Comscore Tracker

5 Bibit Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah, Panen Terus!

Yang hobi tanaman sayuran wajib tahu nih!

Bila kamu suka dan hobi dengan kegiatan berkebun, menanam tanaman sayuran bisa menjadi opsi alternatif yang bisa kalian tanam terutama di pekarangan atau halaman kalian selain tanaman hias. Pemilihan bibit benih juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Selain bisa menjadi bahan makanan yang dapat kalian olah saat panen nanti, menanam sayur di halaman juga akan menambah rimbun halaman kalian.

Apabila kalian memiliki halaman yang sempit metode hidroponik juga bisa kalian coba. Nah, berikut ini ada lima bibit tanaman sayur yang mudah ditanam di rumah, bisa kalian coba nantinya. Simak ulasannya di bawah!

1. Bibit cabai paprika blend warna mix

5 Bibit Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah, Panen Terus!ilustrasi tanaman paprika (unspalsh.com/BekkyBekks)

Cabai paprika jenis warna campuran menjadi salah satu tanaman sayur yang bisa kalian tanam di halaman rumah kalian dengan menggunakan pot atau langsung di pekarangan. Cabai paprika dapat ditanam di pot atau polybag ukuran diameter 30-40 cm dengan jarak tanaman 30-40 cm namun apabila enggan memakai tanah kalian juga bisa mencoba dengan sistem hidroponik.

Perlakuan dan perawatan yang baik dan rutin dilakukan akan membuat tanaman kalian lebih tahan penyakit, umur panennya jelas, bobotnya baik dan hasil panennya optimal. Harga bibit paprika sangat murah hanya Rp12 ribu hingga Rp15 ribu saja, murah bukan?

2. Bibit sayuran kale lacinato

5 Bibit Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah, Panen Terus!ilustrasi tanaman sayuran kale lacinato (unsplash.com/CharBeck)

Kale merupakan keluarga dari sawi-sawian yang memiliki daun lebih keriting daripada sawi yang lainnya. Kale telah dibudidayakan turun-temurun atau biasa disebut heriloom. Kale ini menjadi salah satu sayuran yang sangat populer  untuk pasar Eropa dan Amerika.

Kale ini juga dijuluki sebagai sawi dinosaurus karena ukurannya yang begitu besar dan bergelombang. Keunggulan kale adalah bisa dipanen kapan saja dan memiliki pertumbuhan yang cepat. Bibit kale ini dijual dengan harga Rp12 ribu hingga Rp20 ribu.

3. Bibit seledri batang besar Tall Utah 52-70

5 Bibit Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah, Panen Terus!ilustrasi tanaman seledri yang mudah ditanam di rumah (pixabay.com/ulleo)

Seledri termasuk menjadi salah satu sayuran yang mudah ditanam di rumah karena memiliki perawatan yang tidak rumit. Seledri Tall Utah 52-70 atau seledri batang besar menjadi salah satu jenis seledri yang ideal untuk ditanam karena cocok untuk semua musim.

Biasanya seledri batang besar bisa dipanen ketika mencapai ukuran 6 inci, selain itu kelebihan seledri batang besar adalah daunnya lebih hijau dan secara ukuran lebih besar daripada seledri lainnya. Harga bibit seledri batang besar berkisar di angka Rp8 ribu - Rp20 ribu.

Baca Juga: 5 Tips Buat Cowok yang Baru Memulai Hobi Merawat Tanaman Hias

4. Bibit kangkung hidroponik

5 Bibit Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah, Panen Terus!ilustrasi tanaman kangkung hidroponik (instagram.com/hidroponikuntuksemua)

Kangkung menjadi salah satu tanaman sayur yang sangat populer terutama bagi pemula yang ingin belajar home farming atau hidroponik. Hal tersebut dikarenakan kangkung memiliki perawatan yang mudah dan masa panennya tergolong cepat. Sehingga sangat cocok bagi kalian yang hobi menanam sayuran.

Namun, kangkung yang ditanam secara hidroponik memiliki keunggulan dari segi tekstur dan rasa lebih renyah daripada ditanam di tanah. Harga bibit kangkung sendiri mulai Rp10 ribu hingga Rp63 ribu, tertarik menanam kangkung?

5. Bibit ciplukan kuning

5 Bibit Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah, Panen Terus!ilustrasi tanaman ciplukan kuning (instagram.com/growwithsustainable)

Ciplukan atau ground cherry adalah sejenis sayuran kecil yang memiliki rasa yang manis dan segar berwarna warna kuning keemasan. Umur panennya di antara 70-75 HST dan buahnya bisa bertahan 3 bulan selama masih di dalam kulitnya. Ciplukan biasanya cocok digunakan sebagai salad buah ataupun dimakan mentah. Harga bibit ciplukan kuning ini sangat murah yaitu Rp8 ribu - Rp20 ribu.

Itu tadi lima bibit tanaman sayur yang mudah ditanam di rumah kalian. Setelah menanam jangan lupa juga untuk selalu merawat tanaman tersebut agar tumbuh subur dan bisa kalian panen secara optimal. Selamat mencoba!

Baca Juga: Hobi Tanaman Hias? Ini 10 Ide Terrarium untuk Mempercantik Rumah

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya