Comscore Tracker

Boys, Ini 5 Cara Atasi Sunburn, Kulit Gak Lagi Kemerahan!

Buat kamu yang suka olahraga di luar ruangan, wajib simak!

Paparan sinar matahari yang terlalu terik dan intens terhadap kulit bisa mengakibatkan kondisi kulit mengalami sunburn. Ini merupakan efek samping akibat teriknya sinar matahari, sehingga efek terbakar menempel pada kulit kita.

Kulit kemerahan, gatal dan iritasi, bisa menjadi pertanda awal dari terjadinya sunburn. Biasanya sunburn kerap terjadi saat terlalu lama terpapar sinar matahari ketika berolahraga di luar ruangan.

Jika kamu mengalaminya, coba atasi dengan melakukan lima hal di bawah ini, bro!

1. Hindari paparan sinar matahari langsung 

Boys, Ini 5 Cara Atasi Sunburn, Kulit Gak Lagi Kemerahan!unsplash.com/@poodar

Setelah mengetahui kondisi kulitmu mengalami sunburn, jangan membiarkan kulit kembali terpapar sinar matahari langsung ya, bro. Karena sinar matahari bisa membuat kondisi kulit semakin parah dan menimbulkan efek iritasi dengan sensasi perih hingga panas. Sebaiknya, beristirahatlah di ruangan tertutup yang sejuk. 

2. Aplikasikan pelembap ke seluruh permukaan kulit

Boys, Ini 5 Cara Atasi Sunburn, Kulit Gak Lagi Kemerahan!unsplash.com/@deannaalys

Kulit merah akibat sunburn bisa diatasi dengan cara mengaplikasikan pelembap ke seluruh permukaan kulit yang mengalami sunburn. Gunakan pelembap yang bebas alkohol agar tidak menimbulkan efek samping lainnya.

Kalau bisa, pilih pelembap alami seperti potongan timun, minyak kelapa, gel aloe vera langsung dari tumbuhannya, dan bahan alami lainnya. Namun, jika ingin menggunakan bahan alami, pastikan kamu tidak memiliki alergi dengan bahan tersebut ya.

3. Mandi beberapa kali dalam sehari

Boys, Ini 5 Cara Atasi Sunburn, Kulit Gak Lagi Kemerahan!unsplash.com/@sangroha

Mandi beberapa kali dalam sehari disarankan agar kulit kembali mendapatkan kelembapannya. Cara mandi yang dianjurkan adalah mengguyur badan dengan air sebanyak-banyaknya, tanpa perlu membersihkan tubuh dengan sabun.

Hal itu dilakukan karena sabun bisa membuat kulit semakin kering. Tapi, jangan lantas berinisiatif untuk berendam di air dingin atau di bathtub ya, sebab itu bisa membuat kulit kaget akan perubahan suhu drastis yang terjadi. 

Baca Juga: 7 Fakta Penting Sunburn, Kulit yang Terbakar Matahari

4. Gunakan pakaian longgar yang berbahan katun

Boys, Ini 5 Cara Atasi Sunburn, Kulit Gak Lagi Kemerahan!unsplash.com/@ashkfor121

Supaya kulit yang terkena sunburn tadi bisa kembali pulih dan normal, coba gunakan pakaian longgar yang berbahan katun. Pakaian yang longgar akan memberi kulit ruang untuk bernapas dan bahan katun bisa membantu penyerapan keringat secara maksimal.

Jadi, kulit yang sedang bermasalah tidak semakin parah karena kondisi keringat kulit atau hawa panas karena bahan pakaian yang tidak nyaman. 

5. Konsumsi air putih yang banyak

Boys, Ini 5 Cara Atasi Sunburn, Kulit Gak Lagi Kemerahan!unsplash.com/@steve_j

Salah satu cara terbaik untuk mengembalikan kelembapan kulit dan menyembuhkan sunburn adalah mengonsumsi air putih yang banyak. Air putih akan menghidrasi tubuh dan kulit, sehingga sensasi panas terbakar atau iritasi kemerahan bisa berangsur hilang.

Agar kulitmu terhindar dari iritasi atau kondisi yang semakin parah, jangan sepelekan kondisi sunburn kulit dan segera atasi dengan tips tadi, bro. Jika masih belum ada perubahan, pastikan kamu menghubungi dokter dan mendapat tidakan medis yang tepat ya.

Baca Juga: Sering Gak Sadar, Ini 5 Kondisi Saat Bibirmu Terkena Sunburn!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya