Comscore Tracker

5 Gitar Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Mencapai Rp38 Miliar!

Kebanyakan pernah dipakai legenda musisi dunia

Jika kalian seorang penggemar alat musik gitar, pasti akan tahu bahwa gitar dengan kualitas baik harganya tidak murah. Faktor kualitas bahan atau kayu, senar dan sejarah yang melekat di gitar tersebut akan mempengaruhi mahal tidaknya sebuah gitar.

Namun, gitar yang memiliki sejarah yang kuat biasanya memiliki harga yang sangat tinggi. Apalagi bila pernah dimainkan oleh legenda musik dunia seperti Jimi Hendrix dan Eric Clapton.

Gitar-gitar legendaris tentu sangat susah ditemukan di toko-toko alat musik, karena keberadaannya sangat langka dan sudah tidak diproduksi lagi. Walaupun ada, biasanya yang menjual gitar tersebut adalah seoarang kolektor gitar.

Biar kamu makin paham, berikut ini adalah lima gitar termahal yang pernah dijual di dunia. Penasaran, kan? Simak sampai habis, ya!

1. Fender Stratocaster 'Reach Out To Asia'

5 Gitar Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Mencapai Rp38 Miliar!ilustrasi gitar termahal (fender.fandom.com)

Pemegang gitar termahal diraih oleh gitar merek Fender Stratocaster edisi 'Reach Out to Asia' yang pada tahun 2005 terjual Rp38 miliar. Keunikan gitar ini adalah adanya tanda tangan 19 bintang rock dunia seperti Jimmy Page, Mick Jagger, Eric Clapton, Keith Richards, Brian May, David Gilmour, Jeff Beck, Liam Gallagher, Angus, Malcolm Young, dan Bryan Adams.

Gitar ini dibuat khusus guna membantu korban tsunami di kawasan Asia pada tahun 2004 yang dikoordinir oleh Bryan Adams. Karena sisi kemanusiaan itulah yang semakin menambah tinggi value gitar ini.

2. Gibson J-160E Acoustic John Lennon 1962

5 Gitar Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Mencapai Rp38 Miliar!ilustrasi gitar termahal (retrofret.com)

Gitar Gibson J-160E Acoustic edisi John Lennon ini dibuat pada tahun 1962. Gitar ikonik ini menjadi gitar akustik termahal di dunia saat ini karena nilainya mencapai Rp33 miliar. Gitar ini hanya diproduksi satu pasang, selain untuk John Lennon gitar ini juga dibuat untuk Goerge Harrison pada waktu itu. 

Giatr ini juga pernah dipakai untuk mengiringi The Beatles manggung pada tahun tersebut. Sempat dikabarkan hilang pada tahun 1963, akhirnya beberapa tahun kemudian keberadaan gitar ini ditemukan kembali.

3. Fender Stratocaster Jimi Hendrix 1968

5 Gitar Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Mencapai Rp38 Miliar!ilustrasi gitar termahal (guitar.com)

Fender Stratocaster berwarna olympic white ini sebetulnya tidak ada yang spesial dengan gitar-gitar pada umumnya. Namun karena pernah dipakai gitaris terkenal Jimi Hendrix pada tahun 1969 pada ajang festival musik Woodstock, membuat gitar ini punya nilai sejarah yang kuat.

Karena itulah salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen, membeli gitar ini pada tahun 1998 dengan harga Rp28 miliar. Wah, luar biasa bukan?

Baca Juga: 5 Gitar Listrik Fenomenal di Dunia yang Sekarang Jadi Buruan Kolektor

4. Wolf Jerry Garcia

5 Gitar Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Mencapai Rp38 Miliar!ilustrasi gitar termahal (eastwoodguitars.com)

Gitar ini merupakan gitar kedua dari Jerry Garcia yang dilakukan custom oleh seniman Doug Erwin. Doug memberi nama gitar ini dengan sebutan 'Wolf' karena ada gambar kepala serigala pada bagian ujung gitar tersebut.

Pada tahun 2002, gitar ini dilelang untuk membantu orang-orang miskin dan waktu itu terjual Rp28 miliar rupiah. Konon, gitar ini kondisinya sangat terawat dan masih seperti baru, maka tidak menutup kemungkinan harganya akan terus naik ke depannya.

5. Washburn 22 Seri Hawk Bob Marley

5 Gitar Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Mencapai Rp38 Miliar!ilustrasi gitar termahal (whatgear.com)

Terakhir, ada gitar Washburn 22 Seri Hawk yang didesain khusus untuk bintang musik reggae, Bob Marley. Perlu kita tahu, Bob Marley sepanjang kariernya di dunia musik hanya punya tujuh gitar saja, dan salah satunya adalah gitar Washburn 22 seri Hawk ini.

Dikabarkan pemerintah Jamaika menetapkan gitar ini menjadi aset negara yang perlu dilindungi. Maka dari itu pemerintah setempat membeli gitar ini seharga Rp28 miliar yang digunakan sebagai benda bersejarah. Karena tidak bisa dimungkiri, negara Jamaika namanya harum karena kontribusi besar dari Bob Marley dengan musik reggae.

Itu tadi deretan gitar termahal di dunia saat ini. Apabila kalian seorang kolektor gitar, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mengoleksi gitar langka nan bersejarah ini. Ada yang tertarik membeli gitar mahal ini?

Baca Juga: Gitar Fender Stratocaster Akhirnya Dibuat dalam Bentuk Balok Lego

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya