Comscore Tracker

5 Hal Kecil Ini Ternyata Bisa Merusak Rambutmu, Jangan Lakukan Ya!

#IDNTimesMen coba disimak, kamu sering melakukannya gak nih?

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang penting bagi cowok. Karena itulah cowok kerap melakukan perawatan rambut agar tidak rusak dan untuk menunjang penampilan. 

Tapi, tahukah kamu, rambutmu bisa rusak dan gak sehat ketika melakukan beberapa kebiasaan sederhana yang sering kamu lakukan? Bahkan, terkadang kamu tak sadar bahwa kebiasaan-kebiasaan sederhana itu malah bisa berbahaya bagi rambut. 

Penasaran kebiasaan apa saja yang dapat membuat rambutmu rusak? Biar gak terus terulang, cari tahu apa saja hal kecil yang bisa merusak rambut berikut ini, yuk!

1. Menggosok rambut menggunakan handuk setelah keramas 

5 Hal Kecil Ini Ternyata Bisa Merusak Rambutmu, Jangan Lakukan Ya!unsplash.com/NeONBRAND

Mengeringkan rambut setelah keramas dengan cara menggosoknya menggunakan handuk itu bukan hal yang benar, lho! Kebiasaan ini dapat menimbulkan rambut bercabang dan mudah rontok. Apalagi kalau kamu melakukannya saat rambut masih basah. Wah, bisa makin memperburuk kondisi rambutmu, Bro. 

2. Memakai sampo terlalu banyak saat keramas

5 Hal Kecil Ini Ternyata Bisa Merusak Rambutmu, Jangan Lakukan Ya!max3.com.au

Memakai sampo terlalu banyak saat keramas tak menjamin kebersihan rambutmu. Kebiasaan ini juga gak membuat rambutmu wangi seharian. Karena itulah, sebaiknya pakai sampo secukupnya, agar tidak membuat rambut kering dan kehilangan minyak alaminya.

Daripada menggunakan sampo yang banyak ketika keramas, kamu bisa menggunakan kondisioner sebagai alternatif untuk membersihkan rambut secara maksimal. Selain itu, gunakan masker rambut biar rambutmu wangi, sehat dan kuat.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Rambut untuk Pria, Mudah Tanpa Repot!

3. Membiarkan rambut terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama

5 Hal Kecil Ini Ternyata Bisa Merusak Rambutmu, Jangan Lakukan Ya!unsplash.com/Toa Heftiba

Kamu termasuk cowok yang suka melakukan kegiatan outdoor? Kalau kamu suka kegiatan outdoor sebaiknya jangan sering membiarkan rambutmu terpapar sinar matahari terlalu lama. Alasannya, paparan sinar matahari bisa membuat rambutmu kehilangan kelembapan dan menjadi kering. Bahkan, sinar matahari bisa mengubah pigmentasi warna rambut. 

Jadi, kalau ingin berkegiatan di luar ruangan, sebaiknya kenakan topi atau penutup kepala lain, ya! Jangan sampai lupa, Bro. 

4. Sering menggunakan air dingin atau air hangat saat keramas

5 Hal Kecil Ini Ternyata Bisa Merusak Rambutmu, Jangan Lakukan Ya!unsplash.com/Bee Naturalles

Jika kamu ingin keramas, gunakan air dengan suhu normal atau sesuai suhu ruang. Jangan menggunakan air yang terlalu dingin atau terlalu panas untuk keramas. Mengapa? Air hangat bisa menghilangkan minyak alami rambut yang berperan sebagai penjaga kelembapan rambut. Sedangkan air dingin bisa menutup pori-pori kulit kepala. Sehingga sangat rentan menimbulkan komedo dan debu halus atau kotoran menumpuk. 

5. Berlebihan dalam mengaplikasikan produk styling rambut 

5 Hal Kecil Ini Ternyata Bisa Merusak Rambutmu, Jangan Lakukan Ya!unsplash.com/Lumin

Pemakaian pomade, gel rambut, atau hair spray, terlalu banyak juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut lho, Bro. Apalagi jika kamu menggunakannya secara bersamaan. Tentu hal tersebut sangat tidak disarankan. Selain bisa membuat tekstur rambut menjadi lebih kaku dan kasar, kandungan bahan yang ada dalam produk styling juga akan menyebabkan ketombe dan mempercepat munculnya uban.  

Mulai sekarang, usahakan untuk tidak mengulangi kebiasaan-kebiasaan seperti tadi, ya. Karena kalau tidak, bisa-bisa rambutmu rusak dan perlu usaha ekstra untuk mengembalikan keindahannya, Bro. 

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rambut Lepek dengan Cepat, Gak Usah Minder Lagi

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya