Comscore Tracker

7 Manfaat Ajaib Plum Oil untuk Merawat Kulit dan Rambut

Penyelamat berbagai masalah kulit dan rambut, nih

Merawat kulit wajah telah menjadi rutinitas sehari-hari yang tak boleh dilewatkan. Segala macam aktivitas yang dilakukan akan berakibat buruk pada kulit, apabila tidak ditangani dengan tepat.

Memakai serum dan pelembap dapat membantu mengembalikan kerusakan pada kulit. Tak hanya itu, memakai skincare berbahan dasar minyak alami pun dapat membantu merawat kulit. Salah satunya dengan memanfaatkan kandungan plum oil.

Plum oil merupakan minyak kecantikan yang diekstraksi dari biji-bijian plum French Ente. Minyak plum disebut sebagai salah satu rangkaian perawatan baru untuk kulit dan rambut.

Lantas, apa saja manfaat minyak plum untuk kulit wajah? Berikut tujuh manfaat ajaib plum oil yang bisa membantu mengatasi masalah kulit dan rambut.

1. Mengenal plum oil

7 Manfaat Ajaib Plum Oil untuk Merawat Kulit dan Rambutpexels.com/Any Lane

Buah plum atau Prunus Domestica ini ternyata masih satu spesies dengan buah aprikot dan persik. Warisan yang berasal dari budaya Asia, terutama dari daratan selatan Tiongkok ini sudah lama digunakan untuk perawatan wajah.

Tak hanya itu, minyak plum ini pun sudah dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok, Korea, dan Jepang kurang lebih selama 2000 tahun yang lalu.

Buah plum merupakan super food yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya buahnya, minyak plum mampu merawat kulit wajah dan juga rambut.

Dilansir Byrdie, menggunakan minyak plum secara rutin dapat membantu mengontrol produksi sebum pada kulit wajah hingga melindungi kulit dari radikal bebas. Minyak plum pun dapat diaplikasikan bersamaan dengan produk perawatan wajah lainnya.

2. Mengontrol produksi sebum dan menyembuhkan iritasi pada kulit wajah

7 Manfaat Ajaib Plum Oil untuk Merawat Kulit dan Rambutfreepik.com/Racool_studio

Minyak plum sangat baik sebagai perawatan kulit berminyak dan berjerawat karena dapat mengatur produksi sebum atau minyak berlebih pada wajah. Pada tahun 2009 di dalam sebuah studi analisis beberapa penelitian dalam jurnal Journal of Saudi Chemical Society munujukkan, bahwa minyak plum kaya akan asam oleat dan asam linoleat.

Asam oleat bekerja untuk mengontrol produksi sebum yang berlebih pada kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan iritasi pada kulit. Sedangkan, asam linoleat dapat mencegah sel kulit mati berlebih yang menumpuk pada kulit.

Selain itu, vitamin E yang ditemukan pada minyak plum ini dapat berfungsi untuk menyembuhkan kulit akibat iritasi ringan yang disebabkan oleh jerawat, lho.

3. Mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari radikal bebas

7 Manfaat Ajaib Plum Oil untuk Merawat Kulit dan Rambutpexels.com/Andrea Piacquadio

Berdasarkan hasil studi analisis dalam jurnal Journal of Saudi Chemical Society tahun 2009, minyak plum mengandung vitamin A, E, dan polifenol yang bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan bersifat untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang akan berdampak pada kerutan, garis halus, serta tanda penuaan lainnya.

Selain itu, minyak plum ini dapat menghaluskan, meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit tampak lebih sehat. Kandungan vitamin C yang ditemukan pada minyak plum ini merupakan salah satu perawatan kulit wajah yang terbukti paling baik.

Minyak plum yang memiliki konsentrasi antioksidan yang tinggi dapat mempercepat produksi kolagen dan elastin yang bekerja sebagai pencegahan penuaan dini pada kulit wajah.

Kandungan vitamin A pada minyak plum ini dapat meningkatkan pergantian sel kulit sehingga dapat menghaluskan kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit wajah.

Baca Juga: 7 Face Oil dengan Kandungan Rosehip Oil, Besties buat Kulit Kering!

4. Anti-inflamasi dan menghidrasi kulit 

7 Manfaat Ajaib Plum Oil untuk Merawat Kulit dan Rambutngovee.com

Manfaat lain dari minyak plum adalah sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan pada kulit. Sebuah studi yang telah dirangkum oleh Byrdie tahun 2019, menyatakan bahwa polifenol yang terdapat dalam minyak plum ini bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Minyak plum mengandung minyak alami aktif yang sangat baik untuk merawat anti-peradangan yang sudah terbukti untuk kulit.

Sebuah studi analisis yang dikutip Journal of Saudi Chemical Society tahun 2009 menemukan bahwa minyak plum mengandung asam lemak omega 6 dan 9 yang berfungsi untuk melembabkan kulit wajah.

Bahkan, vitamin A dan E yang juga berfungsi untuk melembabkan kulit ini pun dapat bekerja untuk membuat kulit terlihat semakin kenyal. Minyak plum mudah diserap oleh kulit dan tidak akan menempel di kulit seperti seperti memakai minyak pada umumnya. Sehingga, minyak plum ini dapat dipakai sebelum pemakaian riasan wajah.

5. Jenis kulit yang cocok memakai plum oil

7 Manfaat Ajaib Plum Oil untuk Merawat Kulit dan Rambutpexels.com/Pavel Danilyuk

Dilansir The Zoe Report, minyak plum disebut memiliki kekuatan antioksidan delapan kali lebih kuat dari minyak argan dan enam kali lebih kuat dari minyak marula. Formulanya yang ringan dapat dengan sangat cepat meresap ke kulit dan tidak akan meninggalkan rasa lengket saat diaplikasikan ke wajah.

Minyak plum diklaim sebagai minyak non-comedogenic atau yang berarti tidak menyumbat pori-pori yang dapat menimbulkan jerawat. Maka dari itu, minyak plum ini ringan dan aman untuk mengatasi masalah jerawat. Bahkan, minyak plum sangat baik untuk orang-orang yang memiliki masalah minyak berlebih yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Meskipun berbahan dasar alami, penggunaan minyak plum pada kulit sensitif sebaiknya dapat diuji coba secukupnya terlebih dahulu pada bagian tubuh lainnya. Apabila terjadi iritasi atau kemerahan segera hentikan pemakaian.

6. Penggunaan plum oil

7 Manfaat Ajaib Plum Oil untuk Merawat Kulit dan Rambutpexels.com/Andrea Piacquadio

Seperti perawatan wajah pada umumnya, minyak plum ini efektif dipakai sebagai perawatan wajah sehari-hari. Dilansir dari Byrdie, minyak plum dapat dipakai dua kali dalam satu hari.

Saat pagi hari, penggunaan minyak plum pada kulit wajah yang bersih dan kering dapat diaplikasikan sebelum menggunakan riasan wajah atau perawatan wajah lainnya. Begitu pula pada malam hari, minyak plum dapat ditambahkan ke dalam perawatan wajah rutin sebelum tidur.

Teksturnya yang ringan dan mudah menyerap membuat minyak plum dapat bekerja lebih efektif apabila dipadukan dengan serum atau pelembap yang sifatnya memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

Minyak biji delima dan minyak seabuckthorn akan menghasilkan antioksidan yang sangat tinggi apabila dipadukan dengan minyak plum. Perpaduan minyak ini sangat baik untuk pergantian sel, tidak menyumbat pori-pori dan dapat membuat kulit menjadi lebih halus.

7. Baik untuk perawatan rambut 

7 Manfaat Ajaib Plum Oil untuk Merawat Kulit dan Rambutfreepik.com/gpointstudio

Tak hanya bermanfaat untuk kulit wajah, minyak plum ternyata dapat dipakai untuk perawatan rambut. Teksturnya yang ringan sangat ideal untuk perawatan rambut sehari-hari.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, minyak plum dapat diaplikasikan pada ujung rambut yang masih basah saat telah dikeramas. Minyak ini dapat bermanfaat untuk melindungi rambut dari kerusakan dan panas akibat pengering atau alat penata gaya rambut.

Seiring perkembangan zaman, kebanyakan orang beralih dengan memakai perawatan kulit dengan kandungan alami. Selain baik untuk rambut, minyak plum dapat disebut sebagai penyelamat berbagai permasalahan kulit wajah.

Salah satu perawatan kulit dari luar adalah dengan menjaganya dari paparan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan membuatnya cepat mengalami penuaan dini. Hal yang terpenting adalah pastikan kamu selalu menjaga kebersihan kulit dan memakai perawatan wajah yang tepat untuk kulitmu.

Baca Juga: Gak Cuma Wangi, 6 Essenstial Oil Ini Ampuh Membasmi Kutu Rambut 

Sagita Photo Verified Writer Sagita

Work hard in silence. Let your success be your noise.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya