Comscore Tracker

5 Tips Dasar Bermain Tenis untuk Pemula, Gampang dan Gak Ribet!

Yang baru mau nyobain hobi tenis wajib tahu 

Tenis merupakan olahraga yang menggunakan raket untuk memukul bola guna melewati net. Biasanya olahraga ini dimainkan di lapangan tanah liat, rumput, beton ataupun indoor yang dilakukan secara individu atau ganda. 

Di Indonesia meskipun tidak setenar badminton atau sepak bola, tenis lapangan ternyata cukup banyak penggemarnya, walaupun di dominasi oleh masyarakat urban atau perkotaan. Olahraga ini sangatlah seru apabila kalian berencana untuk mencobanya. 

Tak perlu khawatir, berikut ini adalah lima tips bermain tenis untuk pemula atau yang baru pertama kali mencoba, apa saja? Simak sampai selesai ya!

1. Siapkan peralatan dan perlengkapan tenis sesuai kebutuhan

5 Tips Dasar Bermain Tenis untuk Pemula, Gampang dan Gak Ribet!ilustrasi tenis (unsplash.com/Chino Rocha)

Hal pertama yang harus kalian siapkan sebelum bermain tenis adalah menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Raket, bola tenis, sepatu dan lapangan menjadi hal wajib yang harus kalian siapkan. Apabila kalian merasa peralatan tersebut terlalu mahal  kalian bisa menyewa alat tenis dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan perlengkapan tambahan seperti topi, kacamata atau deker pelindung lutut. Dengan peralatan dan perlengkapan yang lengkap tentu bermain tenis akan semakin seru dan nyaman.

2. Lakukan pemanasan sebelum bermain tenis

5 Tips Dasar Bermain Tenis untuk Pemula, Gampang dan Gak Ribet!ilustrasi tenis (unsplash.com/Chino Rocha)

Setelah perlengkapan sudah siap, tahap berikutnya adalah melakukan pemanasan. Kalian sangat tidak dianjurkan bermain tanpa pemanasan sama sekali, karen hal itu berisiko besar mengakibatkan kalian cedera.

Lakukan pemanasan mulai dari bagian kepala hingga kaki dan bisa ditambah dengan lari-lari kecil memutari lapangan tenis. Dengan pemanasan yang baik diharapkan kalian terhindar dari cedera dan permainan lebih optimal.

3. Perhatikan betul cara memegang raket yang benar

5 Tips Dasar Bermain Tenis untuk Pemula, Gampang dan Gak Ribet!ilustrasi tenis (unsplash.com/Chino Rocha)

Pegangan pada raket sangat menentukan kekuatan, arah, dan kecepatan pukulan kalian saat bermain tenis. Maka dari itu perhatikan betul jenis pegangan raket yang cocok bagi kalian pada saat menyerang ataupun bertahan. 

Dalam tenis total ada 3 jenis pegangan yang bisa kalian coba, yaitu western, eastern dan continental. Tidak ada jenis pegangan yang terbaik, karena semua tergantung kenyamanan kalian saat menggunakannnya. Jadi sering-seringlah mencoba hingga menemukan pegangan yang paling pas untuk kalian.

Baca Juga: 7 Hobi Mahal yang Digandrungi Banyak Cowok, Ada Hobi Favoritmu?

4. Pelajari dengan baik gerakan mengayun atau memukul bola yang benar

5 Tips Dasar Bermain Tenis untuk Pemula, Gampang dan Gak Ribet!ilustrasi tenis (unsplash.com/Kirill Zharkiy)

Gerakan mengayun raket menjadi salah satu hal penting dalam permainan tenis. Karena ayunan raket menentukan arah dan kecepatan bola setelah dipukul. Ada dua jenis pukulan yang harus kalian ketahui yaitu backhand dan forehand, yang membedakan adalah arah ayunan tangan saja.

Kalian juga bisa memukul menggunakan dua tangan apabila dirasa ketika dengan satu tangan power kalian masih lemah. Disarankan untuk pukulan yang keras kalian menggunakan pukulan forehand dan untuk pukulan jarak pendek kalian bisa menggunakan pukulan backhand.

5. Perhatikan betul koordinasi gerak kedua kaki kalian

5 Tips Dasar Bermain Tenis untuk Pemula, Gampang dan Gak Ribet!ilustrasi tenis (unsplash.com/Julian Schiemann)

Untuk pemain yang baru memulai, salah satu teknik tenis yang paling sulit adalah gerak kaki. Selain itu kalian juga disarankan memiliki kelenturan otot kaki yang baik, karena gerak kaki dalam permainan tenis ini sangat dominan selain gerakan tangan. Manfaat lain dari memiliki kelenturan otot kaki adalah untuk menghindari risiko kram kaki.

Langkah kaki ke samping dan ke depan harus kalian kuasai dengan baik agar kalian bisa memukul bola dengan maksimal. Untuk semakin meningkatkan koordinasi gerak kaki selain latihan rutin kalian bisa menambahkannya dengan workout dan lari interval.

Nah, itulah tips bermain tenis bagi pemula. Dengan latihan yang rutin dan didampingi oleh pelatih atau rekan yang mempuni tentu skill kalian dalam bermain tenis akan terus terasah dengan baik. Selamat mencoba dan jangan malas berlatih, ya!

Baca Juga: 6 Hobi Pria Paling Populer yang Bikin Sosok Kamu Disukai Perempuan

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya