Comscore Tracker

5 Cara Memilih Kain Sarung yang Tepat, Jangan Sampai Salah!

#IDNTimesMen Sarung yang tepat bikin nyaman beribadah

Kain sarung sangat berguna bagi cowok untuk beribadah. Kain sarung sudah menjadi penutup aurat yang sering dipakai sebagai pengganti celana panjang saat sedang salat. Setiap cowok muslim pasti punya kain sarung yang menemani ibadah, bukan?

Ternyata, saat membeli kain sarung kamu harus memilihnya dengan baik. Jika kain sarung kamu nyaman dipakai dan dipilih dengan tepat, mudah-mudahan bisa membuat ibadah salat kamu semakin khusyuk.

Biar gak bingung saat akan memilih kain sarung, kamu bisa simak tips memilih sarung yang tepat dan benar di bawah ini. Simak ulasannya sampai habis ya, Bro! 

1. Sesuaikan dengan bujet yang dimiliki

5 Cara Memilih Kain Sarung yang Tepat, Jangan Sampai Salah!Sarung Mangga (sarungmangga.co.id)

Kain sarung ternyata ada bermacam-macam harga yang ditawarkan. Harga ini tergantung pada merek dan jenis kain yang dipakai. Sehingga hal yang paling utama untuk kamu perhatikan adalah menyesuaikan bujet yang kamu punya dengan harga sarung yang akan kamu beli.

Harga kain sarung di pasaran cukup bervariasi. Kamu bisa mendapatkan kain sarung mulai dari harga Rp30 ribuan sampai Rp50 ribuan untuk kualitas menengah hingga yang bagus. Kamu juga bisa menemukan kain sarung dengan harga Rp100 ribuan ke atas dengan bahan kain premium atau kain sarung dengan pengerjaan handmade yang berseni.

2. Pilih bahan sarung yang paling cocok untuk kamu

5 Cara Memilih Kain Sarung yang Tepat, Jangan Sampai Salah!Sarung Sapphire (instagram.com/sarungsapphire.official)

Bahan kain sarung juga ada bermacam-macam. Mulai dari katun hingga poliester bisa kamu temui sebagai bahan pembuat sarung. Kini tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang kamu miliki.

Kain sarung yang terbuat dari poliester biasanya memiliki harga lebih terjangkau, namun cenderung agak kaku dan panas saat dipakai terlalu lama. Sedangkan katun terasa dingin saat dipakai, namun mudah kusut. Katun pun memiliki kualitas masing-masing sesuai harganya. Selain itu kamu juga bisa memilih kain sarung dari bahan sutra sintetis yang memiliki tampilan lembut layaknya sutra namun tetap boleh dipakai cowok karena bukan sutra asli.

Saat memilih bahan, kamu sebaiknya memilih kain sarung yang lembut, tidak terlalu kaku, tidak terlalu lentur, kainnya terasa jatuh, dan mudah dilipat saat digunakan. Ini semua agar tidak membuatmu repot saat akan menggunakannya, Bro.

3. Perhatikan jahitan pada kain sarung

5 Cara Memilih Kain Sarung yang Tepat, Jangan Sampai Salah!Sarung Universa (instagram.com/universa.id)

Biasanya ada dua jenis kain sarung berdasarkan jahitannya. Ada kain sarung yang hanya berupa lembaran, sehingga kamu bisa menjahitnya sendiri agar dapat menyesuaikan ukurannya dengan badan kamu.

Serta ada juga kain sarung yang sudah siap pakai. Artinya kain sarung ini sudah dijahit ujung dan pangkalnya sehingga bisa langsung kamu pakai. Biasanya sarung yang sudah dijahit memiliki ukuran untuk menyesuaikan dengan badan pemakai. Pilih sesuai ukuran kamu ya, Bro.

Kamu juga perlu memerhatikan jahitan pada sarungnya. Apakah jahitan itu rapi atau tidak. Selain itu, jika kamu membeli kain sarung bermotif, pastikan agar jahitannya tidak memotong motif pada kain sarung kamu.

Baca Juga: 5 Jenis Busana Muslim Pria yang Bisa Kamu Pilih untuk Iduladha

4. Perhatikan motif sarung yang ingin kamu beli

5 Cara Memilih Kain Sarung yang Tepat, Jangan Sampai Salah!Sarung Atlas (sarungatlas.co.id)

Motif juga menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli kain sarung. Di pasaran ada banyak sekali motif kain sarung. Mulai dari bunga, batik, garis, hingga kotak-kotak. Biasanya yang paling umum ditemui adalah motif garis dan kotak-kotak. Motif ini paling aman kamu pakai, sehingga kamu tinggal menyesuaikan dengan warna yang kamu suka.

Kain sarung juga ada yang bermotif khas daerah tertentu. Misalnya kain sarung dengan motif batik Pekalongan, atau bahkan batik megamendung dari Cirebon. Motif batik ini bisa memberikan kesan elegan saat dipakai lho, Bro.

5. Perhatikan cara perawatannya sebelum membeli

5 Cara Memilih Kain Sarung yang Tepat, Jangan Sampai Salah!Sarung Lamiri (instagram.com/lamiriofficial)

Kain sarung memiliki cara perawatannya masing-masing tergantung pada bahan yang digunakan. Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kain sarung, kamu bisa cek dulu cara perawatannya untuk menyesuaikan dengan kebiasaan kamu.

Misalnya, apakah sarung tersebut akan luntur saat pertama kali dicuci atau tidak. Ini bermanfaat untuk kamu ketahui jika kamu terbiasa mencuci pakaian dengan jasa laundry untuk menghindari kain sarung kamu luntur ke pakaian lain. Bahkan, ada juga sarung yang hanya bisa dicuci dengan cara dry cleaning. Sehingga, kamu harus benar-benar mengetahui cara perawatannya agar tidak merepotkanmu saat akan mencucinya.

Nah, dengan tips memilih kain sarung ini semoga kamu bisa mendapatkan kain sarung yang paling tepat ya, Bro. Selamat berbelanja!

Baca Juga: Catat Bro, Ini 10 Perlengkapan Haji Pria yang Perlu Dibawa

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya