Comscore Tracker

Duit Cepat Habis? Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Keuanganmu Bisa Stabil

Bijaklah mengatur keuangan, Bro! #IDNTimesMen

Memiliki finansial yang stabil merupakan impian dari setiap orang, termasuk para pria. Namun hal tersebut sangat susah didapatkan karena perilaku manusia yang cenderung konsumtif. Kebiasaan tersebut haruslah dihilangkan karena hanya akan menguras isi dompetmu sampai habis.

Ada beberapa kebiasaan yang harus dibuang agar keuanganmu bisa stabil. Kebiasaan ini biasanya juga akan menghilangkan kenyamanan yang sebelumnya telah ada. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan lengkapnya berikut ini. Baca sampai habis kalau gak mau isi dompet makin tipis!

1. Berhenti mengikuti tren yang dapat menguras isi dompet

Duit Cepat Habis? Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Keuanganmu Bisa StabilIlustrasi uang (unsplash.com/Jp Valery)

Tidak bisa dipungkiri bahwa di dunia yang serba digital ini dapat memudahkan penyebaran tren gaya hidup. Hal itu dapat mendorong seseorang untuk mengikutinya hanya berlandaskan mendapat pengakuan sebagai orang yang mengikuti tren. Namun, hal itu juga akan membuat keadaan finansial kamu menjadi tak terkendali.

Sebenarnya tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mengikuti tren yang ada. Namun, yang harus diingat adalah kamu gak bisa melakukan hal tersebut secara berlebihan karena memerlukan banyak dana. Cobalah untuk bergaya hidup sesuai isi dompet agar tidak sengsara.

2. Jangan sering tergiur dengan adanya promo diskon

Duit Cepat Habis? Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Keuanganmu Bisa StabilIlustrasi belanja online (unsplash.com/rupixen.com)

Di setiap online marketplace yang ada, pasti terdapat promo diskon yang dapat membangkitkan jiwa konsumtif kamu. Hal itu dapat mendorong kamu untuk berbelanja secara membabi buta tanpa memerhatikan keadaan finansial. Jika kamu terbiasa melakukan hal itu, cobalah untuk berhenti mulai dari sekarang. 

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. Begitu juga dalam hal berbelanja, kamu harus memiliki batasan agar tidak ada blunder yang terjadi. Gunakan aplikasi belanja online dengan bijak, kalau memang uang sedang berlebih tidak ada salahnya membelanjakan hal lain di luar kebutuhan dan kemampuan. Tapi tetap ingat belanjakan dengan bijak.

3. Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan self reward

Duit Cepat Habis? Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Keuanganmu Bisa StabilIlustrasi belanja (Pexels.com/Erik Mclean)

Memberikan self reward merupakan sebuah hal yang bertujuan untuk mengapresiasi diri sendiri karena telah berjuang tanpa lelah. Namun, sekali lagi ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik. Begitu juga dalam memberikan self reward, perlu adanya batasan agar tidak menguras isi kantong.

Hal itu juga akan membuatmu memiliki gaya hidup buruk yaitu boros. Dengan adanya hal tersebut cobalah untuk berhenti melakukannya secara berlebihan agar dompet kamu tetap terisi sesuai semestinya. Ingatlah bahwa kamu gak boleh berlindung pada kata self reward untuk menutupi perilaku borosmu!

Baca Juga: Baru Pertama Gajian? Ini 5 Kesalahan Keuangan yang Bikin Kamu Boncos

4. Membiasakan diri untuk tidak membawa banyak uang di dompet

Duit Cepat Habis? Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Keuanganmu Bisa StabilIlustrasi dompet (unsplash.com/Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk)

Membawa banyak uang di dompet akan mendorongmu untuk bertindak boros. Hal itu karena akan ada banyak godaan ketika sedang nongkrong atau pergi ke pusat-pusat perbelanjaan. Ketika ada banyak uang di dompet, kamu pasti akan dengan mudah memakainya.

Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri dengan menggunakan virtual account. Percayalah, bahwa hal tersebut pasti akan mengurangi kebiasaan borosmu yang sebelumnya tidak bisa dikuasai hanya karena mudah tergoda.

5. Batasi penggunaan uang harian dengan ketat

Duit Cepat Habis? Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Keuanganmu Bisa StabilIlustrasi uang (unsplash.com/Artem Beliaikin)

Membatasi penggunaan uang harian merupakan salah satu langkah efektif agar keuanganmu bisa stabil. Kamu hanya perlu memberikan batasan uang yang akan dikeluarkan pada hari itu. Jika sudah habis, berarti pengeluaranmu saat itu pun ikut terhenti pula.

Dengan adanya hal tersebut kamu dituntut untuk bisa survive dengan keuangan yang terbatas itu. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk menyisihkan beberapa lembar uang hanya untuk satu hari secara penuh. Cobalah simpan sisa uangmu di tempat-tempat yang susah dijangkau agar gak bisa diambil jika jatah sudah habis.

Itulah lima kebiasaan yang harus dihilangkan agar kondisi keuanganmu bisa stabil. Cobalah untuk lebih disiplin dalam masalah keuangan karena hal tersebut memberikan pengaruh besar terhadap kebahagiaan hidupmu.

Baca Juga: 5 Kegiatan Berlebihan yang Bisa Memengaruhi Kestabilan Finansial

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya