Comscore Tracker

Buat Cowok, 6 Hadis Ini Mengajarimu untuk Memuliakan Perempuan

Sayangi ibumu, sayangi juga istrimu bro

Allah menjadikan manusia berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan. Tentu dalam hal ini terkandung hikmah yang luar biasa, yaitu untuk meneruskan kehiudpan. Karenanya, Islam mengajarkan agar laki-laki dan perempuan saling mencintai dan bergandengan tangan.

Perempuan bagi laki-laki ada kalanya menjadi ibunya, menjadi istri tercintanya, menjadi anaknya, atau menjadi saudari perempuannya. Rasulullah memerintahkan laki-laki untuk memuliakan mereka semua.

Berikut ini, 6 hadis Rasulullah SAW yang mengjarkan kepada laki-laki agar memuliakan perempuan. Yuk, diterapkan guys!

1. Berbaktilah pada ibumu karena surga ada di bawah telapak kakinya

Buat Cowok, 6 Hadis Ini Mengajarimu untuk Memuliakan Perempuantasidola.com

“Datanglah seorang laki-laki kepada Rasulullah saw.. Laki-laki itu bernama Jahimah. Lalu laki-laki itu bertanya, “Wahai Rasulullah, aku ingin berperang, aku ingin meminta pendapatmu.”

Rasulullah pun bertanya kepadanya, “Apakah engkau punya ibu?” Laki-laki itu menjawab, “Iya.” Kemudian Rasulullah memberinya arahan, “Tetaplah bersama ibumu, karena surga ada di bawah kedua kakinya.” (HR. Imam Baihaqi)

Hadis yang pertama ini menjelaskan tentang posisi perempuan sebagai ibu. Ibu sangat mulia. Ibu luar biasa jasanya kepadamu, maka berbaktilah kepadanya. Dengan berbakti, kamu akan mendapat ridanya. Dengan ridanya, kamu bisa mendapatkan surga.

Karena itulah, Rasulullah mengatakan surga ada di bawah telapak kaki ibu.

Kalau ridha bapak? Sama saja kawan. Bapak juga orangtuamu. Kita juga wajib berbakti kepadanya untuk mendapatkan ridanya. Akan tetapi, rida ibu itu lebih utama. Sehingga berbakti pada ibu, berkhidmah pada ibu, juga lebih utama. (Mirqat Al-Mafataih dan Hasyiyah as-Sanadi ala Ibn Majah: 14/225)

2. Sayangi istrimu dengan sepenuh hati, muliakan mereka! Karena hanya orang mulia yang memuliakan seorang istri

Buat Cowok, 6 Hadis Ini Mengajarimu untuk Memuliakan PerempuanFlickr.com/Vietnam Muslim Wedding Studio

“Paling baiknya kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya. Dan aku paling baik untuk keluargaku. Tidak memuliakan perempuan kecuali laki-laki yang mulia. Tidak menghinakan perempuan kecuali laki-laki hina.” (HR. Imam Hakim)

Hadis yang kedua berbicara tentang posisi perempuan sebagai istri. Ya, istri harus dicintai sepenuh hati. Suami yang baik adalah dia yang begitu baik kepada istrinya. Jika dia memuliakan istri, dia laki-laki mulia. Jika dia menghinakan istri, dia laki-laki hina. (at-Taisir Bisyarh Jami’ as-Shaghir: 1/1080).

Baca Juga: Inilah 7 Sifat yang Dimiliki Perempuan Hebat, Apa Saja?

3. Berani mencintai istri karena kelebihannya, juga harus berani menerima semua kekurangannya

Buat Cowok, 6 Hadis Ini Mengajarimu untuk Memuliakan PerempuanUnsplash.com/@ifakhter

“Orang laki-laki mu’min tidak boleh benci pada perempuan mu’min. (Sebab) jika dia membenci suatu budi pekerti darinya, dia (pasti) menyukai budi pekerti yang lain.” (HR. Imam Muslim)

Hadis yang ini juga berbicara tentang posisi perempuan sebagai istri. Bahwa tidak ada perempuan yang sempurna. Laki-laki jugalah. Oleh karenanya, suami tidak boleh membenci istri yang memiliki kekurangan.

Karena selain memiliki kekurangan yang tidak disukai suami, istri juga pasti memiliki kelebihan yang suami sukai. Berani mencintai karena kelebihannya, juga harus berani dong menerima kekurangannya. (Syarh an-Nawawi Ala Muslim: 10/58).

4. Anak perempuan adalah penyejuk jiwa yang tiada tara mahalnya

Buat Cowok, 6 Hadis Ini Mengajarimu untuk Memuliakan PerempuanUnsplash.com/@jule_42

“Janganlah engkau membenci anak perempuan. Karena sesungguhnya mereka adalah sumber bahagia yang mahal harganya.” (Imam Ahmad bin Hambal)

Sebelum Islam datang, anak perempuan itu aib. Kehinaan bagi penduduk Makkah. Karenanya, jika mereka punya anak perempuan, maka akan memendamnya hidup-hidup.

Lalu Islam datang. Islam menghapus tradisi jahiliah itu. Bahkan kata baginda nabi, anak perempuan itu permata yang tiada tara harganya. Anak perempuan itu sumber tawa dan bahagia. (Fayd al-Qadir: 6/544)

5. Barangsiapa yang merawat anak perempuan dengan baik maka akan mendapatkan surga

Buat Cowok, 6 Hadis Ini Mengajarimu untuk Memuliakan PerempuanFlickr.com/manyfires

“Barang siapa yang menanggung nafkah tiga anak perempuan, lalu dia mendidik mereka, menikahkan mereka, dan baik kepada mereka, maka dia akan mendapatkan surga.” (HR. Imam Ahmad bin Hambal)

Tidak hanya sebagai permata, anak perempuan juga pembawa Surga. Jika ada seorang bapak yang tidak menyia-nyiakan anak perempuannya, mendidiknya, menikahkannya, maka Allah akan memberinya pahala yang dapat membawanya menuju surga. (Fayd al-Qadir: 6/230).

6. Barangsiapa yang berbuat baik kepada saudari perempuannya maka akan terselamatkan dari api neraka

Buat Cowok, 6 Hadis Ini Mengajarimu untuk Memuliakan Perempuanhttps://www.flickr.com/photos/jeromestarkey/

“Tidak seorang pun dari umatku yang menanggung nafkah tiga anak perempuan atau tiga suadari perempuan, lalu dia memperlakukannya dengan baik kecuali mereka akan menjadi tameng baginya dari api neraka.” (HR. Imam Suyuthi)

Hadis yang terakhir ini untuk saudara laki-laki. Bahwa mereka memiliki tanggung jawab pada saudari perempuannya. Jika dia memperlakukannya dengan baik maka Allah akan memberinya balasan yang berupa diselamatkan dari api neraka. (al-Jami as-Shaghir: 2/250)

Itulah beberapa penjelasan tentang sikap laki-laki kepada perempuan yang diajarkan baginda Nabi Muhammad SAW. Laki-laki haruslah memuliakan perempuan sesuai posisinya masing-masing.

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Akan Dikatakan Cowok Dewasa ke Pasangannya

Saifuddin Syadiri Photo Community Writer Saifuddin Syadiri

Seorang murid yang ingin dibanggain guru-gurunya. Seorang anak yang ingin dibanggain mamak-bapaknya. Seorang kakak yang ingin dibanggain adik-adiknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 15:15:05

Progress: 767.738 dari 813.350 TPS (94.39208%)

Just For You