Comscore Tracker

5 Tips Bermain Kitesurfing untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuh

Yang mau coba kite surving wajib tahu!

Kitesurfing atau disebut juga kiteboarding merupakan olahraga air dengan menggabungkan surfing dengan layar atau layangan. Apabila surfing membutuhkan ombak yang besar, kitesurfing justru tidak membutuhkan ombak sama sekali. Karena olahraga ini mengandalkan hembusan angin sehingga layar dapat terkepak dan mampu membawa pemain melucur di lautan dengan papan surfing. 

Olahraga air yang terbilang ekstrem ini ternyata di Pulau Bali sangat banyak peminatnya, baik laki-laki ataupun perempuan. Bagi kalian yang tertarik mencoba olahraga ini, perhatikan 5 tips di bawah ini agar kitesurfing berjalan seru. 

1. Memilih lokasi yang aman dan sesuai

5 Tips Bermain Kitesurfing untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuhilustrasi perlengkapan kite surfing (unsplash.com/uniqsurface)

Kitesurfing membutuhkan lokasi laut atau pantai yang memiliki karakter air yang tenang dan tidak berombak. Hal itu dilakukan demi keamanan, kenyamanan dan memudahkan pengendalian layar saat melakukan kitesurfing.

Namun, perlu diperhatikan juga lokasi tersebut apakah terdapat angin yang memadai sehingga layar mudah terkepak. Karena kegiatan ini sangat mengandalkan angin. 

2. Belajar untuk menerbangkan layar

5 Tips Bermain Kitesurfing untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuhilustrasi permainan kite surfing (unsplash.com/uniqsurface)

Menerbangkan layar kitesurfing tidaklah semudah seperti yang diabayangkan. Selain terbilang berat, kalian juga harus membiasakan untuk mampu mengendalikan layar sesuai hembusan arah angin.

Karena membutuhkan kerja tangan yang berat, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tangan kalian tidak cedera. Kalau tangan dalam kondisi tidak prima, sebaiknya ditunda dulu.

3. Siapkan perlengkapan pendukung termasuk papan kitesurfing

5 Tips Bermain Kitesurfing untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuhilustrasi permainan kite surfing (unsplash.com/uniqsurface)

Sebelum melakukan kitesurfing ada beberapa perlengkapan dan peralatan yang harus disiapkan dengan baik. Pertama kalian disarankan memakai wetsuit dan kaus tangan.

Kedua, kalian wajib mengecek kondisi layar dan papan kitesurfing dalam keadaan siap digunakan. Pastikan semua perlengkapan sudah ada semua, jangan sampai terlewat satu pun!

Baca Juga: 5 Tips Wakeboarding Aman dan Seru untuk Pemula, Harus Coba Sih!

4. Lakukan latihan secara rutin minimal 3 hari

5 Tips Bermain Kitesurfing untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuhilustrasi permainan kite surfing (unsplash.com/RenanBrun)

Berdasarkan proses latihan, pemain kitesurfing akan bisa benar-benar mahir dan lancar dalam bermain setalah melakukan latihan selama 3 hari beruturut-turut. Sangat jarang pemain yang bisa benar-benar menguasai kitesurfing dalam tempo kurang dari satu hari.

Namun, apabila kalian ingin mencoba hanya untuk seru-seruan dan merasakan sensasinya tentu waktu selama satu hari sudah lebih dari cukup. Yang perlu diingat, pastikan kamu meengikuti semua petunjuk dari instruktur.

5. Pastikan ketika berlatih didampingi instruktur yang berpengalaman

5 Tips Bermain Kitesurfing untuk Pemula, Butuh Konsentrasi Penuhilustrasi permainan kite surfing (unsplash.com/DavidTroeger)

Bagi seorang pemula sangat tidak disarankan untuk mencoba kitesurfing secara mandiri tanpa didampingi oleh instruktur. Karena olahraga ini terbilang olahraga ekstrem dan memerlukan perlengkapan yang cukup banyak, peran instruktur dalam memberikan arahan tentu sangat dibutuhkan. Hal itu dilakukan demi keselamatan pemain saat olahraga berlangsung.

Dengan melakukan lima tips di atas tentu olahraga kitesurfing tidak semenakutkan seperti apa yang dibayangkan. Justru kalian akan menemukan keseruan dan sensasi luar biasa saat mencobanya. Ada yang mau mencoba kitesurfing?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mencoba Canyoning, Ekstrem Bro!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya