Comscore Tracker

Wow, Pasti 6 Fakta Tentang Kuku Ini Tak Kamu Ketahui!

Jangan anggap sepele kuku

Jika berbicara tentang kuku para kaum hawa biasanya akan lebih sensitif dengan penampilan dan kebersihan kuku mereka. Karena bagi mereka kuku yang bersih dan sehat juga dapat menunjang penampilan. Faktanya, di balik untuk menunjang penampilan kuku masih menyimpan beberapa fakta lain yang bisa buat kamu terpukau. Berikut adalah beberapa fakta tentang kuku yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Kuku dan rambut terbuat dari keratin

Wow, Pasti 6 Fakta Tentang Kuku Ini Tak Kamu Ketahui!Unsplash.com/Tiko Giorgadze

Jika selama ini kamu penasaran terbuat dari apakah kuku yang ada pada jari-jari kita, jawabannya adalah keratin. Keratin adalah protein pelindung yang juga membentuk rambut kita. Namun, susunan molekul yang ada pada rambut berbeda dengan yang ada pada kuku. Oleh karena itu kuku terbentuk lebih keras jika dibandingkan dengan rambut.

2. Tingkat pertumbuhan kuku tangan dan kaki berbeda

Wow, Pasti 6 Fakta Tentang Kuku Ini Tak Kamu Ketahui!Unsplash.com/Han

Sering tidak kamu memperhatikan bahwa pertumbuhan kuku di jari tangan ternyata lebih cepat bila dibandingkan dengan kuku yang ada di jari kaki. Jika kamu perhatikan kuku di jari tangan lebih cepat pertumbuhannya, kuku di jari tangan biasanya akan tumbuh sepanjang 3,5 mm per bulan. Sementara, kuku jari kaki hanya akan tumbuh sepanjang 1,6mm per bulan.

3. Kuku tidak memiliki jaringan keringat

Wow, Pasti 6 Fakta Tentang Kuku Ini Tak Kamu Ketahui!Unsplash.com/Biel Morro

Tidak perlu heran jika kuku tidak pernah berkeringat. Ini dikarenakan kuku tidak memiliki kelenjar keringat. 

Baca Juga: 5 Cara untuk Menguatkan Kuku, Biar Gak Mudah Patah Girls!

4. Kondisi kuku menggambarkan kesehatan tubuh

Wow, Pasti 6 Fakta Tentang Kuku Ini Tak Kamu Ketahui!Unsplash.com/Vero Photoart

Penampilan kuku dapat memberitahu kesehatan tubuh kamu yang sebenarnya. Misalnya, bila kuku berwarna agak kebiru-biruan bisa jadi ada masalah pada paru-paru.

5. Kuku memerlukan darah untuk pertumbuhannya

Wow, Pasti 6 Fakta Tentang Kuku Ini Tak Kamu Ketahui!Unsplash.com/Roman Kraft

Kuku membutuhkan darah dalam proses pertumbuhannya. Jadi tidak heran, bila di saat cedera kuku kita bisa lepas dari permukaan jari. Hal ini dikarenakan pelat kuku kita membutuhkan aliran ,nutrisi dan oksigen. Cedera yang terjadi pada kuku dapat mengganggu koneksi yang memberikan nutrisi pada kuku dan menyebabkan berhentinya pertumbuhan pada kuku.

6. Udara panas akan mempercepat pertumbuhan kuku

Wow, Pasti 6 Fakta Tentang Kuku Ini Tak Kamu Ketahui!Unsplash.com/Jacob Owens

Beruntung bagi kita yang tinggal di daerah tropis. Tinggal di daerah tropis ternyata mempunyai keuntungan sendiri buat kamu yang ingin mempercepat pertumbuhan kukumu. Karena faktanya pertumbuhan kuku akan lebih cepat di daerah dengan temperatur panas dibandingkan dengan daerah yang bertemperatur dingin.

Fakta di atas membuat kita semakin lebih tahu bahwa kuku punya peran penting yang lebih besar dari yang kita pikirkan. 

Baca Juga: Hobi Pakai Kuteks? 6 Cara Ini Bikin Kukumu Tetap Sehat

Ruth Cikita Photo Community Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You