Comscore Tracker

5 Self Care yang Bisa DIterapkan di Kantor supaya Gak Stres

Kebiasaan baik yang perlu kamu lakukan

Sebagai karyawan yang berkutat dengan pekerjaan pada rutinitas sehari-hari tentunya akan menghadapi berbagai macam hal yang bisa membuatmu rentan stres. Hingga akhirnya malah bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu sendiri saat kamu tidak bisa mengatasinya dengan baik.

Maka agar kamu tidak mengalami hal tersebut, kamu perlu melakukan self care atau perawatan diri sendiri di kantor. Nah, kamu bisa menerapkan lima kebiasaan self care ini agar kesehatan mentalmu dapat terjaga dengan baik. 

1. Tidak melewatkan jam istirahat untuk me-refresh pikiran, menjaga kondisi fisik, dan emosional

5 Self Care yang Bisa DIterapkan di Kantor supaya Gak Stresilustrasi makan di jam istirahat (pexels.com/Mikhail Nilov)

Pekerjaanmu memang banyak, namun bukan berarti kamu memforsir dirimu secara berlebihan sehingga melupakan kondisi tubuhmu sendiri. Karena rasa lelah akan datang saat kamu terus-menerus bekerja tanpa henti. Belum lagi kondisi emosionalmu juga akan ikut terpengaruh karenanya. Maka jangan pernah melewatkan jam istirahat saat bekerja di kantor. Usahakan untuk menikmati makan siang favoritmu dan tidak memikirkan pekerjaan saat sedang istirahat.

Jika perlu sempatkan diri untuk tidur siang setelah makan dengan memanfaatkan sisa jam istirahatmu. Self care seperti itu akan membantumu untuk bisa me-refresh pikiran dan menjaga kondisi badanmu. Mood kamu juga akan terjaga dengan baik sehingga stabil secara emosional. Dengan begitu energimu akan penuh kembali selepas jam istirahat sehingga bisa kembali produktif bekerja. 

2. Meminta bantuan saat kamu merasa tidak mampu setelah berusaha secara maksimal

5 Self Care yang Bisa DIterapkan di Kantor supaya Gak Stresilustrasi meminta bantuan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tidak masalah saat kamu berusaha untuk bekerja dengan maksimal dan sebaik mungkin. Namun, bukan berarti kamu memaksakan dirimu untuk berpikir keras saat ada sesuatu yang sulit untuk diselesaikan, baik dalam hal pekerjaan atau masalah yang terjadi di kantor. Karena hal tersebut hanya akan membuatmu stres dan membuang waktumu karena berkutat pada satu hal yang sebenarnya tidak bisa kamu cari solusinya. Maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan saat kamu merasa sudah tidak sanggup lagi. 

Tidak perlu gengsi atau malu karena hal tersebut demi kebaikan dirimu sendiri, apalagi terlalu overthinking pada orang lain juga tidak baik untuk kamu lakukan. Belum tentu mereka berpikir kamu lemah karena meminta bantuan. Self care seperti itu menandakan kamu menyayangi dirimu dan tahu batas-batas ketidakmampuan dirimu sendiri. Karena jika kamu memaksakannya, kamu yakin itu tak baik untuk dirimu. 

3. Jujur pada diri sendiri dan berani untuk menolak saat kamu merasa sudah kewalahan dan keteteran

5 Self Care yang Bisa DIterapkan di Kantor supaya Gak Stresilustrasi bicara dengan bos (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Semua orang tentu memiliki kapasitas dan batas saat mengerjakan suatu pekerjaan. Nah jika di suatu masa kamu sudah merasa kewalahan dan keteteran, namun atasan memberikan pekerjaan tambahan. Maka kamu harus jujur pada dirimu sendiri jika kamu sudah tidak sanggup memikul tambahan beban pekerjaan lagi. Kemudian beranikan dirimu untuk menolaknya.

Yang terpenting kamu melakukannya secara sopan dan mengatakan alasan kenapa kamu tidak bisa menerimanya. Jika misalnya kamu memilih untuk menyanggupinya selama diberikan batas tambahan waktu deadline, maka katakan hal tersebut kepada atasanmu. Self care yang kamu lakukan tersebut merupakan tanda bahwa kamu tahu kapasitas diri dan memahami situasi yang sedang kamu hadapi dengan baik demi kebaikan drimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Energi Biar Gak Mudah Stres

4. Tidak perlu menyangkal segala emosi yang kamu rasakan

5 Self Care yang Bisa DIterapkan di Kantor supaya Gak Stresilustrasi laki-laki sedang stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan pernah menyangkal segala emosi yang kamu rasakan, sekalipun itu emosi yang negatif. Misalnya, rasa sedih saat pekerjaan yang kamu lakukan dengan maksimal ternyata masih kurang baik di mata atasan. Atau rasa kecewa saat proyek yang kamu kerjakan gagal dan tidak bisa memenuhi ekspektasi yang diharapkan oleh atasan. Self care dengan menerima perasaan yang ada menandakan kamu mencintai dirimu.

Karena menyangkal justru akan memperburuk keadaan, baik dengan atasan maupun kondisi mentalmu sendiri apabila kamu selalu merasa benar dan tidak mau menerima kenyataan. Maka jangan lakukan itu demi kebaikanmu sendiri. Terima kondisi yang ada sebagai pembelajaran diri sehingga kamu bisa mengevaluasi dirimu dan berusaha lebih baik lagi ke depannya.

5. Mengapresiasi diri akan setiap keberhasilan target dan pencapaian yang kamu lakukan

5 Self Care yang Bisa DIterapkan di Kantor supaya Gak Stresilustrasi merasa bangga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sayangi dirimu dengan mengapresiasi setiap keberhasilan target yang sudah kamu tetapkan, termasuk pencapaian yang berhasil kamu lakukan. Karena itu menandakan kamu menghargai dirimu dan usahamu selama ini. Belum lagi membahagiakan diri sendiri akan menimbulkan rasa nyaman dan bangga akan setiap hal positif yang terjadi.

Jangan pernah merasa tidak puas dan menganggap pencapaian kecil sebagai hal yang biasa. Jaga kesehatan mentalmu dengan selalu mensyukuri segala hal yang terjadi tanpa selalu merasa kurang akan hal-hal yang sebenarnya telah kamu capai walau terbilang kecil. Namun, itu menandakan kamu mulai maju dan berkembang walau hanya sedikit demi sedikit.

Tumpukan pekerjaan yang banyak, masalah yang datang secara tiba-tiba, hingga menghadapi tuntutan atasan yang tinggi merupakan beberapa hal yang menjadi tantangan yang harus dilewati olehmu yang bekerja. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan self care atau perawatan diri sendiri di kantor agar kamu gak stres menghadapi hal tersebut dan kesehatan mentalmu juga dapat terjaga dengan baik selama bekerja. Maka lakukanlah lima kebiasaan self care di atas. 

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Masalah dengan Tenang, biar Gak Gampang Stres

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya