Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing, Mudah Dilakukan!

Banyak cara sederhana yang bisa meredakannya

Perubahan suasana hati atau mood swing memang wajar kamu alami. Akan tetapi, bila kondisi ini berlangsung lebih dari seminggu atau berlarut-larut atau bahkan memberikan dampak pada aktivitas atau hubungan sosial, maka kamu perlu mewaspadainya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya atau meredakannya. Mood swing yang drastis ini perlahan akan bisa kamu kendalikan dengan melakukan cara-cara berikut.

1. Mengonsumsi sumber makanan yang sehat

5 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing, Mudah Dilakukan!ilustrasi ikan salmon (unsplash.com/Caroline Attwood)

Memakan makanan sehat, tak hanya membuat tubuh menjadi sehat. Manfaat lainnya, kamu juga dapat mengendalikan mood swing yang sering melanda.

Kamu bisa memulai ubah gaya hidup dan pola makan, dengan cara mengganti menu hidangan yang kaya akan nutrisi. Kamu juga bisa beralih pada camilan sehat seperti jus sayur atau buah-buahan. Hal tersebut bertujuan agar kesehatan dapat terjaga dengan baik, yang akan berdampak pada kesetabilan emosi. 

2. Olahraga teratur untuk memicu mood yang bahagia

5 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing, Mudah Dilakukan!ilustrasi pria yang sedang berjalan (unsplash.com/Lindsay Henwood)

Sama halnya dengan memakan makanan yang sehat, berolahraga juga tak kalah penting untuk menjaga kesetabilan emosi. Kamu bisa memulai untuk membiasakan diri untuk berolahraga minimal 30 menit per hari.

Tak perlu terlalu berat di awal, kamu bisa melakukan olahraga ringan, misalnya saja berjalan kaki, bersepeda, lari kecil, atau jogging. Kemudian baru meningkatkan intensitasnya secara bertahap. Manfaat olahraga rutin tak hanya dapat mengendalikan perubahan mood secara drastis, tetapi dapat pula berdampak positif bagi kesehatan secara keseluruhan. 

3. Tidur cukup supaya mood lebih stabil

5 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing, Mudah Dilakukan!ilustrasi pria yang sedang tidur (unsplash.com/Tânia Mousinho)

Cukup tidur bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi mood swing. Hal ini dikarenakan, saat tertidur lelap, tubuh menjadi beristirahat dan lebih rileks.

Namun sebaliknya, kurang tidur bisa membuat orang menjadi lebih emosional, kurang konsentrasi dan cepat tersinggung bahkan dengan hal-hal yang kecil. Kamu disarankan untuk tidur yang cukup di malam hari, selama kurang lebih 7 hingga 8 jam. 

Baca Juga: 5 Masalah yang Kerap Disembunyikan Pria dari Pasangan

4. Menggunakan mood diary

5 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing, Mudah Dilakukan!ilustrasi mood diary (unsplash.com/Sunpreet Singh)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencatat segala kejadian yang bisa memicu perubahan suasana hati. Kamu bisa menyiapkan satu buku sebagai mood diary. Saat kamu sedang merasakan mood berubah dengan begitu cepat, kamu bisa mencatatnya di buku diary ini. 

Catatlah setiap detail permasalahan yang menjadi penyebabnya, supaya kamu bisa segera mengambil keputusan dalam menghadapi setiap perubahan situasi. Ini bertujuan agar ke depannya kamu bisa menghindari hal-hal yang bisa memicu perubahan mood.

5. Kunjungi dokter jika mood sering berubah drastis

5 Cara Mudah Mengatasi Mood Swing, Mudah Dilakukan!ilustrasi dokter (unsplash.com/Online Marketing)

Bila dirasa cara-cara di atas masih tidak membuat kamu bisa mengatasi mood swing, maka cara mencegah adalah dengan berkonsultasi kepada tenaga ahlinya, yakni psikiater atau psikolog. Kamu bisa berkonsulasi tentang apa yang menyebabkan perubahan perilaku mood yang drastis ini. Kamu juga dapat membicarakan tentang berapa kali frekuensi perubahan mood terjadi dalam jangka waktu tertentu. 

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyebab mood swing secara drastis. Lakukanlah dengan rutin agar kamu bisa merasakan manfaatnya, ya!

Baca Juga: 5 Tips Bila Ingin Lebih Bahagia, Caranya Mudah!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya