5 Ciri-Ciri Wajah Rusak Akibat Cream, Kenali Sejak Dini!

Segera atasi sebelum bertambah parah

Penggunakan skincare seperti cream pagi atau malam tentu tidak boleh asal pilih. Hal terpenting adalah memahami cream yang digunakan sesuai dengan jenis kulit serta terbuat dari bahan yang aman.

Jangan abaikan dua hal ini karena salah memilih krim berpotensi merusak kulit wajahmu, lho! Memang saat mencoba skincare atau krim baru, kulit umumnya akan mengalami purging.

Purging sendiri merupakan kondisi jangka pendek di mana kulit akan menghilangkan minyak, bakteri, atau kotoran yang membuat wajah menjadi kering atau muncul jerawat. Tapi kalau mengalami tanda berikut ini, sebaiknya waspada karena bisa jadi itu ciri-ciri wajah rusak akibat cream!

1. Kulit perih dan terasa seperti terbakar saat pertama kali pakai cream

5 Ciri-Ciri Wajah Rusak Akibat Cream, Kenali Sejak Dini!ilustrasi kulit wajah (unsplash.com/fleur kaan)

Hal pertama yang wajib diwaspadai adalah bagaimana sensasi cream saat digunakan. Stop pemakaian kalau kamu merasa kulit perih dan panas seperti terbakar saat pertama kali menggunakan krim.

Melansir The Healthy, Dermatologis Manjula Jegasothy dari Miami Skin Institute menyebut bila sensasi panas dan perih ini merupakan sinyal kalau kamu alergi dengan salah satu bahan dalam krim yang digunakan. Ini adalah mekanisme pertahanan kulit  untuk melindungi diri dari bahan-bahan penyebab alergi seperti pewangi, pengawet, atau bahan tambahan lainnya.

2. Kulit kering ekstrem

5 Ciri-Ciri Wajah Rusak Akibat Cream, Kenali Sejak Dini!ilustrasi menggunakan masker (unsplash.com/engin akyurt)

Bila kulit berubah menjadi kering secara drastis, itu juga jadi red flag yang harus diwaspadai saat mencoba krim baru. Kondisi kulit kering ditandai dengan bagian yang mengelupas serta makeup mudah crack saat diaplikasikan pada wajah.

Bila kulit kering dan mengelupas di hampir seluruh bagian wajah disertai durasi yang lama bisa menandakan krim yang digunakan tak cocok denganmu. Bisa jadi kamu mengalami inflamasi kronis karena menggunakan krim dengan kandungan bahan yang berlebihan. Kondisi ini juga bisa menandakan kalau kulitmu sensitif.

3. Muncul tanda kemerahan pada kulit

5 Ciri-Ciri Wajah Rusak Akibat Cream, Kenali Sejak Dini!ilustrasi pakai cream wajah (pexels.com/Sora Shimazaki)
dm-player

Ada beberapa alasan mengapa muncul tanda kemerahan pada kulit, salah satunya karena kulit termasuk tipe sensitif. Melansir Sourthenliving.com, ruam merah juga menandakan alergi terhadap bahan cream.

Beberapa bahan yang bisa menyebabkan alergi biasanya parfum, pengawet, atau bahan aktif untuk menangkal penuaan dini seperti retinol dan hydroxy acid. Jadi untuk menghindari hal ini, usahakan mencari skincare yang bebas pengawet dan tanpa parfum.

Baca Juga: 5 Hal yang Dipertimbangkan Milenial-Gen Z saat Belanja Skincare

4. Wajah lebih berminyak dari biasanya

5 Ciri-Ciri Wajah Rusak Akibat Cream, Kenali Sejak Dini!ilustrasi kulit berminyak (unsplash.com/Haley Lawrence)

Kalau kamu merasa wajah menjadi mudah berminyak dari biasanya, itu pertanda produk yang kamu gunakan telah menghilangkan minyak alami pada kulit. Padahal minyak alami kulit ini bertindak sebagai penghalang untuk mencegah kotoran dan radikal bebas.

Mencuci wajah secara berlebihan atau menggunakan produk yang menghilangkan minyak alami pada kulit bisa berdampak buruk dalam menjaga penghalang tersebut. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan pelembab berbahan dasar air, bukan berbahan dasar minyak.

5. Terjadi perubahan pigmentasi pada kulit

5 Ciri-Ciri Wajah Rusak Akibat Cream, Kenali Sejak Dini!ilustrasi wajah dengan freckless (unsplash.com/Daniil Lebedev)

Perubahan pigmentasi ekstrem terutama pada tulang pipi, setelah menggunakan produk baru selama beberapa hari hingga seminggu merupakan reaksi alergi yang jarang terjadi. Kondisi ini akan semakin parah kalau kamu menggunakan krim dengan kandungan pemutih.

Dermatologis menyebut kondisi ini sebagai hiperpigmentasi paradoks. Penyebabnya biasanya terkait dengan bahan yang mencerahkan kulit, seperti asam kojat, arbutin, dan hidrokuinon.

Itu dia beberapa ciri-ciri wajah rusak akibat cream. Semoga bisa mengedukasi dan bikin kita lebih hati-hati dalam memilih skincare, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Tester Produk dengan Aman, Biar Kulit Gak Rusak

Topik:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya