Comscore Tracker

Skincare 101: Perbedaan Antara Tahi Lalat, Bintik, dan Tanda Lahir

Coba kamu cek di cermin, ada gak?

Tahi lalat (moles), bintik-bintik (freckles), dan tanda lahir (birthmark) — mungkin terlihat sama, tapi sebenarnya berbeda. Ketika titik-titik warna di wajah dan tubuhmu ini mungkin mirip, namun sebenarnya ada ciri khas yang membuat ketiganya berbeda.

Lantas apa perbedaan di antara ketiganya?

1. Perbedaan mendasar antara tahi lalat, bintik-bintik, dan tanda lahir

Skincare 101: Perbedaan Antara Tahi Lalat, Bintik, dan Tanda Lahirnofilmschool.com

Sepintas, tanda lahir mungkin bakal kayak freckle atau tahi lalat, apalagi kalau kamu gak tahu gimana cara membedakan mereka. Menurut board-certified dermatologist & skin consultant Dr. Dhaval Bhanusali, ada perbedaan mendasar antara ketiganya.

Dalam istilah yang paling sederhana, bintik-bintik (freckles) biasanya sel kulit yang memiliki pigmen ekstra, biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Sedangkan tahi lalat cenderung meningkat (meski pun tak selalu) ukurannya dari masa kanak-kanak.

Nah, tanda lahir bisa berupa pigmentasi area hingga lesi vaskular yang sudah ada saat seseorang dilahirkan. Biasanya disebabkan oleh masalah dengan penyebaran sel saat perkembangan dalam kandungan.

2. Apa yang harus kamu ketahui soal tahi lalat?

Skincare 101: Perbedaan Antara Tahi Lalat, Bintik, dan Tanda Lahirew.com

Seperti yang sudah dijelaskan Dr. Bhanusali, tahi lalat adalah lesi atau jaringan kulit yang memiliki pigmen yang bisa bertambah luas atau permukaannya tidak rata.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), tahi lalat biasanya berukuran kecil, tak lebih besar dari penghapus di pensil dan memiliki warna yang bervariasi; mulai dari merah jambu, coklat gelap, dan berbentuk oval atau bulat. Lalu tahi lalat biasanya bisa ditemukan di mana pun di kulitmu; kulit kepala, ketiak, wajah, bahkan tempat terkecil di antara jari kelingking dan jari manis kakimu. 

Tahi lalat biasanya terbentuk di usia sebelum 40 dan beberapa mungkin akan hilang seiring berjalannya waktu. Ingat, jika kamu terlahir dengan tahi lalat, itu sebenarnya adalah tanda lahir.

Menurut Mayo Clinic, sebagian besar tahi lalat tidak berbahaya. Di kasus yang lebih langka, tahi lalat bisa menjadi kanker. Salah satu cara untuk mengawasi tahi lalat dan area pigmen lainnya adalah adanya perubahan bentuk atau warna yang bisa mengindikasikan melanoma.

Baca Juga: Sebelum Memilih Skincare, Kenali 7 Bahan Paling Efektif untuk Kulitmu

3. Apa yang harus kamu ketahui soal bintik-bintik (freckles)?

Skincare 101: Perbedaan Antara Tahi Lalat, Bintik, dan Tanda Lahiradrenalinestudios.com

Pernah gak kamu seharian menghabiskan waktu di luar rumah dan ketika kembali ke rumah kamu menyadari ada bintik-bintik di area pipi dan hidung? Binti-bintik itu, yang biasanya warnanya coklat dan tidak bertekstur, namanya freckles.

Disebabkan oleh meningkatnya melanin, freckles adalah tanda bahwa tubuhmu bereaksi terhadap sinar UV dari matahari yang merusak jaringan kulit. Hasilnya, freckles ada di beberapa bagian tubuhmu. Beberapa studi juga meyakini bahwa mengurangi paparan terhadap sinar matahari bisa memudarkan bintik-bintik hitam di wajah.

Freckles biasanya muncul di usia remaja saat seseorang sedang dalam masa aktif-aktifnya berkegiatan di luar dan terpapar sinar matahari. Freckles biasanya terlihat di seseorang yang memiliki warna kulit yang cenderung cerah.

Jika kamu gak suka punya freckles, kamu bisa menguranginya dengan selalu mengaplikasikan tabir surya dengan SPF minimal 15 atau lebih tinggi setiap harinya dan mengaplikasikan ulang minimal tiap dua jam sekali.

Sebagai tambahan, gunakan topi baju yang melindungimu dari sinar matahari dan hindari paparan sinar matahari di jam-jam panas antara jam 10 pagi hingga 2 siang.

4. Apa yang harus kamu ketahui soal tanda lahir?

Skincare 101: Perbedaan Antara Tahi Lalat, Bintik, dan Tanda Lahirusdermatologypartners.com

Seperti namanya, tanda lahir memang seperti itu yaitu tanda di kulitmu yang memang sudah ada sejak kamu dilahirkan. Tanda lahir bisa memiliki berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna, serta bisa muncul di mana saja di kulit. Ada tanda lahir yang terlihat kecil dan berwarna pudar sehingga tidak kamu tidak menyadari, ada tanda lahir yang lebih gelap dan terlihat jelas, ada juga yang bisa hilang dengan sendirinya ketika sisanya akan permanen tetap ada di kulit kita.

Tanda lahir adalah tahi lalat yang sudah ada sejak lahir dan yang paling umum adalah jenis "stork's bite" yang mana berbentuk seperti patch atau tambalan di salah satu bagian kulit. Penyebab tanda lahir sendiri juga belum jelas. Kabar baiknya, tanda lahir biasanya tidak berbahaya. Namun tak ada salahnya jika mengeceknya ke dokter kulit.

5. Bagaimana cara memeriksa apakah ada melanoma atau tidak?

Skincare 101: Perbedaan Antara Tahi Lalat, Bintik, dan Tanda Lahireverydayhealth.com

Tanda lahir, tahi lalat, dan freckles biasanya tak berbahaya. Namun penting untuk kamu awasi dan memastikan bahwa tidak ada perubahan sehingga menjadi sesuatu yang lebih serius seperti melanoma.

Melanoma atau kanker kulit biasanya menyerupai pertumbuhan kulit yang jinak dan wajar. Namun jaringan kulit di sekitarnya akan membesar secara cepat, berubah warna, gatal, rasa terbakar atau pecah-pecah sehingga menimbulkan iritasi yang harus segera diperiksa oleh ahli dermatologis. Biasanya melanoma akan muncul sebagai tahi lalat yang berwarna sangat hitam.

Jika membicarakan tanda lahir dan tahi lalat, ada protokol sederhana bernama ABCDE:

  • A - untuk bentuk yang Asimetris, artinya tahi lalatmu memiliki bentuk yang tidak beraturan.
  • B - untuk Border (tepi). Coba kamu lihat tepi tahi lalat yang kasar dan tak beraturan.
  • C - untuk Color (warna). Apakah tahi lalatmu memiliki warna yang tidak sama dalam satu kesatuan?
  • D - untuk Diameter. Apakah tahi lalatmu lebih lebar dari 6 milimeter?
  • E - untuk Evolving. Periksalah secara rutin untuk memastikan tahi lalatmu tidak bertumbuh dan berkembang secara abnormal dalam waktu yang cukup singkat.

Setelah mengetahui perbedaan tahi lalat, freckles dan tanda lahir, kira-kira apakah kamu memiliki ketiganya atau hanya salah satu?

Baca Juga: 5 Permasalahan Kulit Berdasarkan Tahapan Usia yang Kamu Alami

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You