kulit mengilap, pori-pori besar, dan kulit wajah berjerawat. Produk toner yang cocok untuk kulit berminyak biasanya asam alfa hidroksi atau AHA.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari AHA. Produk ini biasanya dapat meresap jauh hingga ke dalam pori-pori kulit. Sehingga, AHA dapat membantu pengelupasan kulit secara efektif dan dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat.

2. Hindari toner yang mengandung kelapa dan mineral oil

5 Tips Memilih Toner untuk Pemilik Kulit BerminyakUnsplash.com/Devin Avery

Dalam pemilihan toner untuk kulit berminyak, ada beberapa bahan alami yang harus kamu hindari, misalnya kelapa dan mineral oil. Bahan-bahan ini biasanya digunakan untuk merawat kulit kering. Sehingga, jika kamu menggunakan toner ini, justru akan memperburuk kulit berminyak.

Toner yang mengandung orange blossom, lemon, dan rose bisa menjadi alternatif pilihannya. Zat-zat di dalam bahan-bahan tersebut akan membuat kulitmu terasa lebih segar. Selain itu, mereka juga bisa membantu memperkecil pori-pori kamu.

Baca Juga: Waspada, 5 Kandungan Skincare Ini Tidak Bersahabat dengan Kulit Kering

3. Toner yang mengandung zink baik untuk kulit kamu

5 Tips Memilih Toner untuk Pemilik Kulit Berminyakskinfacebeauty.co.uk

Zink biasanya digunakan untuk beberapa produk kecantikan, termasuk toner. Produk yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat biasanya juga mengandung zink. Ada banyak manfaat jika kamu menggunakan toner yang mengandung zink.

Fungsi utama dari zink ialah membantu mengontrol produksi minyak atau sebum pada wajah. Sehingga, ketika toner yang kamu gunakan mengandung zink, kulitmu akan lebih lembap. Manfaatnya, skincare lain pun dapat diserap dengan sempurna oleh wajah.

4. Jangan pilih toner yang mengandung alkohol!

5 Tips Memilih Toner untuk Pemilik Kulit Berminyakpronounceskincare.com

Toner berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat. Selain itu, kelembapan kulit dapat terjaga jika rutin mengaplikasikan toner. Beberapa toner memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Justru, kandungan ini harus kamu hindari jika memiliki jenis kulit berminyak.

Toner yang mengandung alkohol bersifat mengeringkan sehingga toner tersebut akan mengurangi kelembapan kulit pada saat proses pembersihan. Akibatnya, keseimbangan produksi minyak pada kulit akan terganggu.

5. Pilih toner yang mengandung bahan alami

5 Tips Memilih Toner untuk Pemilik Kulit BerminyakUnsplash.com/Charisse Kenion

Toner dengan bahan alami juga aman digunakan untuk kulit berminyak. Kamu bisa pilih toner yang mengandung aloe vera, clary sage, lavender, sandalwood, tea tree, willow bark atau salicylic acid dan witch hazel. Toner yang mengandung bahan ini dapat membantu menyeimbangkan kulit dan mengurangi minyak.

Selain itu, kamu juga bisa coba toner yang mengandung clay atau tanah liat. Kandungan ini dapat menyerap minyak dan membuat kulit wajah lebih sehat. Selain itu, kulit akan terasa lebih bersih dan segar ketika mengaplikasikan toner ini.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih toner bagi si pemilik kulit berminyak. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus menggunakannya secara rutin. Semoga menginspirasi, ya!

Baca Juga: 5 Indikasi Saat Wajahmu Terlalu Banyak Menggunakan Skincare, Catat!

Bunga Photo Community Writer Bunga

Hey there! I am using WhatsApp.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You