Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 5 Perubahan Sikap ini Pasti Dialami Pria Setelah Nikah

Jadi lebih siap siaga nih

Berbeda dengan wanita yang terlihat semangat menyambut pernikahannya, pria cenderung nampak tertekan menjelang hari bahagia tersebut. Bukan karena dia belum siap menikahi calon istrinya, tetapi kebanyakan lelaki lebih berpikir panjang ketimbang cuma terbuai oleh pesta sehari semalam saja. Mereka akan dihantui oleh pertanyaan-pertanyaan yang bergentayangan di benaknya sendiri. Salah satunya, ketakutan akan kehilangan kebebasan usai berstatus sebagai seorang suami.

Padahal, kenyataannya setelah rumah tangga itu berjalan segala ketakutan yang dikhawatirkan sampai gak bisa tidur nyenyak itu, gak juga kejadian kok. Karena sadar-gak sadar, banyak hal yang berubah usai menyandang status sebagai kepala keluarga. Secara naluri, pria pasti menyesuaikan sikap dengan tanggung jawab yang kini diembannya. Sebagai orang yang gentleman, sudah tentu dia akan melakukan yang terbaik buat keluarganya.

Lalu sikap apa saja sih yang sering kurang disadari, berubah dari pria ketika memasuki bahtera rumah tangga? Berikut lima di antaranya.

1. Bekerja lebih keras dibandingkan sebelumnya

Tanpa Disadari, 5 Perubahan Sikap ini Pasti Dialami Pria Setelah NikahUnsplash/ Bench Accounting

Menjadi seorang kepala keluarga, praktis dia harus bisa memaksimalkan diri untuk mencari rezeki. Kalau saat bujang dulu, bekerja bisa dibawa santai, setelah menikah tanpa sadar dia bisa me-push diri untuk lebih rajin memperoleh nafkah. Karena saat ini, tak lagi hanya menghidupi dirinya sendiri melainkan ada istri yang mesti dipenuhi kebutuhannya juga, maka bekerja keras jadi salah satu tanggung jawab yang wajib dijalankan.

2. Lebih bijak mengatur keuangan

Tanpa Disadari, 5 Perubahan Sikap ini Pasti Dialami Pria Setelah NikahUnsplash/ rawpixel

Wajar jika saat awal pernikahan, cowok merasa penghasilan yang selama ini mencukupi kebutuhan pribadinya terasa masih jauh dari kata cukup. Itu karena sekarang, gaji tersebut tak cuma dipakai untuk dirinya sendiri, tapi juga istri serta anak-anak mereka nanti. Karena itu, gak heran kalau sedikit demi sedikit dia jadi lebih bijak mengatur keungan.

Di samping itu kebutuhan yang dulunya terhitung primer, sekarang bisa melorot jadi sekunder atau malah gak penting lagi. Sebab kini ada keperluan keluarga yang harus diprioritaskan.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Diskusikan dengan Pasangan Sebelum Menikah

3. Kalau tadinya mudah tersulut emosi, sekarang lebih bisa mengontrolnya

Tanpa Disadari, 5 Perubahan Sikap ini Pasti Dialami Pria Setelah NikahUnsplash/ Clem Onojeghuo

Sudah jadi rahasia umum kalau cowok cenderung lebih keras dalam bertindak ketimbang wanita. Saat tersulut emosi juga gak jarang mereka melampiaskannya dengan tindakan yang mungkin kadang terhitung kasar, seperti berkelahi misalnya. Akan tetapi mudah naik pitam itu akan hilang dengan sendirinya ketika telah berumah tangga. Saat istri melakukan kesalahan, tanpa sadar sebagai suami dia bisa menahan untuk tidak memarahinya secara berlebihan.

Tak hanya di rumah, bahkan di luar rumah pun dia bisa me-manage emosinya dengan jauh lebih baik. Acap kali sampai orang terdekatnya pun bisa dibuat keheranan.

4. Sikap cuek pada pasangan ketika masih pacaran dulu, menguap entah kemana berganti dengan sikap penuh perhatian

Tanpa Disadari, 5 Perubahan Sikap ini Pasti Dialami Pria Setelah NikahUnsplash/ Candice Picard

Mungkin karena masih berstatus pacar, maka lumrah jika pria terbilang cuek pada kekasihnya. Terkadang seakan pacar bukan termasuk prioritas utama dalam hidupnya. Ya iyalah, memang gak ada aturan baku yang mengharuskan seorang cowok memperlakukan kekasihnya secara istimewa.

Berbeda ketika sudah berumah tangga. Karena telah menjadi istrinya, tentu sebagai seorang suami pria akan berupaya memberikan perhatian yang cukup. Tak sekedar karena kewajiban ya, tapi naluri itu akan muncul dengan sendirinya lho.

5. Keinginan untuk menghabiskan waktu luang bersama teman-teman dan hobi, sedikit demi sedikit berkurang

Tanpa Disadari, 5 Perubahan Sikap ini Pasti Dialami Pria Setelah NikahUnsplash/Toa Heftiba

Ini nih yang biasanya dikawatirkan sebagian besar cowok jelang melepas masa lajang. Ya, kehilangan me time untuk kesenangan pribadi, kumpul bareng teman-teman dan juga hobi. Tapi jangan kaget ya, kalau kegelisahan itu akan menghilang saat sudah menikah nanti. Walaupun tidak bisa sesering dulu hangout bareng the gang, ternyata gak bikin dia galau apalagi merasa tertekan lho.

Itu bisa disebabkan karena saat ini tanggung jawab yang diemban lebih berat dari sebelumnya. Karenanya daripada menghabiskan uang untuk kesenangan pribadi semata, lebih bijak manfaatkan waktu luang untuk menambah penghasilan. Atau pergi berlibur berdua sama istri tercinta.

So, gimana bro apakah kamu sudah mengalami kelimanya?

Baca Juga: Siap Menikah, 5 Tips Ini Akan Membuang Keraguanmu Menjelang Hari H!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You