Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum yang Cowok Lakukan di Dating App

Ini lho, yang bikin kamu susah nemuin match di dating app

Di era digital seperti saat ini, mencari pasangan melalui dating app atau aplikasi kencan daring bukan lagi suatu hal yang baru dan asing. Meski begitu tanpa adanya panduan yang pasti, pada akhirnya gak sedikit pengguna dating app yang gak paham bagaimana cara mempresentasikan dirinya sebaik mungkin.

Hal ini pun menyebabkan gak sedikit pula yang tanpa sadar justru membuat kesalahan dan jadi semakin susah buat mendapatkan match, lho!

Nah, kali ini kita bakal ngebahas 5 kesalahan umum yang cowok lakukan di dating app. Buat kamu yang penasaran, yuk simak daftar dan penjelasannya di bawah ini!

1. Pakai foto profil yang gak tepat dan kurang menarik

5 Kesalahan Umum yang Cowok Lakukan di Dating Appilustrasi foto profil yang salah (pexels.com/victor-150585)

Ngomongin tentang kencan online, rasanya munafik banget kalau bilang penampilan bukan salah satu faktor utama yang bikin orang tertarik sama kamu. Foto yang kamu pakai di profilmu tentu bakalan jadi hal pertama yang diperhatikan cewek-cewek di luar sana sebelum mereka membaca profilmu dan memutuskan bakal swipe right atau swipe left profilmu.

Sayangnya nih, kebanyakan cowok ternyata masih menggunakan foto-foto yang salah buat profil dating app mereka, lho! Foto-foto yang salah di sini sendiri contohnya seperti foto yang resolusinya kurang bagus, foto yang terlalu ramai atau bahkan foto yang gak menunjukkan wajah mereka sama sekali.

Iya, kita semua tau kalau kebanyakan cowok memang gak begitu suka ambil foto diri mereka sendiri dan banyak juga yang pengen menampilkan image misterius. Tapi sebisa mungkin usahakan untuk pakai foto yang memperlihatkan wajahmu secara jelas di profil dating app-mu, ya!

Selain bikin profilmu jadi terlihat lebih menarik dan hidup, menunjukkan wajahmu secara jelas juga bikin cewek-cewek jadi yakin kalau akunmu bukan akun scam atau bot. Potensi buat di-swipe right jadi lebih gede, deh!

2. Bio profil kurang bisa mendeskripsikan diri dengan baik

5 Kesalahan Umum yang Cowok Lakukan di Dating Appilustrasi bermain gitar (pexels.com/tima-miroshnichenko)

Next, selain foto profil yang kurang menarik, kesalahan selanjutnya adalah bio profil yang kurang bisa mendeskripsikan dirimu dengan baik.

Buat cowok-cowok, mungkin menulis bio adalah sesuatu yang susah buat dilakukan. Kalau terlalu panjang takut malah dikatain lebay dan ngebosenin, alhasil banyak yang mutusin buat nulis bio yang singkat banget atau bahkan dibiarkan kosong begitu aja.

Padahal sebenarnya bio ini juga gak kalah penting dari foto profil. Karena percaya atau nggak, gak sedikit cewek yang akhirnya memilih buat swipe right profil seseorang hanya karena bio-nya menarik, lho!

Nah, buat kamu yang suka bingung mau nulis apa di bio profilmu, mungkin kamu bisa mulai dengan mendeskripsikan dirimu secara garis besar. Contohnya seperti pekerjaanmu saat ini, hobi dan minatmu hingga hal-hal menarik lainnya seperti tipe orang seperti apakah kamu, musisi favoritmu, film kesukaanmu atau bahkan hewan peliharaan apa aja yang kamu punya di rumah.

Selain bikin profilmu jadi lebih menarik, bio yang isinya padat dan mendeskripsikan dirimu dengan baik seperti ini juga bisa mempermudah lawan bicaramu buat mencari topik pembicaraan. Bahkan gak mustahil juga buat kamu mendapat pesan dari pengguna lain duluan, lho!

3. Gak mau mengeluarkan usaha lebih saat memulai percakapan

5 Kesalahan Umum yang Cowok Lakukan di Dating Appilustrasi mengirim pesan singkat (pexels.com/keira-burton)

Setelah sama-sama swiped right dan jadi match, langkah selanjutnya yang wajib dilakuin adalah memulai percakapan. Walaupun kedengarannya mudah dan sepele, tapi sebenarnya pesan pertama yang kamu kirim juga bisa jadi salah satu faktor yang menentukan sukses enggaknya proses PDKT-mu.

Pesan yang terlalu general atau pasaran seperti 'hai' nyatanya bisa bikin kamu justru kehilangan kesempatan buat mengenal match-mu, lho! Karena kalau dipikir-pikir, pengguna dating app itu banyak banget dan hal itu tentunya bikin kamu harus bisa jadi sosok yang stand-out buat bisa menarik perhatian cewek yang kamu incar.

Nah, karenanya kamu wajib banget nih buat keluarin effort yang lebih saat mau memulai pembicaraan. Contohnya seperti menuliskan sapaan yang lebih personal dimana kamu juga menyebutkan dan menanyakan beberapa hal yang ada di profil lawan bicaramu. Selain membangun suasana yang lebih bersahabat, hal seperti ini juga bisa membuat lawan bicaramu merasa kamu benar-benar punya kemauan buat mengenal mereka lebih dalam.

Dijamin pesanmu bakal dapat balasan, deh!

Baca Juga: 5 Basic Skincare buat Cowok Agar Kulit Sehat Terawat

4. Gak membaca profil lawan bicara dengan baik dan teliti

5 Kesalahan Umum yang Cowok Lakukan di Dating Appilustrasi bermain ponsel (pexels.com/olly)

Siapa nih, yang suka males bacain profil matches dan lawan bicara di dating app? Entah karena memang bio yang ditulis terlalu panjang atau bahkan karena masih merasa kalau apa yang ditulis di bio itu gak penting-penting amat?

Kalau kamu masih begini, segera perbaiki dan ubah kebiasaanmu yang satu ini, ya! Karena tanpa kamu sadari, gak membaca profil lawan bicaramu secara baik dan teliti termasuk salah satu kesalahan yang fatal saat mencari pasangan lewat dating app, lho!

Selain bikin kamu terlihat seperti sosok yang gak benar-benar niat buat cari pasangan, hal yang satu ini juga bisa bikin lawan bicaramu menganggap kamu orang yang gak perhatian kepada pasanganmu nantinya. Dan karenanya, besar kemungkinannya hal ini juga bisa membuat lawan bicaramu berhenti membalas pesanmu.

Maka dari itu, sebisa mungkin kamu harus siap untuk membaca dengan baik dan teliti hal-hal yang lawan bicaramu tulis di profil mereka, ya! Selain menunjukkan kalau kamu memang serius, hal ini juga bisa menunjukkan kalau kamu juga menghargai energi serta waktu yang mereka keluarkan untuk menulis profil mereka.

5. Terlalu fokus terhadap diri sendiri dan bersikap terburu-buru

5 Kesalahan Umum yang Cowok Lakukan di Dating Appilustrasi chatting di Dating App (pexels.com/cottonbro)

Last but not least, kesalahan lain yang sering dilakukan cowok di dating app adalah terlalu fokus sama diri mereka sendiri dan bersikap buru-buru.

Buat bisa merasa yakin dan cocok, setiap orang tentunya memerlukan waktu yang berbeda-beda. Dan karenanya, penting bagi kamu buat gak melulu berfokus pada dirimu sendiri dan juga mempertimbangkan bagaimana perasaan calon pasanganmu.

Mungkin di saat ini kamu memang udah merasa cocok dan bersemangat untuk bisa melompat ke step selanjutnya, tapi belum tentu lawan bicaramu juga merasakan hal yang serupa. Karenanya kamu wajib banget nih, mengkomunikasikan hal ini dan gak serta-merta memaksa mereka untuk mengikuti laju kecepatanmu.

Selain menciptakan hubungan yang lebih sehat dan transparan, hal seperti ini juga bisa meyakinkan lawan bicaramu bahwa kamu nantinya bisa menjadi pasangan yang baik untuk mereka. Dimana kamu seseorang yang bisa menghargai pasanganmu, peduli kepadanya dan memastikannya untuk tetap merasa nyaman di sekitarmu.

Nah, itulah 5 kesalahan umum yang dilakukan cowok di dating app. Semoga kesalahan-kesalahan di atas bikin kamu jadi lebih paham cara pakai dating app yang benar dan bisa segera dapat pasangan yang cocok, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Cewek Cuek Kerap Jadi Dambaan Cowok saat PDKT

Amira Kartika Photo Verified Writer Amira Kartika

I found writing as one of the best method to help me calming the chaos in my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya