Comscore Tracker

5 Alasan untuk Mulai Beralih ke Menstrual Cup

Apa keistimewan menstrual cup dibandingkan pembalut biasa?

Ada berbagai macam jenis alat pembantu menstruasi untuk wanita. Mulai dari pembalut biasa yang digunakan oleh mayoritas wanita di Indonesia, pembalut kain, tampon, hingga menstrual cup. Belakangan ini, menstrual cup sedang lebih banyak dibicarakan dibandingkan alat pembantu menstruasi lainnya. Di artikel ini akan dibahas beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan menstrual cup daripada pembalut biasa. Yuk disimak!

1. Lebih ramah lingkungan

5 Alasan untuk Mulai Beralih ke Menstrual CupPembalut menghasilkan lebih banyak sampah (pexels.com/Cliff Booth)

Seperti yang telah diketahui oleh kebanyakan orang, pembalut biasa hanya bisa digunakan satu kali saja dan harus segera dibuang. Padahal, dalam satu kali masa periode menstruasi, pembalut yang digunakan bisa lebih dari satu kemasan pembalut yang rata-rata isinya sebanyak 10-20 buah. Artinya, dalam satu kali periode menstruasi kamu bisa menghasilkan sampah sejumlah satu kemasan pembalut atau lebih. Bisa dibayangkan berapa banyak sampah yang dihasilkan seumur hidup selama kamu menstruasi.

Berbeda dengan pembalut yang hanya sekali pakai, menstrual cup bisa digunakan berkali-kali. Bahkan bisa digunakan hingga 10 tahun! Otomatis selama 10 tahun kamu menggunakan menstrual cup, kamu akan mengurangi berton-ton sampah!

2. Lebih ramah dompet

5 Alasan untuk Mulai Beralih ke Menstrual CupMenstrual cup lebih hemat (unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya)

Seperti disebutkan di poin pertama, dalam satu kali periode menstruasi kamu membutuhkan setidaknya satu kemasan pembalut. Jika setiap bulan kamu harus membeli satu kemasan, maka coba jumlahkan saja berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan sepanjang hidupmu selama kamu masih menstruasi.

Bila dibandingkan dengan menstrual cup, harga menstrual cup memang terlihat lebih mahal. Rata-rata harga dari menstrual cup sekitar 100 ribu ke atas. Namun, jika mengingat kamu hanya memerlukan 1 menstrual cup selama 10 tahun, harga menstrual cup jadi terasa lebih murah dibandingkan pembalut biasa.

3. Lebih aman

5 Alasan untuk Mulai Beralih ke Menstrual CupLebih aman daripada pembalut (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Cara kerja menstrual cup adalah dengan menampung cairan darah menstruasi. Hal ini tentu saja lebih aman daripada pembalut biasa yang bekerja dengan cara mengumpulkan darah menstruasi. Penggunaan menstrual cup juga dapat mencegah terjadinya iritasi dan gatal-gatal yang biasa terjadi jika menggunakan pembalut biasa.

Baca Juga: Filmore Luncurkan Menstrual Cup untuk Perempuan Indonesia

4. Menjaga PH dalam vagina

5 Alasan untuk Mulai Beralih ke Menstrual CupMenstrual cup dibandingkan tampon (pexels.com/Anna Shvets)

Dengan cara kerjanya yang hanya menampung cairan darah menstruasi, menstrual cup tidak akan mengubah PH di dalam vagina. Berbeda dengan tampon atau pembalut yang bekerja dengan menyerap darah menstruasi yang dapat mengganggu keseimbangan PH maupun bakteri baik dalam vagina.

5. Lebih mudah dibersihkan

5 Alasan untuk Mulai Beralih ke Menstrual CupMenstruasi tanpa ribet (pexels.com/Polina Kovaleva)

Hal yang paling tidak disukai kebanyakan wanita jika sedang menstruasi adalah membersihkan pembalut. Banyak yang beranggapan bahwa membersihkan pembalut itu hal yang menjijikkan dan merepotkan. Tentu saja itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan menstrual cup. Cara membersihkan menstrual cup cukup mudah, yakni hanya dengan dibilas menggunakan air mengalir sampai bersih, dan mensterilkannya setiap sebelum dan sesudah menstruasi.

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu jadi semakin yakin menggunakan menstrual cup?

Baca Juga: 9 Negara yang Sediakan Menstrual Product Gratis untuk Warganya 

Senjie Nuraini Photo Writer Senjie Nuraini

A cat person.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya