Comscore Tracker

Bro, 5 Tanda Kamu Sudah Mendominasi dalam Pertemanan

Jangan lakukan lagi!

Berada pada sebuah lingkaran pertemanan agaknya harus nyaman satu sama lainnya. Jangan sampai ada salah satu yang mendominasi atau lebih berkuasa dibandingkan yang lainnya.

Coba lihat pada diri kamu sendiri apakah sudah berada pada taraf mendominasi pertemanan atau belum. Cek tanda-tandanya di sini.

1. Egois dan maunya menang sendiri

Bro, 5 Tanda Kamu Sudah Mendominasi dalam Pertemananilustrasi tiga orang (pexels.com/ronlach)

Ketika kamu menjadi seseorang yang egois dan maunya menang sendiri dalam sebuah pertemanan, bisa menjadi pertanda jika kamu memang mendominasi pertemanan tersebut. Sebaiknya kamu perlu memperbaiki diri, jangan sampai pada akhirnya membuat teman kamu tidak nyaman. Sejatinya mempertahankan sebuah pertemanan yang baik itu tidak mudah.

2. Tidak tertarik mendengarkan apa saja keinginan teman

Bro, 5 Tanda Kamu Sudah Mendominasi dalam Pertemananilustrasi pertemanan (pixabay.com/free-photos)

Rasa saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing agaknya perlu sekali ada pada sebuah pertemanan. Namun jika yang terjadi ialah sikap kamu yang terkesan susah untuk mendengarkan teman kamu semua, kamu termasuk salah satu orang yang mendominasi dalam hubungan tersebut. Ke depannya teman kamu semua akan merasa malas pula untuk mendengarkan apa yang kamu utarakan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pertemanan Itu Penting, Jangan Terus Menyendiri!

3. Tidak senang jika teman tidak menghargai kemauanmu

Bro, 5 Tanda Kamu Sudah Mendominasi dalam PertemananIlustrasi pertemanan (pexels.com/nappy)

Ketika kamu justru tidak senang dengan sikap apa adanya teman yang justru membuat kamu merasa jika ia tidak menghargai kamu, bisa saja memang kamu orang yang mendominasi dalam hubungan dengan mereka. Sikap menghargai ini akan timbul ketika adanya perasaan saling menghargai satu sama lain, jangan maunya menang sendiri.

4. Tidak suka ketika teman bergaul dengan selain kamu

Bro, 5 Tanda Kamu Sudah Mendominasi dalam Pertemananilustrasi pria (pexels.com/simonrobben)

Tanda lainnya yang bisa menunjukkan jika kamu menjadi seseorang yang mendominasi hubungan ialah kamu sering merasa tidak suka jika teman kamu justru mampu bergaul dengan orang lain selain kamu. Sebenarnya hal ini merupakan hak mereka. Kamu tidak sepantasnya tidak menyukainya atau bahkan melarang mereka.

5. Kamu maunya memimpin tanpa mendengarkan sekitar

Bro, 5 Tanda Kamu Sudah Mendominasi dalam PertemananIlustrasi pertemanan (pexels.com/ivansamkov)

Ketika kamu jadi seorang yang justru maunya memimpin tanpa mau mendengarkan teman-teman sekitar kamu, kamu termasuk orang yang justru mendominasi pertemanan tersebut. Seorang pemimpin seharusnya bisa mendengarkan apa yang orang sekitarnya utarakan. Tidak hanya pada lingkaran pertemanan saja, namun juga yang lainnya yang lebih luas lagi pastinya.

Jangan sampai sikap kamu yang terlalu mendominasi hubungan pada akhirnya membawa akibat buruk untuk hidup kamu nantinya. Segera perbaiki ya, bro, jika kamu masuk ke dalam salah satu kriteria di atas.

Baca Juga: 5 Etika yang Penting Diterapkan dalam Pertemanan, Jangan Keliru

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya