Comscore Tracker

Biar Lebih Aman, 5 Alternatif Deodoran Alami Ini Wajib Banget Dicoba

Murah meriah dan cara buatnya juga gampang banget

Deodoran digunakan untuk mencegah bau badan tak sedap karena produksi keringat yang berlebih. Namun deodoran dianggap kurang baik bila rutin digunakan karena selama proses penyerapannya, produk dapat terserap oleh kelenjar tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Selain masalah itu, ada gak sedikit juga orang yang memiliki kulit sensitif sehingga tidak bisa menggunakan deodoran yang banyak dijual.

Daripada dihantui rasa khawatir yang bikin gak nyaman, baiknya coba lima alternatif alami deodoran berikut ini deh agar lebih aman!

1. Witch hazel

Biar Lebih Aman, 5 Alternatif Deodoran Alami Ini Wajib Banget Dicobathayers.com

Witch hazel telah populer sebagai bahan yang banyak manfaatnya bagi perawatan tubuh, kandungan dari tumbuhan alami tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membunuh bakteri dan menghilangkan kelembaban berlebih pada kulit. Selain itu witch hazel juga ideal untuk menjadi pengganti deodoran karena tidak meninggalkan residu atau bekas pada pakaian. 

2. Baking soda

Biar Lebih Aman, 5 Alternatif Deodoran Alami Ini Wajib Banget Dicobathrfun.com

Jika ingin lebih sederhana lagi, deodoran juga bisa digantikan dengan cara menggunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan corn strach atau tepung tapioka lalu tuang sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Seperti yang sudah banyak diketahui secara luas, baking soda sendiri dapat berfungsi mencegah bau badan dan menjaga ketiak tetap kering sepanjang hari. 

Baca Juga: 7 Tips Rawat Ketiak Sensitif, Pemilihan Deodoran Ternyata Penting Lho!

3. Cuka apel

Biar Lebih Aman, 5 Alternatif Deodoran Alami Ini Wajib Banget Dicobacrunchybetty.com

Cuka apel pun tidak hanya ampuh mengobati jerawat meradang lho, tapi diam-diam bahan alami ini juga bisa membasmi bau ketiak tak sedap. Cuka apel punya sifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri sehingga cocok buat dijadikan alternatif deodoran guys.

Kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan air lalu aplikasikan dengan kapas atau tisu. Meskipun aroma cuka apel cukup kuat tapi ramuan ini efektif lho menjaga bau badan tetap aman.

4. Air lemon

Biar Lebih Aman, 5 Alternatif Deodoran Alami Ini Wajib Banget Dicobaverywellhealth.com

Kandungan asam dalam lemon dapat menjadi antibakteri yang bagus untuk membunuh kuman penyebab bau ketiak. Lemon juga memberi aroma segar yang bisa membuat penampilan semakin percaya diri. Perasan jeruk lemon ini dapat digunakan langsung ke ketiak, tapi hindari menggunakannya pada kulit sehabis bercukur atau kulit yang sedang mengalami luka.

5. Minyak esensial

Biar Lebih Aman, 5 Alternatif Deodoran Alami Ini Wajib Banget Dicobanoteworthy.auracacia.com

Jika kamu memiliki stok minyak esensial di rumah, coba bikin deodoran deh. Beberapa jenis minyak esensial seperti minyak sereh, lavender, thyme, dan rosemary mengandung sifat antibakteri yang bisa melawan bau badan. Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan minyak kelapa atau kamu juga bisa langsung mengaplikasikannya di ketiak. 

Membuat deodoran alami seperti di atas jelas lebih aman dan juga bisa disesuaikan dengan keinginan pribadi. Yuk dicoba!

Baca Juga: Ketiak Nyaman, Ini 5 Rekomendasi Deodorant Vegan yang Aman untukmu

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You