Comscore Tracker

K-Beauty 101: Apa Perbedaan Serum, Ampoule, Emulsion, dan Essence?

Jangan sampai keliru!

Dengan banyaknya produk kecantikan seperti BB cream, sheet mask, dan BB cushion, rasanya tak mungkin lagi untuk tak menyukai produk-produk dari Korean Beauty. Tapi, semakin banyak produk dan formula baru muncul, kadang beberapa hal suka tertukar. Contohnya perbedaan serum, ampoule, emulsion, dan essence. Kalau kamu gak tahu bedanya atau belum yakin, baca artikel ini sampai habis.

1. Apa itu serum?

K-Beauty 101: Apa Perbedaan Serum, Ampoule, Emulsion, dan Essence?theskincareedit.com

Di rutinitas skincare, serum adalah langkah setelah cleansing, tapi sebelum moisturizing. Mulai dari serum antioksidan untuk melapisi kulitmu dari sinar matahari hingga serum anti-aging di malam hari, serum memiliki tekstur yang ringan. Serum diibaratkan seperti pelapis yang melindungi wajahmu yang sedang mendapat perawatan dari serangkaian skincare yang barusan kamu pakai. Tentu saja, serum-serum ini adalah formula konsentrat yang sangat digemari karena cukup beberapa tetes di wajah kamu akan merasa 1000 persen lebih kece. Plus, serum-serum ini juga dijual dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp100 ribuan!

2. Apa itu ampoule?

K-Beauty 101: Apa Perbedaan Serum, Ampoule, Emulsion, dan Essence?uskbalaji.com

Mungkin kamu sering dengar serum, tapi apa kamu juga sering dengar kata ampoule?

Ampoule mirip seperti serum, kecuali ampoule punya konsentrasi yang lebih tinggi dari salah satu bahan aktifnya. Ampoule adalah cara yang tepat untuk menargetkan salah satu masalah kulit wajahmu seperti flek hitam, bekas jerawat, keriput, atau bahkan kulit kering. Ampoule bisa digunakan sebagai skincare tambahan atau campuran ke dalam skincare rutinmu, jadi mirip kayak teman yang bisa kamu ajak ke mana-mana gitu deh!

Baca Juga: Cobain Yuk, 7 Inspirasi OOTD Menggunakan Maxi Skirt ala Korean Style

3. Apa itu emulsion?

K-Beauty 101: Apa Perbedaan Serum, Ampoule, Emulsion, dan Essence?chiamhuiy.com

Memiliki tekstur yang lebih ringan dari krim dan lebih kental dari serum, emulsion adalah lotion yang lebih mirip air. Emulsion adalah produk yang tepat untuk yang punya masalah kulit berminyak, karena formulanya bisa melembabkan dan membuat kulit tetap bernafas di saat yang bersamaan. Kalau kulitmu butuh kelembaban tinggi, emulsion bisa mengatasinya juga kok. Bahkan, emulsion adalah solusi yang pas untuk menambahkan lapisan kelembaban di kulitmu. Jadi gak ada yang rugi kalau kamu rutin pakai emulsion!

4. Apa itu essence?

K-Beauty 101: Apa Perbedaan Serum, Ampoule, Emulsion, dan Essence?sabrinatajudin.com

Dulunya essence adalah skincare yang lebih ringan dan tak terlalu terkonsentrat, tapi kini semuanya sudah berubah. Essence berubah bentuk menjadi creamy dan mirip gel-gel gitu. Kamu gak butuh lagi kapas untuk meratakan essence ke kulitmu, karena kamu bisa langsung mengaplikasikannya dengan tangan. Essence dianggap sebagai jantungnya rutinitas skincare Korea dan digunakan setelah cleansing dan toner.

Gimana, gimana? Jangan mau kalah sama bintang KPop dan artis-artis lainnya. Kamu juga berhak berbahagia dengan skincare yang tepat untuk kulitmu sendiri. Jadi, sudah bisa menentukan mau pakai yang mana?

Baca Juga: 5 Hal tentang Korean Beauty yang Sering Kamu Salah Pahami

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya