Comscore Tracker

Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parah

Siapa yang jerawatnya gede-gede?

Kalau kita mengukur dari 1 hingga 10, dengan ukuran 10 sebagai tahap traumatis, sebuah jerawat mungkin bakal mendapat skor kira-kira 5. Mengganggu, tapi masih bisa ditahan. Dan jerawat berjenis cystic, bakal mendapat skor sekitar 9,5 mungkin malah 10. Bintik besar bengkak merah dengan ujung berwarna putih, seringkali terasa sangat sakit, dan tak bisa diatasi dengan cuci muka dan micellar water saja.

Kamu punya tipe kulit dengan cystic acne? Baiklah, jangan tinggalkan artikel ini begitu saja karena di akhir artikel kamu bakal sangat tertolong, you'll thank me later.

1. Pertama, kita harus mengenal apa itu cystic acne. Memangnya apaan sih?

Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parahverywellhealth.com

Cystic acne adalah jenis jerawat yang paling parah. Biasanya muncul ketika minyak dan sel kulit mati menumpuk di bawah folikel rambut. Kalau pori-porimu tersumbat, kamu bisa dengan mudah memiliki tumpukan bakteri di bawah kulitmu. Respon tubuhmu? Cystic acne. Yap, bintik merah, besar, bengkak, dan paling sakit jika dibandingkan jerawat normal.

2. Bisa gak sih cystic acne meninggalkan bekas luka?

Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parahhollywoodlife.com

Tentu saja. Luka di kulitmu biasanya lebih dalam dan biasanya orang akan cenderung memecah jerawat ini karena terasa sangat menggemaskan! TAPI justru itu malah akan membuatmu berisiko terkena infeksi dan luka yang melebar. Itulah sebabnya kenapa kamu harus ke dokter kalau punya tipe jerawat kayak gini. Jangan sekali-sekali towel-towel jerawat menyebalkan yang satu ini.

Baca Juga: Kering hingga Berjerawat, 6 Metode Cleansing Sesuai Kondisi Wajah

3. Oke, cystic acne itu menyebalkan. Lantas, gimana cara mengatasinya?

Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parahmedicalnewstoday.com

Cara terbaik adalah dengan membiarkan dokter kulit profesional menangani jerawat menyebalkan ini. Karena biasanya perawatan untuk cystic acne beda dengan jerawat biasa, ya, gimana, bentuknya saja sudah antimainstream gitu. 

Kalau kamu punya tipe kulit yang acne prone dan cystic papules, eksfoliasi adalah hal yang penting dan harus sering-sering dilakukan. Gunakan pembersih dan pelembap yang memang khusus untuk melawan jerawat seperti salicylic acid dan benzoyl peroxide. Pastikan kamu memang menjalankan rutinitas yang sudah sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

4. Kalau sudah terlanjur muncul, gimana cara menutupinya?

Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parahhealthyway.com

Mengenali jenis kulit membutuhkan waktu. Kalau kamu ingin menyamarkan bekas luka, kamu bisa pakai foundation yang memberikan full-coverage dan non-comedogenic seperti Dermablend, L'Oréal Paris Infallible 24H Stay Fresh Foundation, Estée Lauder Double-Wear Foundation dan MAC Pro Longwear Nourishing Waterproof Foundation.

5. Cystic acne memang bisa jadi hal yang menyebalkan, jadi jangan mudah menyerah begitu saja karena kulitmu yang jadi taruhannya

Skincare 101: Mengenal Cystic Acne, Tipe Jerawat yang Paling Parahallure.com

Teruskan rutinitas skincare dengan konsisten dan gunakan produk yang tak akan menyumbat pori-porimu. Selalu konsultasi dengan dokter kulit untuk perawatan terbaik cystic acne. Dan demi apa pun, jangan sekali-sekali memencetnya! Karena bekas lukanya bakal bertahan lebih lama dari jerawat itu sendiri kalau kamu nekat memencetnya sebelum waktunya. Untuk mencegah iritasi, pastikan kamu pakai primer setelah pelembap, dan aplikasikan tipis-tipis di area yang kena jerawat.

Kalau masih bandel, benzoyl peroxide to the rescue!

Baca Juga: 5 Alasan Jerawat yang Nempel di Wajah Perlu Sesegera Mungkin Ditangani

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya