TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terlalu Membanggakan Diri Sendiri, Simak!

Banyak dibenci orang lain?

Ilustrasi pria (pexels/The Lazy Artist Gallery)

Memiliki suatu kelebihan dalam diri merupakan suatu anugerah yang harus kamu gunakan dengan sebaik-baiknya. Namun, masih banyak orang yang bersikap memamerkan atau terlalu membanggakan itu semua.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Hanya saja, di bawah ini ada lima alasan kamu gak boleh terlalu membanggakan diri sendiri secara berlebih. Untuk lebih jelasnya, yuk baca sampai habis.

1. Orang bisa menilaimu terlalu sombong

ilustrasi sombong (freepik.com/8photo)

Membanggakan diri secara berlebih bisa diartikan sebagai suatu kesombongan oleh banyak orang. Apa yang kamu miliki seakan berada pada tingkat paling tinggi dibanding orang lain.

Kamu akan jadi orang paling merugi jika menyombongkan segala sesuatu yang sifatnya sementara. Lebih baik bersikap biasa saja, tidak membuat suatu kelebihan seakan segala-galanya.

2. Tidak membuatmu berhenti berproses

ilustrasi pria memfokuskan diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang terlalu sibuk membanggakan dirinya sendiri cenderung sulit untuk berproses ke depannya. Fokus yang dituju bukanlah menjadi jauh lebih baik, tapi menjadikan kelebihan itu sebagai suatu kebanggaan semata.

Padahal, berproses dalam hidup punya peranan yang sangat penting. Kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik jika segalanya ditingkatkan secara perlahan dan dengan fokus yang baik.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuat Pria Kurang Menarik, Hindari Bro!

3. Tidak membuat orang lain merasa iri hati 

ilustrasi dua pria sedang asyik ngobrol (Pexels.com/ Rodnae Production)

Setiap orang pastinya akan berlomba-lomba untuk menjadikan dirinya jauh lebih unggul dibanding yang lainnya. Hal semacam inilah yang membuatmu gak boleh menyombongkan diri terlalu berlebih.

Akan selalu ada orang yang merasa iri hati atas apa yang menjadi kebanggaanmu. Jika kamu memamerkannya terlalu over, dampak negatifnya bisa sangat besar bagi orang lain.

4. Membiarkan orang lain menilai dirimu dengan sendirinya 

ilustrasi bekerja bersama-sama (pexels.com/Monstera)

Tanpa harus memamerkan, kebanggaan yang kamu punya bisa bisa dilihat orang lain seiring berjalannya waktu. Menunjukkannya secara gamblang memang punya nilai positif tersendiri, tapi akan selalu ada sisi negatif yang merugikan.

Makanya, jauh lebih baik membiarkan orang lain menilaimu dengan sendirinya. Cukup jalani hidup dengan sewajarnya, tidak perlu ambil pusing hanya demi sebuah kebanggaan yang kapan saja bisa hilang.

Baca Juga: 5 Tanda Dia adalah Pasangan yang Tepat untuk Kamu Nikahi, Simak!

Verified Writer

Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya