Comscore Tracker

5 Kesalahan Double Cleansing yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Skip!

#IDNTimesLife Demi kulit yang lebih glowing

Double cleansing adalah suatu istilah rangkaian perawatan wajah di mana seseorang melakukan tahapan membersihkan wajah (cleansing) sebanyak dua kali. Istilah ini mungkin sudah gak asing lagi kedengarannya untuk para beauty enthusiast.

Untuk mendapatkan hasil wajah yang lebih bersih secara optimal, kamu perlu menghindari 5 kesalahan double cleansing berikut ini.

1. Kamu mengira gak perlu pakai produk oil-cleanser karena wajahmu berminyak atau jarang memakai makeup

5 Kesalahan Double Cleansing yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Skip!pexels.com/@vitoriasantos

Salah satu miskonsepsi yang umum terjadi adalah anggapan bahwa pemilik wajah berminyak gak bisa memakai produk oil cleanser.

Dilansir theklog, kulit berminyak (oily skin) memproduksi lebih banyak kotoran berbasis minyak dibandingkan tipe kulit lain. Oleh karena itu, penggunaan produk oil cleanser justru cenderung lebih efektif bekerja pada tipe kulit ini.

Selain itu, banyak juga yang mengira bahwa double cleansing gak perlu dilakukan oleh mereka yang jarang memakai makeup. Padahal, walau kamu gak memakai kosmetik, gak bisa dipungkiri tetap ada kotoran yang menumpuk di kulit wajahmu sepanjang hari.

Dr. Whitney Bowe, Celebrity Dermatologist, menuturkan pada E! News, "Banyak produk makeup dan skincare yang kita gunakan itu berbasis minyak. Kalau kamu pakai riasan wajah yang tebal, idealnya kamu harus membersihkan wajah dengan metode double cleansing."

"Karena hal itu lebih efektif untuk membersihkan sisa makeup dan tumpukan kotoran, sekaligus menjaga kesehatan skin barrier yang kamu miliki," tambahnya.

2. Kamu gak butuh double cleansing di rangkaian skincare pagi hari

5 Kesalahan Double Cleansing yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Skip!pexels.com/@sora-shimazaki

Banyak orang yang beranggapan bahwa metode double cleansing gak perlu dilakukan di pagi hari. Sebab, penggunaan produk ber-SPF dan makeup jarang dilakukan pada waktu malam sebelumnya.

Akan tetapi, yang perlu kamu ketahui, saat kita tidur, wajah kita juga memproduksi sebum dan kotoran berbasis minyak yang akan terakumulasi pada kulit. Karena itulah, metode ini juga penting kamu lakukan pada rangkaian skincare pagi.

Dilansir theklog, metode double cleansing bisa jadi salah satu solusi perawatan wajah yang membuat complexion jadi lebih sehat dan bersih. Dijamin deh, kulit wajahmu pun akan terasa lebih segar saat melakukannya!

Baca Juga: 5 Produk Skincare Bunga Mawar, Komplit dari Pembersih hingga Pelembap!

3. Kamu merasa ragu menggunakan produk berbasis air saat melakukan double cleansing

5 Kesalahan Double Cleansing yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Skip!pexels.com/@cottonbro

Walau umumnya metode double cleansing ini melibatkan produk berbasis minyak, tapi ada juga jenis produk lainnya yang bisa kamu dapatkan di pasaran, lho! Karena itu, gak heran kalau banyak orang yang salah paham tentang ini.

Beberapa orang mengira bahwa produk pembersih yang gak mengandung minyak, bisa membuat kulit jadi lebih kering. Padahal, kasusnya gak melulu seperti itu, kok!

Yang terpenting, kamu memilih produk cleanser yang sesuai dengan tipe kulit dan permasalahan kulit yang kamu miliki.

4. Kamu mengira double cleansing adalah metode pembersihan kulit yang terlalu berlebihan

5 Kesalahan Double Cleansing yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Skip!pexels.com/@kool-shooters

Kesalahpahaman keempat yang sering terjadi adalah anggapan bahwa metode double cleansing itu terlalu berlebihan efeknya buat kulit wajahmu. Namun, sebenarnya, asalkan kamu memilih produk yang tepat, kamu gak perlu mengkhawatirkan hal ini.

Kebanyakan produk oil cleanser, misalnya, cenderung diformulasikan dengan kandungan yang lembut di kulit. Karenanya, pembersih ini tetap bisa menjaga kelembapan kulit wajah dan merawat kulitmu agar tetap sehat.

"Sebenarnya ini adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan residu makeup, sebum, dan tumpukan kotoran pada kulit wajahmu tanpa membuatnya terlalu kering dan mengelupas," tutur Dr. Whitney Bowe.

5. Kamu mengaplikasikan terlalu banyak produk

5 Kesalahan Double Cleansing yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Skip!pexels.com/@shiny-diamond

Meskipun kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu gak perlu memaksakan diri pakai terlalu banyak produk dalam satu rangkaian perawatan. Ini bisa menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya, kulit terkesan terlalu kencang dan timbul iritasi.

Dilansir dari thepailife, disarankan untuk pakai takaran minimal untuk tahapan kedua double cleansing. Atau, gunakan produk berbasis minyak terlebih dahulu untuk membersihkan makeup di area mata.

Saat selesai membersihkan wajah, kamu juga sebaiknya mengelap wajahmu dengan handuk atau tisu yang lembut agar kulit wajahmu gak terkena gosokan yang terlalu kasar.

Itu dia beberapa kesalahan skincare yang mungkin pernah kamu lakukan. Mulai sekarang, hindari kebiasaan tersebut agar kulitmu makin sehat dan glowing, ya!

Baca Juga: 9 Kesalahan Memakai Pelembap yang Wajib Dihindari, Sering Kejadian!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya