Comscore Tracker

5 Pesona Cewek yang Terampil 'Handycraft', Jangan Dilepas!

Bikin kagum, deh!

Hasta karya atau handycraft merupakan hasil karya yang diolah dari bahan mentah hasil alam ataupun hasil buatan manusia yang dianggap kurang bernilai menjadi barang yang bernilai fungsi, nilai jual sekaligus nilai seni. 

Banyak sekali kita temukan figur-figur yang menekuni bidang handycraft. Sebagian dari mereka adalah perempuan. Tidak hanya menonjolkan sisi estetika dalam karyanya, tapi juga asas manfaat dan nilai jual yang besar. Tidak jarang, mereka mampu menopang ekonomi keluarga lewat bisnis kreatif yang yang satu ini. 

Kesuksesan dan pencapaian yang para perempuan tersebut raih, tidak lepas dari mental dan kepribadian positif yang terus terasah. Apa saja pesona yang dimiliki oleh para wanita yang terampil di bidang hasta karya? 

Yuk, simak ulasan berikut!

1. Kreatif dan inovatif

5 Pesona Cewek yang Terampil 'Handycraft', Jangan Dilepas!unsplash/RaíssadePaula

Untuk bertahan di dunia hasta karya, tentu saja memerlukan kreativitas dan inovasi yang tanpa batas. Apakah kreativitas dan inovasi itu serta merta hadir begitu saja dalam unit pikiran mereka? Tentu saja tidak semudah itu. 

Kreativitas dan inovasi hadir dari latihan dan belajar. Para perempuan yang sukses dan konsisten dalam berkarya di dunia handycraft bisa dipastikan punya semangat belajar yang tinggi demi menghasilkan karya yang sarat kreativitas dan inovasi.

2. Gigih menghasilkan karya

5 Pesona Cewek yang Terampil 'Handycraft', Jangan Dilepas!unsplash/AmandinoCorrlin

Para perempuan yang melakoni perannya sebagai kreator hasta karya, sangat dikenal karena kegigihannya. Souvenir, anyaman bakul, tas dari bahan bekas, bunga plastik dan sejenisnya bisa kita nikmati keindahannya karena kerja keras para pembuatnya. 

Tidak mudah mengubah bahan yang terlihat biasa menjadi objek menakjubkan. Butuh waktu yang cukup lama menghasilkan karya yang rapi dan cantik jika dimulai dari bahan yang benar-benar mentah. 

Baca Juga: 5 Sikap Cewek yang Bikin Cowok Enggan Berpaling Darinya

3. Tidak mudah menyerah

5 Pesona Cewek yang Terampil 'Handycraft', Jangan Dilepas!unsplash/AndyKelly

Sebenarnya, banyak celah yang membuat kita mudah menyerah kala berusaha menyelesaikan hasta karya. Apalagi jika kamu hanyalah seorang pemula di bidang ini. Hasilnya yang tidak rapi, jahitan yang rusak, bentuknya yang aneh, tangan ngilu dan tubuh terasa sakit adalah beberapa tantangan yang akan kamu alami kala menekuni bidang ini. Belum lagi harga jualnya yang murah demi promosi di awal-awal perintisan. 

Maka, sudah pasti wanita pelaku bisnis handycraft ini punya sisi mengagumkan dalam usaha survive. Mereka tidak mudah menyerah meski tanggung jawabnya sebagai perempuan rumahan pun siap menanti. Mereka tidak mudah menyerah meski banyak sekali ujian yang bisa jadi alasan untuk membuatnya berhenti. 

4. Sabar dalam menjalani proses

5 Pesona Cewek yang Terampil 'Handycraft', Jangan Dilepas!unsplash/KennyLuo

Menghasilkan handycraft yang menawan dari sisi estetika, fungsi dan nilai jual bukanlah perkara mudah. Butuh kesabaran tingkat tinggi dalam menjalani proses tersebut. Tantangan dalam menghasilkan karya yang berat juga menguji keteguhan seorang perempuan dalam upaya penyelesaian karya tersebut. 

Perempuan yang terbiasa sabar dalam proses panjang akan membuatnya sabar dalam aspek-aspek hidup lainnya.

5. Punya jiwa estetika yang tinggi

5 Pesona Cewek yang Terampil 'Handycraft', Jangan Dilepas!unsplash/BruceMars

Nilai estetika bukanlah sekadar keindahan dalam pandangan mata. Lebih dari itu, estetika juga terhubung pada nilai kejujuran, kegigihan dan daya jual. 

Perempuan yang melakoni pekerjaannya sebagai pembuat hasta karya punya pandangan dan jiwa estetika yang tinggi. Dia tidak akan pernah puas jika karyanya belum memenuhi unsur keindahan dan daya tarik. 

Itulah 5 pesona yang dimiliki wanita yang menekuni handycraft. Mengagumkan banget, 'kan?

Baca Juga: 5 Pesona Cewek Berdarah O Ini Malah Bikin Cowok Ragu Mendekat

Uswatun Niswi Photo Verified Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya