Comscore Tracker

5 Bahan Dapur yang Bisa Dipakai untuk Cegah Rambut Rontok, Catat Bro!

Bahan dapur murah meriah untuk obat rambut #IDNTimesMen

Apa kamu sering melihat rambut rontok di tempat tidur? Atau mungkin pada saat kamu keramas? Hal ini wajar terjadi, karena seiring bertambahnya usia, kekuatan rambut mengalami penurunan, sehingga gampang rontok dan patah. 

Selain faktor usia, faktor eksternal seperti stres yang berkepanjangan dan pola makan yang buruk juga menjadi penyebab rambut rontok. Apabila tidak ditangani dengan tepat, maka akan mengalami kebotakan. 

Kamu tidak perlu membeli obat rambut dengan harga yang fantastis. Cukup dengan menggunakan bahan-bahan dapur berikut, maka rambut akan jauh lebih kuat dan sehat. Penasaran? Simak pembahasannya sampai bawah!

1. Minyak zaitun

5 Bahan Dapur yang Bisa Dipakai untuk Cegah Rambut Rontok, Catat Bro!Ilustrasi minyak zaitun (pixabay.com/stevepb)

Bahan dapur pertama yang memiliki segudang manfaat untuk rambut adalah minyak zaitun. Tidak hanya baik pada bahan masakan, minyak zaitun juga baik pada pertumbuhan serta membuat rambut menjadi lebih bersinar. 

Kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun, akan mengunci keratin di dalam rambut, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan berkilau. 

Untuk mendapat khasiat ini, buatlah masker rambut dengan mencampurkan 4 sendok makan minyak zaitun dengan madu dan kuning telur, kemudian aplikasikan ke rambut sebanyak 2 kali dalam seminggu selama 30 menit dan lihat hasilnya.

2. Santan

5 Bahan Dapur yang Bisa Dipakai untuk Cegah Rambut Rontok, Catat Bro!Ilustrasi santan (Pexels/Tijana Drndarski)

Bahan dapur yang biasa digunakan para ibu untuk membuat opor ayam ini ternyata memiliki manfaat untuk melembapkan kulit kepala. Faktanya, sejumlah sampo dan kondisioner menggunakan kelapa sebagai bahan utamanya yang bermanfaat untuk melembapkan kulit kepala dan memperkuat akar rambut untuk mencegah kerontokan. 

Untuk mengembalikan kondisi kulit kepala, cobalah untuk menggunakan santan dengan pijatan ringan dan biarkan selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan menggunakan air mengalir.

3. Cuka apel

5 Bahan Dapur yang Bisa Dipakai untuk Cegah Rambut Rontok, Catat Bro!Ilustrasi cuka apel (freepik.com/rawpixel-com)

Selain untuk membuat daging menjadi empuk dan menambah kesegaran pada salad, cuka apel juga mempunyai segudang manfaat untuk kulit kepala, khususnya rambut.Cuka apel memiliki fungsi untuk mencegah penyumbatan pada folikel rambut yang menghalangi proses pertumbuhan, serta merangsang kulit kepala untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan mendorong pertumbuhan rambut. 

Caranya menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan membasuh kulit kepala dengan campuran cuka apel dan air sembari dipijat ringan. Kemudian, bilas dengan air mengalir. 

Baca Juga: Patut Dicoba, 5 Perawatan Mudah untuk Pria dengan Rambut Keriting

4. Lidah buaya

5 Bahan Dapur yang Bisa Dipakai untuk Cegah Rambut Rontok, Catat Bro!Ilustrasi lidah buaya (Pexels/Cintia Siqueira)

Walaupun bukan termasuk bahan/bumbu dapur, lidah buaya mampu memperkuat dan mencegah kerontokan pada rambut. Hal ini bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa lidah buaya memang ampuh untuk memperkuat akar rambut dan menenangkan kulit kepala.

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berperan aktif dalam mengganti sel, meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat, dan membuat rambut berkilau alami. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk membersihkan sebum yang menyumbat folikel, sehingga membuat rambut tumbuh subur dan sempurna. 

Adapun cara menggunakannya adalah cukup ambil lidah buaya, kemudian usapkan bagian yang bening (gel) pada permukaan kulit kepala. Setelah itu, pijat ringan lalu diamkan untuk beberapa menit dan bilas dengan air mengalir atau menggunakan sampo. 

5. Bawang putih

5 Bahan Dapur yang Bisa Dipakai untuk Cegah Rambut Rontok, Catat Bro!Ilustrasi bawang putih (Pexels/Karolina Grabowska)

Bahan dapur terakhir yang bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok adalah bawang putih. Bawang putih mengandung banyak mineral dan vitamin yang secara natural dapat mengatasi kebotakan. Selain itu, menggunakan bawang putih secara rutin juga dapat memperkuat akar rambut yang masih ada di kulit kepala dan membuat rambut menjadi subur. 

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu cukup hancurkan satu siung bawang putih dengan blender. Kemudian, aplikasikan dengan pijatan ke seluruh kulit kepala. Diamkan untuk beberapa menit dan bilas menggunakan air mengalir.

Itu tadi lima bahan dapur yang dapt dijadikan obat untuk mencegah kerontokan serta memperkuat akar rambut. Coba yuk diaplikasikan!

Baca Juga: Mudah dan Murah, 6 Langkah Perawatan Rambut Pria di Rumah

Ananda Muh Photo Writer Ananda Muh

Hai Saya Nanda. Saya seorang Creative Content Writer yang senang berkolaborasi. Terus baca artikel menarik saya yang lainnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya