Comscore Tracker

5 Masker Rambut Alami Ini Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah

Siap bikin rambutmu jadi makin sehat dan mengkilap!

Ada banyak perawatan rambut yang bisa dilakukan di rumah. Demi menunjang penampilan, kamu harus rajin memberi perhatian khusus kepada mahkota kepala tersebut. Gak perlu ke salon mahal, tapi kamu juga bisa menggunakan masker rambut alami yang dibikin sendiri di rumah. 

Ini dia 5 masker rambut alami yang wajib kamu coba. Catat baik-baik, Bro!

1. Masker minyak zaitun dan minyak almond

5 Masker Rambut Alami Ini Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumahpixabay.com/stevepb

Mendambakan rambut yang berkilau dan kuat? Kamu bisa coba bahan masker yang satu ini deh, guys! Kamu bisa mendapatkan rambut yang indah dengan bantuan masker rambut dari minyak zaitun dan minyak almond. Kedua minyak tersebut akan memberikan kilau alami pada rambut dan memperkuat akar rambut, sehingga tidak mudah rontok dan patah.

Cara membuatnya pun gampang. Kamu tinggal campurkan minyak zaitun dan minyak almond dalam satu wadah. Lalu aplikasikan ke seluruh rambut dan pijat kepalamu agar minyak meresap hingga ke dalam akar. Setelah selesai, biarkan hingga 2 jam, kemudian bilas dengan air. 

2. Masker madu dan minyak jarak

5 Masker Rambut Alami Ini Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumahpexels.com/@pixabay

Tidak hanya rasanya yang manis, namun madu juga bisa membuat rambutmu jadi lebih indah. Madu alami bisa kamu campur dengan minyak jarak untuk jadi masker rambut. Madu sendiri memiliki fungsi sebagai pencegah rambut rontok dan bercabang. So, kamu gak akan merasa khawatir akan kebotakan dini kalau rajin pakai masker yang satu ini, Bro!

Baca Juga: 5 Masker Rambut Alami yang Bisa Kamu Coba di Rumah, Gak Perlu Mahal!

3. Masker kentang dan aloe vera gel

5 Masker Rambut Alami Ini Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumahunsplash.com/@lmablankers

Pusing dengan kondisi rambut yang rusak dan rapuh? Coba saja gunakan campuran bahan kentang dan aloe vera gel. Kentang memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk, sehingga dapat menutrisi rambutmu secara maksimal. Kamu hanya perlu memarut kentang dan memerasnya agar sari kentangnya keluar. Kemudian, campur dengan aloe vera gel yang akan berfungsi menghidrasi rambut.

4. Masker telur dan susu

5 Masker Rambut Alami Ini Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumahunsplash.com/@louishansel

Telur dan susu sama-sama memiliki kandungan protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Selain itu, telur dan susu juga bisa memberi nutrisi sekaligus perlindungan dari berbagai masalah rambut. Masker ini juga cocok untuk cowok pemilik rambut bergelombang, yang ingin meluruskan rambutnya secara alami.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu tinggal mencampur telur, susu, dan tambahan berupa air lemon, serta minyak zaitun. Lalu, oleskan camputan tadi ke rambut dengan memijat kepalamu. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian kamu harus membilasnya dengan air hingga bersih.

5. Masker bawang bombay dan ekstrak tea tree 

5 Masker Rambut Alami Ini Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumahunsplash.com/@anniespratt

Tidak hanya membuat makanan jadi lezat, bawang bombay ternyata memiliki banyak manfaat untuk rambut. Seperti, mempercepat proses pertumbuhan rambut, menghilangkan ketombe di kulit kepala, dan mencegah rambut rontok.

Untuk membuat masker rambutnya, haluskan bawang bombay lalu aplikasikan pada rambut. Jika sudah, diamkan selama 10 menit. Kamu juga bisa menggunakan ekstrak tea tree untuk meminimalisir bau kurang sedap dari bawang.

Nah, itu tadi 5 masker rambut alami yang bisa jadi nutrisi tambahan untuk rambutmu. Sebelum mencobanya, pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang ingin digunakan ya, Bro!

Baca Juga: Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambut

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya