Comscore Tracker

Gak Pakai Ribet, Ini 7 Cara Sederhana Atasi Rambut Rontok bagi Hijaber

Juga ampuh bikin rambut lebih sehat

Kita semua tahu bahwa permasalahan rambut rontok seringkali menimpa para wanita berhijab. Hal ini biasanya terjadi lantaran jilbab membuat rambut sulit untuk 'bernapas'.

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal, permasalahan rambut rontok para hijaber tersebut dapat diatasi hanya dengan 7 cara sederhana seperti berikut ini.

1. Mengenali jenis rambut sendiri

Gak Pakai Ribet, Ini 7 Cara Sederhana Atasi Rambut Rontok bagi Hijaberpexels.com/Tim Mossholder

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu jenis rambut sendiri. Beberapa jenis rambut secara umum meliputi rambut kering, berminyak, normal dan rambut halus. Dengan mengetahui jenis rambut sendiri, kita bisa menentukan produk perawatan rambut yang tepat. 

2. Biasakan keramas dua hari sekali

Gak Pakai Ribet, Ini 7 Cara Sederhana Atasi Rambut Rontok bagi Hijaberprose.com

Menjaga kebersihan rambut itu sangat penting, apalagi bagi para wanita berhijab. Terapkanlah kebiasaan mencuci rambut setiap dua hari sekali. Jangan lupa untuk menggunakan conditioner setelah selesai keramas supaya rambut juga terjaga kelembutannya.

3. Harus rajin menyisir rambut

Gak Pakai Ribet, Ini 7 Cara Sederhana Atasi Rambut Rontok bagi Hijaberamp.travelandleisure.com

Para wanita berhijab yang tidak ingin rambutnya menjadi kusut karena keseringan dikuncir, maka mereka harus rajin menyisir rambutnya pada saat sebelum dan sesudah mengenakan hijab. Kita harus tahu bahwa rambut yang kusut juga bisa menjadi penyebab rambut rontok.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapat Jika Rutin Mengubah Belahan Rambut

4. Hindari kebiasaan menyisir rambut saat basah

Gak Pakai Ribet, Ini 7 Cara Sederhana Atasi Rambut Rontok bagi Hijaberpexels.com/Pixabay

Meskipun kita diharuskan untuk rajin menyisir rambut, namun kita tidak diperbolehkan untuk menyisir rambut dengan sisir sesaat setelah selesai mencucinya. Hal ini dikarenakan rambut lebih mudah patah saat masih basah.

Cara yang dianjurkan adalah dengan menyisirnya menggunakan jari tangan pada bagian ujungnya saja. Kesalahan cara menyisir rambut juga bisa menjadi penyebab rambut mengalami kerontokan.

5. Kurangi kebiasaan menggunakan pemanas

Gak Pakai Ribet, Ini 7 Cara Sederhana Atasi Rambut Rontok bagi Hijaberpexels.com/Gratisography

Menjaga kelembapan rambut sama pentingnya dengan menjaga kebersihan rambut. Namun, jika berlebihan justru akan berpotensi merusak rambut itu sendiri karena banyaknya kandungan minyak pada kulit kepala. 

6. Pastikan rambut terjaga kelembapannya

Gak Pakai Ribet, Ini 7 Cara Sederhana Atasi Rambut Rontok bagi Hijaberpexels.com/Ambar Simpang

Menjaga kelembapan rambut sama pentingnya dengan menjaga kebersihan rambut. Namun, jika berlebihan justru akan berpotensi merusak rambut itu sendiri karena banyaknya kandungan minyak pada kulit kepala. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rambut berminyak, seperti tidak terlalu kencang saat mengikat rambut, menggunakan dalaman hijab yang sedikit longgar, dan hindari memakai hijab yang ketat. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan ruang udara di kepala.

7. Pastikan memilih produk yang sesuai dengan jenis rambut

Gak Pakai Ribet, Ini 7 Cara Sederhana Atasi Rambut Rontok bagi Hijabersabrinamaida.com

Kesalahan dalam memilih produk perawatan rambut justru akan semakin memperparah tingkat kerontokannya. Pastikan rambut memiliki nutrisi yang cukup. Tidak hanya shampoo dan conditioner, kita juga bisa menambahkan produk perawatan rambut yang lainnya seperti vitamin, masker, dan hair tonic

Nah, itulah 7 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok pada wanita berhijab. Supaya rambut tetap sehat, mulai sekarang jangan malas untuk merawat rambut, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Dry Shampoo Terbaik, Selamat Tinggal Rambut Lepek

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya