Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Pria Tak Perlu Malu Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Justru banyak manfaatnya, lho!

Pekerjaan rumah tangga sangat kental kaitannya dengan perempuan. Banyak orang yang beranggapan bahwa perempuanlah yang memiliki kewajiban penuh dalam melakukan urusan rumah tangga. Persepsi seperti itu terbentuk karena para laki-laki nantinya akan menjadi seorang ayah yang kewajibannya mencari nafkah bukan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Atas dasar tersebut para orangtua cenderung tak mengenalkan anak laki-lakinya pada pekerjaan rumah tangga.

Namun jika diperhatikan lebih lanjut, nyatanya kaum pria pun juga harus bisa melakukan pekerjaan rumah tangga. Mari singkirkan rasa malu dan gengs kalian ya boys, pasalnya suatu saat nanti kalian pasti akan membutuhkannya di beberapa kondisi tertentu. Berikut lima alasannya.

1. Agar terbiasa membantu meringankan pekerjaan istri

5 Alasan Mengapa Pria Tak Perlu Malu Melakukan Pekerjaan Rumah Tanggaunsplash.com/Becca Tapert

Boys, hilangkan rasa malu saat melakukan pekerjaan rumah tangga. Karena bagaimana pun juga kamu nantinya akan berkeluarga. Hal tersebut menuntutmu untuk selalu siap dalam setiap kondisi.

Jika istrimu bukanlah seorang ibu rumah tangga melainkan wanita karier, maka kamu harus bisa membantu meringankan pekerjaannya dalam hal urusan rumah tangga. Saling membantu dalam hal tersebut juga bisa mempererat rasa kasih sayang di antara kalian, lho!

2. Untuk menghemat pengeluaran mengenai ART saat sudah berkeluarga

5 Alasan Mengapa Pria Tak Perlu Malu Melakukan Pekerjaan Rumah Tanggapexels.com/Nathan Cowley

Saat sudah berkeluarga nantinya, tanggung jawabmu tentu akan bertambah. Ada anak dan isteri yang perlu kamu beri nafkah. Jika penghasilan kamu tak mencukupi untuk mendatangkan ART (Asisten Rumah Tangga) guna meringankan pekerjaan rumah tangga, maka jangan dipaksakan.

Kamu bisa ambil cara lain, yaitu dengan turun tangan membantu pekerjaan istri dalam mengurus urusan rumah. Nah, bisa dipastikan harimu akan produktif dengan rutinitas itu.

Baca Juga: 5 Pesan dari Film Kingsman, Pelajaran bagi Pria untuk Menjadi Dewasa

3. Memberi contoh yang baik pada anak-anaknya kelak

5 Alasan Mengapa Pria Tak Perlu Malu Melakukan Pekerjaan Rumah Tanggapexels.com/Gustavo Fring

Sosok ayah yang mau melakukan pekerjaan rumah tangga merupakan figur idaman bagi anak-anaknya. Dengan begitu mereka akan terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga karena kerap diajarkan oleh kedua orangtuanya.

Mereka juga akan berpikir bahwa ayahnya adalah sosok yang hebat lantaran tetap mencari nafkah namun tak lupa untuk membantu meringankan urusan rumah tangga.

4. Agar bisa mandiri saat di perantauan

5 Alasan Mengapa Pria Tak Perlu Malu Melakukan Pekerjaan Rumah Tanggapexels.com/Andrea Piacquadio

Tak hanya dibutuhkan setelah menikah saja, mampu melakukan pekerjaan rumah tangga bagi para laki-laki pun sudah dibutuhkan saat belum menikah. Tepatnya saat berada di perantauan, entah untuk tujuan melanjutkan pendidikan ataupun bekerja.

Sehingga mau tidak mau kamu harus bisa melakukan pekerjaan rumah tangga demi kelangsungan hidupmu saat jauh dari orangtua dan keluarga. Seperti mencuci baju, memasak makanan sederhana, menyapu, dan mencuci peralatan makan.

5. Setiap orang memiliki tanggung jawab pada dirinya masing-masing

5 Alasan Mengapa Pria Tak Perlu Malu Melakukan Pekerjaan Rumah Tanggapexels.com/Burst

Setiap orang bertanggung jawab terhadap dirinya masing-masing. Hal tersebut tentu tak dapat dielakkan. Jika bukan kamu yang

erawat diri sendiri, lantas mau siapa lagi? Orang lain pun tak bisa selamanya diandalkan. Sehingga mau tidak mau, rasa malu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga harus kamu hilangkan. Sebab terkadang hal-hal yang tidak kita inginkan bisa saja terjadi. Jadi, bersikap mandiri itu perlu, termasuk mandiri dalam urusan pekerjaan rumah tangga.

Itulah lima alasan mengapa pria tak perlu malu melakukan pekerjaan rumah tangga. Bagaimana? Sudah tahu kan jika hal itu justru mendatangkan manfaat yang tak terduga? Oleh karena itu jangan malu ataupun gengsi ya, boys. Sebab kemaskulinan para laki-laki gak akan berkurang hanya karena melalukan pekerjaan rumah tangga.

Baca Juga: Untuk Cowok Keren, Lakukan 5 Self Upgrade di Rumah Saat Pandemik

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya