Comscore Tracker

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek Ketahui

Kutu/tungau di bulu mata itu ada, lho!

Bulu mata adalah rambut kecil yang kerap kali cewek hias. Entah dipakaikan bulu mata palsu, diberi maskara, atau dihias dengan eyeliner di bagian dekat kulitnya. Tapi girls, sudah tahukah kamu serba-serbi soal bulu mata? Dari bisa rontok tiap hari sampai jumlahnya ratusan, ini sembilan fakta bulu mata yang jarang cewek ketahui!

1. Bulu mata manusia, khususnya cewek sudah mulai tumbuh sejak belum lahir. Tepatnya sejak kita masih dalam kandungan ibu

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek KetahuiPexels/Pixabay

Bulu mata manusia, khususnya cewek sudah ada saat kita semua masih ada di dalam rahim. Para ilmuwan mengklaim jika bulu mata mulai tumbuh ketika usia kita sekitar tujuh sampai delapan minggu.

2. Bulu mata kita dibentuk oleh senyawa keratin dan air, yang mana proporsi keratin lebih besar ketimbang air

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek KetahuiPexels/Daniel Spase

Bulu mata kita hanya terbuat dari dua senyawa yaitu keratin dan air. Proporsinya adalah 97% keratin dan 3% air. Keratin sendiri adalah jenis protein yang sering ditemukan pada rambut, kulit, kuku, dan sutra alami.

3. Bulu mata punya siklus tiap lima bulan. Pada siklus itu, bulu mata tumbuh, memanjang, rontok, dan tumbuh lagi

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek Ketahuiyelp.com

Dari tumbuh sampai rontok, bulu mata perlu waktu selama 150 hari atau lima bulan. Setelah rontok, bulu mata segera tumbuh, memanjang sampai ukuran yang paling maksimal, kemudian rontok lagi. Begitu seterusnya. Walaupun setiap orang punya panjang bulu mata yang berbeda, tapi setiap rangkaian bulu mata manusia pasti melalui siklus ini.

4. Hanya mamalia saja, salah satunya manusia yang tumbuh dengan bulu mata. Vertebrata yang lain bahkan tidak punya

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek KetahuiPexels/Pixabay

Jika kamu baru menyadari, coba amati reptil atau golongan vertebrata lainnya. Hanya mamalia yang tumbuh dengan bulu mata berikut dengan siklus pertumbuhannya.

5. Ada kurang lebih 200 helai bulu mata di kelopak mata bagian atas. Sementara itu, ada 100 helai bulu mata untuk mata bagian bawah

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek KetahuiPexels/samer daboul

Di tiap mata, ada sekitar 200 helai bulu mata di kelopak mata bagian atas. Sedangkan kelopak mata bagian bawah punya 100 helai. Pada umumnya, jumlah helai bulu mata di bagian bawah adalah 50% jumlah bulu mata di bagian atasnya.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Rambut Kemaluan Cewek, Jarang Diperhatikan tapi Berfaedah

6. Di dasar bulu mata, ada tungau mikroskopis yang bertugas mengonsumsi sel yang menyumbat folikel. Kalau kita jorok, dia akan mengganggu

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek Ketahuinetvet.hu

Tungau yang dimaksud adalah Demodex folliculorum. Dalam jumlah yang kecil, perannya bermanfaat untuk bulu mata dan kulitmu. Tapi hati-hati saja kalau kamu seringkali tidak membersihkan riasan mata (maskara, eyeliner) dan bulu mata palsu. Karena kulit yang kurang bersih akan mempermudahnya muncul dalam jumlah lebih banyak dan bikin gatal.

7. Jangan takut jika setiap hari bulu matamu copot. Ini artinya bulu matamu sehat dan tidak ada indikasi masalah kesehatan

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek KetahuiPexels/Sean Patrick

Bulu mata yang sehat itu rontok/copot setiap hari. Kebanyakan orang akan mengalami kerontokan ini sebanyak satu sampai lima helai per hari. Jika kamu tidak mengalami kerontokan ini setiap hari, justru kamu perlu waspada karena bisa mengindikasikan problem kesehatan tertentu.

8. Rata-rata bulu mata manusia akan tumbuh dan mencapai ukuran maksimalnya sebanyak 10 mm atau satu cm saja

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek Ketahuiguinnessworldrecords.com

Mayoritas orang punya bulu mata paling panjang 10 milimeter. Walaupun begitu, You Jianxia memecahkan Guinnes World Book of Records tahun 2018 karena punya bulu mata sepanjang 12,40 cm.

9. Bulu mata tumbuh bukan tanpa fungsi. Ia melindungi matamu dari cahaya matahari, debu, dan keringat yang meluncur

Ada Tungau yang Hidup, Ini 9 Fakta Bulu Mata yang Jarang Cewek KetahuiPexels/bruce mars

Bulu mata adalah bagian tubuh yang kecil, tapi punya fungsi penting. Ia melindungi matamu dari silaunya sinar matahari, debu yang terbang ke arah mata, dan keringat yang meluncur dari jidat.

Itu dia sembilan fakta bulu mata yang jarang cewek ketahui. Ingat, ya! Sehabis berdandan, jangan lupa membersihkan make up matamu atau demodex bakal mengganggu.

Baca Juga: 5 Rambut di Tubuh Cewek yang Ternyata Gak Boleh Dicabut Sampai Akar

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You