Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Lari Maraton, Jangan Asal!

Buat yang hobi lari jarak jauh wajib diperhatikan 

Lari maraton atau lari jarak jauh merupakan salah satu jenis lari d imana pelari menempuh jarak sejauh 42 kilometer atau lebih, di jalan raya atau tanah. Karena jaraknya yang terbilang sangat jauh, tentu ini tergolong dalam olahraga atau kegiatan ekstrem yang butuh persiapan matang, baik dari segi fisik maupun aspek non fisik lainnya. 

Peminat lari maraton kini tiap tahunnya kian bertambah banyak. Namun, tidak banyak yang memahami betul hal apa saja yang harus disiapkan sebelum lari marataon. Berikut ini adalah lima hal yang harus disiapkan sebelum lari maraton, biar kegiatan berjalan aman dan lancar.

1. Lakukan latihan secara rutin dan bertahap

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Lari Maraton, Jangan Asal!ilustrasi persiapan lari maraton (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebelum mengikuti event maraton kalian harus mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin. Kalian bisa melakukan lari dalam jarak 5 kilometer dan akan ditingkatkan secara bertahap hingga 42 kilometer dalam jangka waktu tertentu.

Hal itu dilakukan agar tubuh kalian tidak kaget dan bisa beradaptasi dengan baik. Persiapkan fisik kalian paling tidak 2-3 bulan sebelum event lari maraton berlangsung.

2. Jaga asupan gizi dan kalori

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Lari Maraton, Jangan Asal!ilustrasi menjaga asupan kalori (pexels.com/TimaMiroshnichenko)

Selain aspek fisik, asupan gizi dan kalori yang masuk ke dalam tubuh kalian juga harus diatur dengan ketat. Kalian tidak boleh mengonsumsi kalori dan makanan berlemak secara berlebihan. Karena makanan jenis itu berimplikasi pada berat tubuh dan peforma jantung kalian saat berlari.

Pastikan juga tubuh kalian terhidrasi dengan baik, selama latihan maupun saat event maraton berlangsung. Apabila kalian pemula, bisa lakukan konsultasi dengan pelari profesional atau ahli gizi untuk menetukan asupan yang tepat untuk tubuh kalian.

3. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Lari Maraton, Jangan Asal!ilustrasi lari maraton (pexels.com/RUN4FFWPU)

Fisik dan gizi sudah, berikutnya adalah perlengkapan yang harus juga dipersiapkan dengan baik. Meskipun maraton tidak membawa banyak perlengkapan, namun pemilihan baju lari, sepatu, kacamata, topi dan celana menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

Pastikan kalian menggunakan pakaian yang ringan, menyerap keringat dan mudah kering. Berikutnya kalian juga harus mengenakan jenis sepatu yang khusus lari jarak jauh, sehingga risiko cedera bisa diminimalisir.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jersey Lari Pria Brand Lokal Terbaik, Nyaman dan Ringan

4. Atur strategi dan rute dengan baik

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Lari Maraton, Jangan Asal!ilustrasi rute maraton (dcrainmaker.com)

Untuk bisa lari dengan jarak hampir 50 kilometer, tentu tidak cukup mengandalkan kekuatan lari saja, kalian memerlukan strategi yang matang. Dengan mangatur startegi kalian bisa tahu berapa cepat kalian akan berlari, di titik mana kalian akan minum, dan di lokasi mana kalian harus menjaga kecepatan secara konstan dan lain-lain.

Dengan strategi yang matang, bukan tidak mungkin beratnya lari maraton tetap bisa menjadi hal yang enjoyable. Tidak kalah penting, sebelum mengikuti lari maraton kalian harus paham betul rute yang akan kalian lewati, seperti  jaraknya dan kontur rutenya.

5. Istirahat yang cukup dan jangan terlalu memaksakan

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Lari Maraton, Jangan Asal!ilustrasi persiapan lari maraton (pexels.com/John-MarkSmith )

Jangan sampai ketika kalian terlalu semangat menyiapkan lari maraton, hak tubuh kalian untuk istirahat terlupakan. Padahal untuk bisa lari maraton dengan optimal, perlu fisik yang bugar dan istirahat yang cukup.

Latihan dengan instensitas tinggi yang tidak diimbangi istirahat yang cukup akan berisiko  mengalami kelelahan parah hingga cedera. Maka dari itu, buat jadwal latihan yang tepat terkait waktu latihan dan istirahat.

Itu tadi lima hal yang setidaknya harus disiapkan sebelum kalian mengikuti lari maraton. Ada yang tertarik mencoba lari maraton?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Gym dan Workout Pria dari Brand Lokal

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya