Comscore Tracker

5 Cara Memperbaiki Tujuan Hidup agar Kamu Bisa Lebih Mudah Mencapainya

Yuk, mulai saja lakukan!

Kesalahan dan menetapkan tujuan hidup sering kali salah hingga membuat kita sulit mencapainya. Bahkan, semakin kita kejar, semakin kita jauh dari titik tujuan tersebut. Misalnya saja, tujuan itu tidak realistis, tidak jelas, terburu-buru dan hanya fokus pada hasilnya saja. 

Untuk mengatasinya, maka perlu memperbaiki terkenal tujuanmu. Langkah pertamanya bisa kamu lakukan dari cara berikut. Apa saja? Simak penjelasannya sampai selesai!

1. Luangkan waktu untuk mencari tahu tujuan hidup yang kamu inginkan

5 Cara Memperbaiki Tujuan Hidup agar Kamu Bisa Lebih Mudah MencapainyaIlustrasi pria (unsplash.com/@kyalloni)

Jika kamu merasa tidak memiliki tujuan saat ini, kamu tidak perlu berkecil hati. Tidak ada yang memulai dengan semua hal yang diketahui. Yang perlu kamu lakukan adalah luangkan waktu untuk mencari tahu tujuan yang cocok untuk dikejar. Tidak perlu terburu-buru mencarinya karena kamu harus tahu betul dirimu dan kebahagiaan seperti apa yang kamu inginkan. 

Dan, ingatlah bahwa kamu tidak harus membidik target besar-besaran saat ini. Jika kamu terintimidasi oleh tujuan besar, mulailah dari yang kecil. Kamu juga tidak perlu langsung terpaku pada satu tujuan tertentu. Jika kamu tidak yakin apa tujuan yang sempurna, persempit beberapa opsi, bereksperimen, dan nilai apakah kamu berada di jalur yang benar.

2. Jujur tentang keinginanmu

5 Cara Memperbaiki Tujuan Hidup agar Kamu Bisa Lebih Mudah MencapainyaIlustrasi pria merenung (unsplash.com/abdelghafour boulifa)

Banyak dari kita mengikuti tujuan yang telah ditetapkan masyarakat, yakni jadi anak yang baik, masuk sekolah favorit dan kerja di kota besar dengan gaji tinggi hingga memiliki rumah dan mobil. Mengikuti norma bukanlah tujuan yang salah, tapi itu hanya jika kamu melakukannya dengan niat. Jika tujuanmu sama dengan telah ditetapkan masyarakat kepadamu, maka kamu berada di jalur yang benar.

Namun, jika sebaliknya, inilah saatnya kamu jujur pada dirimu sendiri. Kamu harus percaya pada tujuanmu, lakukan dan buat dirimu bahagia dengan tujuan itu. Tidak perlu pikirkan kata orang karena yang terpenting adalah kamu bahagia. 

3. Tetapkan tenggat waktu dari tujuan itu

5 Cara Memperbaiki Tujuan Hidup agar Kamu Bisa Lebih Mudah Mencapainyailustrasi pria tersenyum (pexels.com/Vanessa Gracia)

Untuk membuat tujuan dapat dicapai adalah dengan menetapkan tenggat waktu yang realistis untuk mencapai target. Jangan menetapkan garis waktu terlalu ketat sehingga membuatmu kewalahan atau menetapkan tanggal yang terlalu longgar sehingga kamu merasa santai. 

Titik manis untuk tenggat waktu adalah ketika itu menantangmu untuk mendorong diri sendiri, tetapi mencegahmu menyerah di tengah jalan. Langkah terakhir melibatkan pemecahan tujuan yang lebih besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil yang dapat kamu mulai kerjakan segera. Bukan bulan depan, bukan minggu depan, bukan besok, tapi hari ini. Semakin kamu menyederhanakan tujuanmu, semakin cepat kamu membuat kemajuan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Seorang Productivity Addict, Ingin Produktif Terus!

4. Memahami aspek apa yang diperlukan dalam pencapaian tujuan suksesmu

5 Cara Memperbaiki Tujuan Hidup agar Kamu Bisa Lebih Mudah Mencapainyailustrasi daftar tujuan utama dalam menulis (Pexels.com/Ivan Samkov)

Ketika kamu ingin membangun bisnis yang sukses karena kamu ingin meningkatkan penghasilanmu, maka pahami aspek apa saja yang harus dilakukan. Hal yang harus kamu lakukan adalah miliki produk, buat platform untuk menjualnya, pelajari teknik berjualan dan bangun kepercayaan customer atas produkmu. 

Setiap prosesnya tentu harus kamu nikmati agar hasilnya pun bisa membuatmu puas. Sekarang, kamu bisa melakukannya. Ingatlah bahwa tujuan yang besar itu selalu ada perjuangan dan pengorbanan yang harus dilaluinya. 

5. Buat target kecil yang realistis

5 Cara Memperbaiki Tujuan Hidup agar Kamu Bisa Lebih Mudah Mencapainyailustrasi target (pixabay.com/averadoterra)

Kamu dapat bermimpi besar untuk jangka panjang, tapi jika tidak realistis, maka itu menakutkan. Daripada seperti itu, pastikan rencana jangka pendek untuk mencapainya realistis. 

Jika tidak, kamu akan berulang kali menunda targetmu. Cobalah untuk membuat kebiasaan yang konsisten untuk mencapai tujuan jangka pendek yang kamu tuju. Bahkan, jika itu berarti mengejar target yang lebih sedikit, biarlah saja. 

Setelah kamu terbiasa mencapai target jangka pendekmu tanpa gagal, kamu akan merasa lebih mudah untuk menyelesaikan lebih banyak tugas dengan waktu. Kamu akan merasa gatal ketika kamu melewatkan target yang telah kamu tetapkan untuk diri sendiri.

Jadikan tubuh dan pikiranmu membangun budaya untuk mencapai apa pun yang kamu rencanakan. Sampai kamu tiba di sana, jaga agar target tetap sederhana dalam kesulitan dengan volume yang lebih kecil. Perbaikan atas tujuanmu ini akan berdampak besar untukmu kelak. 

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Seseorang yang Keras Kepala, Lakukan! 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya