Comscore Tracker

5 Tips Penting Merawat Rambut Telinga, Bikin Kamu Makin Percaya Diri!

Pastikan kamu berhati-hati saat mencukur bagian ini ya, Bro!

Meski tidak terlihat seperti rambut kepala, kumis atau brewok, rambut telinga ternyata juga bisa mempengaruhi penampilanmu, lho. Karena itulah walau jarang yang melihatnya, rambut telinga ini jangan lupa untuk dirawat. 

Penasaran gimana cara merawatnya? Keep scrolling, Bro!

1. Cukur rambut telinga jika sudah terlihat terlalu panjang 

5 Tips Penting Merawat Rambut Telinga, Bikin Kamu Makin Percaya Diri!unsplash.com/@robertlazar

Jangan ragu untuk mencukur rambut telinga jika kamu sudah tidak nyaman dan keberadaannya kian mencolok akibat ukuran rambut yang terlalu panjang. Namun, kamu harus ingat, agar tidak mencukurnya terlalu pendek. Sebab, rambut tersebut memiliki fungsi untuk menyaring kotoran agar tidak menumpuk dan bebas masuk tanpa 'filter' ke dalam lubang telinga. Selain itu, jika kamu mencukurnya terlalu pendek, bisa menyebabkan iritasi dan kulit telinga jadi rentan terkena bakteri. 

2. Hindari penggunaan penjepit atau gunting untuk merapikan rambut telinga

5 Tips Penting Merawat Rambut Telinga, Bikin Kamu Makin Percaya Diri!unsplash.com/@marvelous

Perlu dicatat, bahwa mencukur rambut telinga tidak bisa dilakukan dengan gunting biasa. Yup, kamu butuh gunting khusus dengan bagian ujung berbentuk lingkaran. Gunting khusus ini mirip seperti gunting khusus yang juga dipakai untuk mencukur rambut hidung. Dengan alat yang aman, risiko terluka atau hal lain yang tidak diinginkan juga semakin kecil terjadi. 

Baca Juga: Bro, Begini 5 Cara Atasi Kemerahan pada Kulit Wajah yang Sensitif

3. Bersihkan sisa rambut dengan kain basah 

5 Tips Penting Merawat Rambut Telinga, Bikin Kamu Makin Percaya Diri!unsplash.com/@vhladynets

Setelah mencukurnya, kamu bisa membersihkan sisa potongan rambut telinga dengan bantuan tisu atau kain basah. Jangan mengambilnya secara langsung. Ini karena rambut sisa mencukur tadi kemungkinan besar akan masuk ke dalam lubang telinga jika terkena benda dengan permukaan kering. Hal itu sangat berbahaya bagi telinga lho, Bro. 

Lalu, bagaimana cara mengambilnya? Kamu cukup seka potongan rambut sisa mencukur tadi secara halus. Kamu juga bisa memakai cotton bud yang sudah diberi air, sehingga sisa rambut telinga bisa menempel dan mudah dibersihkan. 

4. Jangan lupa bersihkan permukaan atau bagian luar telinga 

5 Tips Penting Merawat Rambut Telinga, Bikin Kamu Makin Percaya Diri!unsplash.com/@alekversusworld

Bagian luar telinga pun harus dibersihkan lho, Bro. Jangan sampai lekukan luar telinga menjadi tempat debu dan sisa kotoran maupun tempat sisa sabun mengendap. Gunakan baby oil agar telinga tidak merah dan perih saat dibersihkan. Kamu wajib membersihkan bagian luar telinga ini minimal satu kali seminggu. Ini karena kotoran, debu, atau sisa sabun bisa menumpuk setiap harinya. 

5. Jaga kebersihan aksesori telinga

5 Tips Penting Merawat Rambut Telinga, Bikin Kamu Makin Percaya Diri!unsplash.com/@andrea_dibi

Kamu suka pakai anting atau memiliki beberapa tindikan di telinga? Jika iya, maka harus ekstra melakukan perawatan telinga, Bro. Menjaga kebersihan anting dan tindik sangatlah penting. Hal ini karena anting dan tindik bisa menjadi tempat sempurna bagi bakteri dan kotoran menempel. Kalau dibiarkan, bukan hanya iritasi yang bisa muncul, namun juga dapat menyebabkan aroma tidak sedap. Ini karena jamur yang tanpa kamu sadari bersembunyi di balik aksesori tersebut. 

Selain untuk menyulap penampilan jadi lebih keren dan rapi, perawatan rambut telinga juga harus rutin kamu lakukan demi alasan kesehatan. Tapi, pastikan kamu juga memperhatikan cara-cara yang tepat ya, saat merapikannya. Agar tetap aman dan gak menimbulkan efek samping yang tak terduga, Bro.

Baca Juga: 5 Tahap Night Skincare Routine untuk Kulit Kombinasi, Jangan Salah!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya