Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Sifat yang Terlalu Sensitif dan Baperan, Cek Bro!

Apa kamu termasuk orang yang sensitif dan baperan?

Perasaan sensitif dan baperan, semua orang pasti pernah mengalaminya dalam hidup, termasuk cowok. Perasaan ini akan muncul tiba-tiba di saat kita mengalami momen-momen tertentu. Tetapi, jika sifat ini dibiarkan mendominasi diri pasti akan sangat menggangu untuk menghadapi kehidupan sehari-hari.

Jadi, jika kamu termasuk orang-orang yang sensitif dan baperan, lalu kamu ingin menghilangkan sifat ini, mungkin kamu bisa mencoba cara berikut ini. Penasaran apa saja caranya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Jangan mudah menyimpulkan sesuatu

5 Cara Mengatasi Sifat yang Terlalu Sensitif dan Baperan, Cek Bro!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Brett Sayles)

Ketika mendengar suatu informasi jangan terlalu mudah untuk menyimpulkannya. Kenapa beigut? Coba pikirkan atau cari tahu terlebih dahulu apakah informasi itu benar atau tidak, jangan terlalu menelannya mentah-mentah.

Sehingga dengan seperti ini akan membuat kamu menjadi orang yang bijak dalam menyelesaikan suatu persoalan, jadi tidak akan membuat kamu menjadi orang yang sensitif dan baperan. Cerna dan pikirkan terlebih dahulu jika kamu mendengarkan suatu informasi.

2. Latih diri untuk menjadi orang yang sabar

5 Cara Mengatasi Sifat yang Terlalu Sensitif dan Baperan, Cek Bro!ilustrasi orang yang bersabar (pexels.com/Kelvin Valerio)

Latihlah diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dalam menyikapi semua permasalahan. Dengan kamu menjadi sabar akan membuat kamu menjadi tegar dan kuat jika kamu mempunyai masalah.

Dan, juga menjadi orang yang sabar akan membantu kamu agar tidak mudah terbawa suasana jika kamu menghadapi momen-momen tertentu. Jadi, jangan lupa untuk melatihnya sebaik mungkin.

3. Jadilah pribadi yang lebih dewasa

5 Cara Mengatasi Sifat yang Terlalu Sensitif dan Baperan, Cek Bro!ilustrasi orang dewasa (pexels.com/mentatdgt)

Jika kamu tidak ingin baperan dan menjadi sensitif maka bersikaplah menjadi dewasa. Mencoba untuk lebih terbuka kepada semua orang. Dan, jika ada teman kamu yang bercanda janganlah mudah untuk tersinggung.

Apabila kamu tidak suka dengan bercandaan temanmu maka beritahulah secara baik-baik. Jangan justru marah-marah tanpa tahu lebih dalam maksudnya. Bicarakan dengan baik, dengan begini mereka akan mengerti dengan sifat kamu.

Baca Juga: Jarang Dikatakan, 5 Sikap yang Disukai Pria dari Pasangannya

4. Bersikaplah cuek

5 Cara Mengatasi Sifat yang Terlalu Sensitif dan Baperan, Cek Bro!ilustrasi mengacuhkan orang (pexels.com/Keira Burton)

Jika perasaan kamu mudah tersinggung, maka belajarlah untuk menjadi cuek dengan segala hal yang kamu hadapi. Karena biasanya jika kamu memberi perhatian kepada orang yang menyinggungmu, maka akan membuat kamu mudah untuk merasa baper.

Jadi, jangan terlalu memikirkan omongan orang. Jika kamu terlalu memikirkannya terus-menerus maka akan membuat kamu merasa bahwa kamu memiliki banyak masalah. Cuek aja, biar pikiran lebih tenang.

5. Lakukan hal yang positif

5 Cara Mengatasi Sifat yang Terlalu Sensitif dan Baperan, Cek Bro!ilustrasi berolahraga (pexels.com/Li Sun)

Jika kamu merasa bahwa omongan orang itu menyinggung perasaanmu dan menyakitimu, maka cobalah untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan atau bermanfaat, seperti olahraga, membaca buku, atau hal menyenangkan lainnya. Dengan kamu memiliki banyak aktivitas maka akan membuat kamu mudah lupa dengan semua hal yang membuat kamu merasa sensitif dan baperan. 

Nah, itulah beberapa cara yang mungkin bisa membantu kamu untuk mengatasi sifat yang sensitif dan baperan, jadi jika kamu termasuk orang yang memakai perasaan, bisa nih untuk mencoba cara-cara diatas! Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pria yang Cool, Lakukan Bro!

Dyah Sekar A Photo Verified Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya