Comscore Tracker

Bro, Kelak 8 Hal Ini Jadi Acuan Putrimu untuk Memilih Calon Suami

Father goals!

Selain mengantarkan anak-anaknya menjadi orang berhasil di segala hal baik, kamu bisa dibilang father goals ketika apa yang kamu lakukan pada keluarga terutama anak, membuat mereka menghargai bahkan mengidolakanmu. Bagi anak laki-laki, mereka akan menjadikanmu sebagai role model-nya kelak ketika ia pun menjadi seorang ayah.

Sedangkan bagi anak perempuan yang umumnya lebih mudah dekat dengan sang ayah ketimbang anak laki-laki, jika ia dibesarkan sedari kecil dengan perlakuan baik oleh ayahnya, besar kemungkinan ia pun akan mencari sosok suami seperti sang ayah. 

Pernyataan tersebut dibenarkan pula oleh penelitian ilmiah melalui laman Sciencedaily lho, jika daddy's girl akan memilih pria pendamping hidupnya tak jauh seperti ayahnya. Lalu hal-hal apa saja sih yang mampu mempengaruhi anak perempuan sehingga ia memilih sosok suami seperti ayahnya?

Mau tahu? Yuk, simak delapan hal berikut ini!

1. Mengajaknya untuk selalu mengingat Tuhan dan menjalankan ibadah

Bro, Kelak 8 Hal Ini Jadi Acuan Putrimu untuk Memilih Calon SuamiBerbagai Sumber

Apapun keyakinanmu, keimanan adalah nomer satu. Seseorang yang baik dalam imannya akan baik pula dalam segala hal. Memang, manusia tak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Maka dari itu, berusahalah untuk mengajaknya selalu mengingat Tuhan serta menjalankan ibadah.

Kelak ketika putrimu dewasa, ia dapat memilih suami bukan hanya bermodalkan cinta dan hawa nafsu saja. Cinta yang berlandaskan dengan cinta pada Tuhan itu yang utama. Ketika sama-sama mencintai karena Tuhan, dia (Tuhan) pun akan menjaga cinta dua insan.

2. Penuh kasih sayang kepada keluarga

Bro, Kelak 8 Hal Ini Jadi Acuan Putrimu untuk Memilih Calon Suamipexels.com/Pixabay

Tidak ada kehidupan yang indah ketika tidak ada kasih sayang di dalamnya. Meski penyampaiannya sederhana, apapun yang kamu lakukan ketika berlandaskan kasih sayang, rasa itu mudah membekas di jiwa dan memberikan kebahagiaan yang tidak dapat dideskripsikan.

Apalagi perempuan adalah makhluk Tuhan yang mengedepankan perasaan. Ia pun akan memilih sosok suami yang penuh kasih sayang, tak beda jauh dengan ayahnya.

3. Mampu menjalankan kewajiban dan tanggung jawab

Bro, Kelak 8 Hal Ini Jadi Acuan Putrimu untuk Memilih Calon Suamipexels.com/Bas Masseus

Meski kamu bukan direktur atau manager dalam suatu perusahaan, lelaki yang sesungguhnya adalah ia yang mampu menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga.

Tak peduli siapa kamu dan apa pekerjaanmu, nafkahilah keluargamu dengan rezeki yang halal. Lelaki tulen tidak akan pernah menelantarkan anak maupun istrinya. Dan apapun yang terjadi pada setiap anggota keluargamu, kamu harus bisa mengatasinya. Karena itu adalah bagian dari tanggung jawabmu sebagai kepala keluarga.

4. Menjadi singa ketika berada di luar dan menjadi mentari yang menghangatkan ketika berada di dalam

Bro, Kelak 8 Hal Ini Jadi Acuan Putrimu untuk Memilih Calon Suamipexels.com/Josh Willink

Tidak ada masalah jika kamu ingin memiliki ilmu beladiri apapun seperti taekwondo, silat, kungfu dan lainnya. Tapi jangan kamu gunakan untuk menyakiti anak istrimu. Jadilah sosok ayah seperti singa, maksudnya adalah ia yang disegani oleh banyak orang ketika di luar. Namun seperti mentari yang kehangatannya melindungi dari semua sisi saat bersama keluarga.

Baca Juga: 5 Cara Suami Istri Tetap Bisa Romantis Meski Sudah Punya Anak

5. Cerdas dan memiliki wawasan yang luas

Bro, Kelak 8 Hal Ini Jadi Acuan Putrimu untuk Memilih Calon Suamicommonsensemedia.org

Gelar pendidikan tidak selalu menjanjikan jika orang itu cerdas dan memiliki pengalamanan yang luas. Meski kamu telah memiliki peran sebagai ayah yang sibuk karena urusan pekerjaan, luangkan waktumu untuk belajar.

Belajar gak harus sekolah tinggi. Kamu bisa dapatkan ilmu dari mana saja dengan membaca, mengikuti seminar atau training. Jangan malas! Putrimu akan bangga memiliki ayah yang cerdas dan berwawasan luas.

6. Membimbingnya menjadi anak yang baik

Bro, Kelak 8 Hal Ini Jadi Acuan Putrimu untuk Memilih Calon Suamiangeldads.com

Meski secara praktik akan sulit dilakukan, terlebih banyak faktor eksternal yang akan mempengaruhi anak menjadi buruk, namun hal itu tetap harus dilakukan. Oleh karena itu, bimbinglah ia menjadi anak yang baik sejak kecil dengan cara yang tegas.

Tegas bukan berarti ketika ia melakukan kesalahan lantas kamu memarahinya dengan cara yang kasar. Jika sedari kecil ia telah kamu bimbing menjadi anak yang baik, hal itu cukup membentengi diri si anak untuk menjauhi sesuatu yang tidak baik.

7. Konsisten dengan apa yang disampaikan

Bro, Kelak 8 Hal Ini Jadi Acuan Putrimu untuk Memilih Calon Suamifreepik.com

Karena kamu adalah nahkoda dalam keluarga, setiap omongan berupa perintah atau nasihat akan dilakukan oleh setiap anggota keluarga. Oleh karena itu, ketika memberi nasihat usahakan konsisten dengan apa yang telah diucapkan. Jangan jadi ayah yang plin plan! Bagaimana bisa menjalankan kapal sesuai tujuan jika nahkodanya ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

8. Menjadi lelaki yang dihormati sebagai ayah sekaligus teman

Bro, Kelak 8 Hal Ini Jadi Acuan Putrimu untuk Memilih Calon Suamiparenting.com

Memang ketegasan sebagai sosok ayah itu sangat diperlukan. Bukan berarti kamu harus jaga jarak dengan anak agar bisa dihormati. Tetap jadilah ayah sekaligus teman untuk anak-anakmu.

Jadilah pendengar yang baik saat dia sedang keluh kesah, memberikan solusi ketika ia sedang mengalami masalah, senda gurau bersama, dan lakukanlah banyak hal dengan anak seperti seolah kamu adalah sahabat terbaiknya.

Nah, apakah kamu sudah mulai melakukan hal di atas? Cinta pertama anak perempuan adalah ayahnya lho! Berikanlah kehidupan yang terbaik untuk anak perempuanmu. Karena baik buruknya tindakanmu akan berimbas juga dengan sosok pendampingnya kelak.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Pria yang Dekat dengan Ibunya adalah Tipe Suami Idaman

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You