Comscore Tracker

Skincare 101: Panduan untuk Pemula dalam Menggunakan Retinol

Apaan tuh retinol?

Kadang, ketika kulit kita mulai terbiasa dengan sebuah produk, produk tersebut bakal berkurang keefektifitasannya, padahal ada yang gak murah. Tapi di beberapa kasus juga, ada beberapa produk yang justru malah makin bagus ketika lama dipakai. Retinol contohnya. Retinol harus digunakan secara rutin agar produk lain tak menimbulkan efek samping negatif terhadap kulit kita.

Kalau kamu belum tahu apa itu retinol, ini saat yang tepat bagimu untuk berkenalan dengan retinol.

1. Apa itu retinol?

Skincare 101: Panduan untuk Pemula dalam Menggunakan Retinolskinceuticals.co.uk

Retinol: adalah bahan skincare yang sering diucapkan dan digaungkan oleh banyak orang. Dengan kemampuannya untuk cocok di setiap jenis kulit, retinol bisa sedikit membingungkan.

Retinol adalah salah satu bentuk vitamin A yang memang dikenal baik untuk kulit. Vitamin A penting untuk pembentukan sel, yang artinya membantu kulit untuk meregenerasi lebih baik. Retinol adalah salah satu bahan aktif dari vitamin A yang sering dipakai di berbagai skincare.

2. Gimana cara kerja retinol?

Skincare 101: Panduan untuk Pemula dalam Menggunakan Retinolhealth.com

Retinol memiliki kemampuan untuk meningkatkan ketebalan epidermal atau kulit terluarmu sehingga mengurangi tampilan kulit keriput dan kendur. Hasilnya? Kamu akan terlihat beberapa tahun lebih muda.

Selain itu, bahan ini juga akan meningkatkan produksi kolagen, salah satu protein penting yang membuat kulit kenyal dan sehat. Kalau punya bekas jerawat? Pakai retinol. Kalau mau pakai antiaging? Pakai retinol juga.

Apa pun permasalahan kulitmu, sebagian besar retinol adalah jawabannya.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Breakout pada Kulit saat Pertama Mencoba Skincare

3. Apakah aku perlu pakai retinol?

Skincare 101: Panduan untuk Pemula dalam Menggunakan Retinoldazzlebeautybar.com

Banyak yang merasa ragu dan takut untuk pakai retinol pertama kali. Tapi jangan pernah termakan omongan orang yang gak jelas. Retinol sudah direkomendasikan banyak dokter kulit dan bisa kamu pakai di usia awal 20-an sekali pun.

Karena kamu pemula dan belum pernah pakai retinol, kulitmu perlu di-retinol-isasi. Mulailah dengan kadar dan frekuensi yang rendah untuk membiasakan kulitmu dengan retinol. Sebagai awalan, gunakan retinol sebanyak dua kali seminggu.

Perlu diingat, retinol itu sensitif dan bisa rusak jika terkena sinar UV, jadi retinol HARUS kamu pakai ketika malam hari. Ditambah retinol akan membuat kulitmu sensitif terhadap cahaya matahari, jadi selalu pakai sunscreen setiap hari.

4. Apa efek samping dari penggunaan retinol?

Skincare 101: Panduan untuk Pemula dalam Menggunakan Retinollorealparisusa.com

Setiap hal pasti akan ada efek samping. Banyak orang yang mengalami kulit merah dan kering di minggu-minggu awal pemakaian, tapi nanti kulitmu akan terbiasa dan kembali normal.

Untuk mengatasi kulit kering, kamu bisa pakai pelembap dan hydrating toner. Kalau kamu punya kulit sensitif, sebaiknya hindari retinol.

5. Kapan sebaiknya aku mulai pakai retinol?

Skincare 101: Panduan untuk Pemula dalam Menggunakan Retinolallure.com

Kamu bisa mulai pakai retinol ketika kamu sadar di wajahmu sudah muncul garis-garis kerutan dan jerawat yang tak kunjung reda. Meski kulitmu bersih, tak ada salahnya juga untuk mulai menggunakan retinol.

Cobalah untuk mencampurkan vitamin C ke dalam campuran retinolmu. Vitamin C adalah kombinasi super jika dipadukan dengan retinol karena akan menghasilkan anti-aging alami.

Siapa bilang usia 20-an belum butuh antiaging? Nanti kalau sudah terlanjur muncul keriput, baru bingung. Lebih baik mencegah daripada beli skincare lebih mahal, bukan?

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Skincare Pemula, Apa Saja?

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya