Comscore Tracker

5 Tanda Saatnya Kamu Mulai Mengupayakan Kebahagiaan Diri, Cek Bro!

Jangan sampai jadi stres

Ketika jatuh cinta atau fokus dengan banyak hal dalam hidupnya, seorang cowok kerap tak mempedulikan dirinya. Mereka akan lebih perhatian dengan apa yang sedang dihadapi saat itu. Pada akhirnya, kebahagiaan dalam diri mereka perlahan berkurang.

Sejalan dengan itu, mereka seharusnya bisa mengupayakan kebahagiaan mereka lagi. Hal ini demi kebaikan mereka juga pastinya. Adapun tanda di mana sudah saatnya seorang cowok mengupayakan kebahagiaan mereka sendiri ada di bawah ini.

1. Ketika sering merasa lelah sendiri

5 Tanda Saatnya Kamu Mulai Mengupayakan Kebahagiaan Diri, Cek Bro!ilustrasi marah (pexels.com/anreapiacquadio)

Tidak ada perjuangan tanpa adanya rasa lelah dan capek. Bahkan ketika berkorban untuk orang tersayang sekalipun terkadang ada rasa lelah yang kerap menghampiri. Rasa lelah tersebut pada akhirnya menimbulkan perasaan tidak bahagia pada diri sendiri.

Ketika kamu sering merasa lelah sendiri, menjadi salah satu pertanda jika sebaiknya kamu mampu mengupayakan kebahagiaan kamu ke depannya. Bisa dilakukan dengan hal-hal kecil yang memang kamu sukai. Cobalah untuk memasak makanan kesukaan, atau bahkan menikmati hobi demi kebahagiaan kamu, Bro!

2. Hidup terasa hampa karena kecewa

5 Tanda Saatnya Kamu Mulai Mengupayakan Kebahagiaan Diri, Cek Bro!ilustrasi sedih (pexels.com/inzmamkhan)

Ketika kita mendapat sebuah kekecewaan dalam hidup, sering kali membawa efek tersendiri. Salah satunya jadi kurang bahagia dalam menjalani setiap apa yang ada di depan mata. Saat-saat seperti ini sebaiknya bisa digunakan untuk mengupayakan kebahagiaan kamu, Bro!

Cobalah untuk menyendiri beberapa saat, mencari tahu apa yang salah dalam diri. Tahap selanjutnya bisa kamu gunakan untuk mengetahui apa keinginan kamu, jangan terus memperhatikan orang lain. Sadarilah jika hidup kamu lebih penting untuk bahagia terlebih dahulu sebelum membahagiakan orang lain.

3. Terlihat semakin sering berkorban untuk orang lain

5 Tanda Saatnya Kamu Mulai Mengupayakan Kebahagiaan Diri, Cek Bro!ilustrasi duduk berdua (pexels.com/Athena)

Ketika seorang cowok sering berkorban untuk orang lain memang wajar selama tidak berlebihan. Namun jika hal ini dibiarkan berlarut hingga membuatnya tak bahagia, buat apa diteruskan. Cobalah untuk bisa mengupayakan kebahagiaan sendiri dulu sebelum memikirkan orang lain.

Kejadian ini sering dialami cowok ketika mereka sedang jatuh cinta. Bisa saja semakin hari semakin membuat mereka ingin berkorban untuk orang yang ia sayang tersebut. Jangan lupakan kebahagiaan kamu, karena jika tidak kamu yang memperhatikan siapa lagi.

Baca Juga: 5 Cara Pasangan Mempertahankan Pernikahan meski Sulit Akur, Kok Bisa?

4. Banyak pekerjaan yang menuntut

5 Tanda Saatnya Kamu Mulai Mengupayakan Kebahagiaan Diri, Cek Bro!ilustrasi malas bekerja (pexels.com/andreapiacquadio)

Ketika seorang cowok punya banyak pekerjaan yang menuntutnya, menjadi salah satu pertanda jika mereka perlu mengupayakan kebahagiaan mereka. Pekerjaan sebanyak apa pun tidak akan ada habisnya. Ketika mementingkan pekerjaan terus tanpa perhatian pada diri sendiri, pada akhirnya akan mudah merasa lelah.

Semangat yang tadinya tinggi perlahan mulai melemah karena merasa hidupnya tidak bahagia. Lebih baik semua dijalani dengan seimbang antara pekerjaan, dan hiburan untuk diri sendiri. Kedepannya kamu akan terhindar dari stres berlebihan.

5. Mulai merasa stres

5 Tanda Saatnya Kamu Mulai Mengupayakan Kebahagiaan Diri, Cek Bro!ilustrasi stres (pexels.com/ketutsubiyanto)

Tanda selanjutnya yang bisa menggambarkan jika kamu perlu mengupayakan kebahagiaan kamu ketika mulai merasa stres. Rasa stres bisa ditimbulkan dari banyak hal karena masalah hidup setiap orang pasti berbeda. Jangan tunggu rasa stres tersebut bertahan terlalu lama, karena bisa membahayakan bagi kesehatan.

Cobalah untuk bisa meluangkan waktu sejenak untuk berlibur dan menikmati hal menyenangkan lainnya. Namun sebaiknya, jangan lari dari masalah yang membuat kamu stres sebelumnya. Karena lari dari masalah justru bisa membuat hidup tidak tenang.

Berkorban demi orang lain maupun ketika seorang cowok sedang menghadapi masalah yang berat dalam hidup memang sering membuat lelah, stres hingga tidak bahagia. Ketika kamu sudah mempunyai tanda-tanda seperti tersebut di atas, sebaiknya cari waktu liburan dulu ya, Bro!

Baca Juga: 5 Sumber Motivasi Cowok untuk Bisa Sukses Sebelum Usia 30 Tahun

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya