Comscore Tracker

Waspada, 5 Faktor yang Menyebabkan Rusaknya Kolagen pada Kulit

Ternyata ini yang bikin kulit kamu kusam!

Terjadinya penuaan dini pada kulit dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang umur. Timbulnya garis halus, keriput, dan kulit yang kendur disebabkan oleh rusaknya zat kolagen pada kulit. Seiring bertambahnya usia, kondisi alami seperti penuaan memang tidak bisa dicegah, namun, kamu bisa mengontrol agar tidak memperparah kondisi kulit.

Pada usia awal 20 tahun, kerap kali kamu berpikir bahwa kulit kamu belum mengalami tanda-tanda penuaan atau kerusakan tersebut, tapi justru pada saat itulah kulitmu mulai membutuhkan perhatian khusus, lho. Gak perlu mahal-mahal, pencegahan lebih murah daripada mengobati, ketahuilah faktor-faktor di bawah ini untuk menghindari kerusakan berlebih akibat berkurangnya kolagen pada kulit.

1. Kurang tidur

Waspada, 5 Faktor yang Menyebabkan Rusaknya Kolagen pada Kulitorganicauthority.com

Kegiatan yang berlebih terkadang membuat kamu kurang tidur yang akan membuat tubuh stres. Nah, saat itulah, tubuh akan memproduksi hormon cortisol yang dapat menyebabkan kolagen rusak, lho. Saat kamu tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel-sel, jika waktu tidurmu kurang, regenerasi kolagen pun akan terhambat karena tubuh kekurangan waktu untuk memproduksi sel baru. Akibatnya, kulit dapat mengalami penuaan dini.

2. Hindari konsumsi gula yang berlebihan

Waspada, 5 Faktor yang Menyebabkan Rusaknya Kolagen pada Kulitsunshineclinic.org

Siapa yang gak suka makanan-makanan seperti kue, es krim, serta minuman-minuman manis lainnya? Kadang kamu suka gak sadar kamu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis apalagi saat sedang stres. Konsumsi sesuatu yang manis secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh. Mulai dari diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung.

Selain berpengaruh pada kesehatan tubuh, gula juga dapat menyebabkan kolagen rusak, girls. Akibatnya, tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus pun akan bermunculan.

3. Terpapar langsung oleh sinar UV

Waspada, 5 Faktor yang Menyebabkan Rusaknya Kolagen pada Kulitessentialaesthetics.net

Meskipun paparan sinar matahari dapat menjadi sumber vitamin D, sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Saat terpapar oleh sinar matahari dalam waktu yang lama, kulit akan menyerap radikal bebas yang dapat menyerang sel sehat pada kulit.

Nah, untuk melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar matahari, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen ya, pastikan kamu mengikuti tata cara dan perhatikan SPF yang terkandung di dalamnya. 

Baca Juga: 7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routine

4. Kurangnya kadar vitamin C pada tubuh

Waspada, 5 Faktor yang Menyebabkan Rusaknya Kolagen pada Kulitmaxinewarsh.com

Jika kamu tidak ingin kolagen dalam kulitmu rusak, gak hanya skincare yang bisa mencegah, namun kamu juga harus merawat kulitmu dari dalam. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat, terlebih asupan dengan kandungan vitamin C. Vitamin ini dapat menstimulasi pembentukan kolagen, sekaligus melawan anti-oksidan yang dapat menjadi salah satu penyebab kerusakan pada kolagen.

Beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan vitamin C dalam tubuh antara lain lemon, jeruk, dan tomat.

5. Merokok terbukti dapat merusak kulit

Waspada, 5 Faktor yang Menyebabkan Rusaknya Kolagen pada Kulitasbestos.com

Sepertinya semua orang sudah tahu bahwa terdapat sederet dampak buruk dari kebiasaan merokok bagi tubuh. Namun, masih banyak orang yang belum tahu kalau ternyata ada ribuan zat kimia dalam tembakau yang dapat merusak kolagen.

Tahu tidak, bahwa saat kulit mengalami kontak langsung dengan asap rokok, pembuluh darah kamu dapat mengerut dan akan mengurangi peraliran darah. Dengan adanya hal ini, kolagen menjadi kering, rapuh, dan mati, sehingga berujung dengan munculnya kerutan, kulit kering, dan kusam.

Nah, sudah tahu kan penyebab-penyebab yang membuat kolagen pada kulit rusak? Selalu jaga baik kulitmu ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skin Care Prebiotik yang Khusus untuk Kulit Sensitif

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Just For You