Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Seseorang yang Keras Kepala, Lakukan! 

Jangan terbawa emosi negatif 

Beragam sifat dimiliki oleh setiap manusia. Ada sifat yang positif dan negatif. Kali ini kita akan membahas mengenai sifat negatif seseorang, yaitu keras kepala. Sifat ini ada dalam diri seseorang bisa jadi disebabkan oleh faktor keturunan atau faktor lingkungan yang membentuknya menjadi keras kepala.

Keras kepala ialah sifat angkuh dan sombong, tidak menerima pendapat orang lain tentang apapun. Akan rumit jika kita hidup berdampingan dalam karier atau hubungan personal dengan orang seperti ini. Kemudian bagaimana sih caranya menghadapi orang dengan sifat keras kepala ini? Berikut langkahnya!

1. Kenali sifatnya dengan menganalisa kehidupannya 

5 Tips Menghadapi Seseorang yang Keras Kepala, Lakukan! Ilustrasi pria senyum (Unsplash.com /Warren Wong)

Seseorang yang memiliki sifat keras kepala, sebenarnya memiliki penyebab mengapa ia bisa menjadi seperti itu. Sulit menerima perbedaan, mementingkan diri sendiri, bahkan parahnya ia tidak mau menerima saran dan kritik dari orang lain.

Analisa sifatnya dengan mencari tahu hal apa yang membuat dia seperti itu, apakah karena didikan orang tuanya yang terlalu keras atau lingkungannya yang membuatnya seperti itu dan sebagainya. Hal ini akan membantumu sedikit mengerti dan memahami karakternya.

2. Hadapi dengan tenang, jangan terbawa emosi negatif 

5 Tips Menghadapi Seseorang yang Keras Kepala, Lakukan! Ilustrasi dua orang pria sedang berbicara (Pexels/Mental Health America (MHA))

Menghadapi seseorang yang keras kepala tidak disarankan dengan membalas keras padanya. Karena kalau tidak, keegoisannya akan semakin meninggi dan malah menutup semua pandangannya terhadap apa yang kamu jelaskan padanya.

Hal yang efektif ialah, mendengarkan semua apa yang dikeluhkan dengan bersikap tenang tanpa ikut terbawa emosi negatifnya. Jika sudah, beri ia sedikit-sedikit pemahaman tentang hal yang ingin kau sampaikan.

3. Berikan penjelasan yang logis agar mudah dipahami

5 Tips Menghadapi Seseorang yang Keras Kepala, Lakukan! Pria ngobrol (pexels.com/nappy)

Menghadapi orang yang keras kepala butuh trik agar bisa diajak berkomunikasi. Biasanya orang tersebut hanya mengedepankan emosi sesaat. Kepalanya berisi bagaimana ia dapat mempertahankan pendapatnya.

Cara kita untuk menghadapinya ialah dengan mengajarinya berpikir logis. Arahkan ia untuk berpikir menggunakan nalar dengan jelas. Dengan begitu, orang yang keras kepala tersebut akan berusaha menerima penjelasan logis kamu.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Melakukan Oversharing, Perhatikan Baik-Baik!

4. Jangan terlalu memaksa dia untuk menuruti kemauanmu, biarkan saja 

5 Tips Menghadapi Seseorang yang Keras Kepala, Lakukan! ilustrasi berbincang (unsplash.com/Kenny Eliason)

Ketika sudah memberinya pengertian serta pemahaman yang baik, dan jika ia tetap tidak mau menerima pendapatmu biarkan saja. Jika kamu memaksa ia akan berusaha mengunggulimu meski sebenarnya ia salah.

Jangan diambil pusing, saat kamu sudah berusaha tapi jika yang kamu hadapi berkepala batu tinggalkan saja.  Beri ruang sendiri untuk dia memikirkannya.

5. Jangan pernah menganggap dirinya sulit berubah 

5 Tips Menghadapi Seseorang yang Keras Kepala, Lakukan! ilustrasi tersenyum (unsplash.com/Jason Goodman)

Cara yang terakhir adalah menganggap seseorang yang keras kepala bisa berubah. Dengan berpikir positif secara terus-menerus akan membuat dirimu tidak dipenuhi emosi negatif yang disebabkan olehnya.

Dan bisa jadi dampak yang kamu berikan bisa memberikan pengaruh secara tidak langsung pada orang yang keras kepala. Mungkin juga orang tersebut dapat tersadarkan karena perilaku positif yang kamu berikan.

Itu dia langkah-langkah menghadapi orang yang keras kepala. Mungkin dari kalian bisa mengembangkan sendiri langkah-langkah tersebut untuk bisa menghadapi orang dengan sifat keras kepala secara lebih efektif. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Bentuk Insecure Cowok yang Sering Dialami Pada Lingkungan Pertemanan

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Menulis adalah caraku untuk mengekspresikan rasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya