Comscore Tracker

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa Iritasi

Gak perlu beli obat mahal-mahal

Banyak orang yang susah payah mengobati jerawatnya ke berbagai klinik dan dokter. Sayangnya, tidak semua berhasil. Sebagian malah merasakan kulitnya ketagihan begitu melepaskan perawatan obatnya.

Lalu, dengan metode apa kulitmu bisa pulih dari jerawat?

Berikut IDN Times kasih ulasan mengenai beberapa tips atau cara menghilangkan jerawat secara alami dan tanpa iritasi ini! Sehingga aman untuk kamu coba terapkan. Langsung ajah yuk cek selengkapnya di bawah ini!

1. Cukupi kebutuhan tidurmu per harinya, kurang lebih 7-8 jam per hari. Jika tak pulas, buatlah sejuk ruang tidurmu

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa IritasiPexels/Min An

Merujuk pada penelitian di jurnal "Sleep", resiko stres psikologis akan meningkat 14 persen per jam tidur yang kamu kurangi.

Stres yang ditimbulkan akan memproduksi glukokortikoid yang memicu kelainan pada struktur dan fungsi kulit.

Menurut dokter Sonia Badreshia-Bansal (dokter kulit di Danville, CA), inilah yang bikin jerawat makin buruk.

2. Ubah cara makanmu dengan mengurangi kadar gula dan perbanyak sayur, biji-bijian, dan serat

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa IritasiPexels/Nathan Cowley

Ada sejumlah makanan yang bisa menyebabkan gula darahmu naik dan mempengaruhi kerja insulin. Kadar insulin yang berlebihan dalam darah menimbulkan pertumbuhan sel-sel penyumbat pori dan kerja kelenjar minyak.

Penelitian di "American Journal of Nutrition" mengatakan seseorang mungkin lebih sedikit berpotensi jerawat jika menambahkan banyak biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran. Sebaliknya, kurangi pasta, nasi putih, roti putih, dan gula.

3. Olahraga juga bagus buat kesehatan kulit, tapi kalau tidak membersihkan keringat yang muncul setelahnya juga sama saja

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa IritasiPexels/Pixabay

Olahraga dapat mengurangi stres yang memicu jerawat. Aktivitas ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengirimkan banyak oksigen ke sel kulit. Senyawa-senyawa yang tidak bermanfaat buat kulit pun akan menjauh pergi.

Tapi ingat! Olahraga saja tidak cukup kalau kamu tidak membersihkan keringat yang muncul. Bukankah keringat adalah biang kerok jerawat dan iritasi pada kulit?

4. Kurangi minuman manis dan gantikan dengan air putih agar racun dalam tubuh mudah terurai

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa IritasiUnsplash/Toa Heftiba

Menambah kadar air putih yang kamu minum per harinya adalah salah satu cara detoksifikasi termudah dan cukup baik. Selain itu, minum air putih akan menghidrasi kulit juga.

Peneliti di University of Missouri-Columbia mendapati, dua cangkir air bekerja secara signifikan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Membangun Rumah Sejuk Tanpa AC, Berani Coba?

5. Gunakan sunblock agar jerawatmu tak mudah meradang dan pilih yang noncomedogenic

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa Iritasimoveyourmind.es

Sinar matahari dapat membuat kulit meradang dan kemudian timbul jerawat yang makin memburuk. Jika kamu rentan jerawat, gunakan sunblock berbahan kimia yang ringan seperti avobenzone, oxybenzone, methoxycinnamate, octocylene, dan zinc oxide.

Terakhir, pastikan sunblock yang kamu beli itu noncomedogenic (tidak menutup pori-pori dan menyebabkan komedo).

6. Konsumsi makanan dengan asam lemak omega 3 untuk mengontrol produksi leukotriene B4

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa IritasiPexels/Artem Bulbfish

Omega 3 terbukti dapat mengontrol produksi leukotriene B4. Leukotriene B4 adalah molekul yang meningkatkan sebum dan menyebabkan peradangan jerawat.

Kandungan omega 3 dapat ditemukan dalam kacang kenari, alpukat, minyak biji rami, telur, salmon, dan suplemen khusus omega 3.

7. Bersihkan wajah sehari dua kali agar kotoran tidak menumpuk di pori-pori. Selingi juga dengan eksfoliasi per minggunya

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa IritasiPexels/Leah Kelley

Menurut Carolyn Jacob, MD (ahli kulit dari Chicago), wajah adalah bagian tubuh yang paling banyak memproduksi minyak. Ini karena kelenjar penghasil minyak terdapat banyak di sana.

Makeup, keringat, polusi, dan kotoran akan menyumbat pori jika tak teratur dibersihkan. Kemudian pori-pori akan terisi dan muncul komedo/jerawat. Pastikan kamu hanya membeli pembersih wajah yang noncomedogenic.

Lalu, biasakan beberapa kali dalam seminggu mengeksfoliasi kulit dengan face scrub khusus wajah yang lembut.

8. Gunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit. Beberapa di antaranya adalah lidah buaya, madu, sampai putih telur

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa IritasiPexels/Pixabay

Jika kamu memilih perawatan dengan madu, kamu tinggal menyediakan kapas steril saja. Lalu tuangkan sedikit madu di kapas dan balurkan pada wajah. Diamkan beberapa waktu dan cuci bersih wajahmu. 

Jika lebih suka lidah buaya, keruk gel pada lidah buaya asli dengan sendok. Oleskan merata pada wajah sebagai pelembap.

Ulangi satu sampai dua kali sehari. Sementara putih telur dapat kamu gunakan dengan mengoleskannya pada kulit yang berjerawat. Biarkan hingga 10 menit dan bilas air sampai bersih.

9. Kalau tidak sempat membeli dan meracik beberapa perawatan berbahan alami tadi, gunakan saja masker es batu

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa IritasiPexels/Pixabay

Tidak perlu belanja, kamu hanya menyiapkan es batu di kulkas saja. Lebih mudah lagi apabila kamu membuatnya dalam cetakan es batu berbentuk kotak.

Ketika ingin dipakai sebagai masker, ambil satu kotak saja dan putar-putar di seluruh bagian wajah sampai es mencair dan habis.

Cara menghilangkan jerawat ini akan membuat peradangan di kulitmu mereda. Kamu pun akan merasa rileks dan segar.

10. Redakan stres dengan cara meditasi karena ini dapat mengatasi jerawatmu dari dalam. Tepatnya, dari hormon

10 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Tanpa IritasiPexels/theformfitness

Mengatasi jerawat langsung pada kulitnya, ternyata tidak cukup. Kamu pun perlu merawat diri dari dalam supaya jerawat tidak hanya pergi sementara.

FYI, saat stres, ada hormon yang dikeluarkan tubuh dan ini dapat memicu produksi sebum yang berlebihan. Selain itu, stres juga memperlambat penyembuhan luka dan bekas jerawat lho!

Karena itu, lakukan meditasi di sela-sela kesibukanmu. Kamu juga perlu meluangkan waktu untuk berlibur agar tidak melulu bekerja. Saat berada di rumah, utamakan pekerjaan-pekerjaan rumah agar hidupmu lebih seimbang.

Itu dia beberapa rekomendasi cara menghilangkan jerawat secara alami, tanpa iritasi dan tentunya aman. Kamu sudah mempraktekkan semua? Ingat, menghilangkan jerawat tidak bisa instan dan perlu proses. Sabar dan semangat, ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 11 Hal Tak Terduga Ini Bisa Bikin Banyak Jerawat di Wajahmu

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You