Comscore Tracker

5 Kesalahan Saat Menggunakan Toner, Bisa Bikin Kulit Beruntusan!

Cek sekarang biar perawatanmu gak sia-sia

Sebelum menggunakan pelembap atau moisturizer, penting juga buat pria mengenakan toner. Toner merupakan salah satu produk skincare yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. 

Namun, jika kulit wajamu jadi beruntusan karena memakai toner, bisa jadi ada kesalahan saat kamu mengaplikasikannya. Gak mau kan masalah ini terus terjadi? Yuk, simak 5 kesalahan saat memakai toner yang perlu kamu hindari berikut ini, ya!

1. Tidak mencuci muka terlebih dahulu

5 Kesalahan Saat Menggunakan Toner, Bisa Bikin Kulit Beruntusan!Ilustrasi pria sedang mencuci wajah (unsplash/Lumin)

Kesalahan pertama yang harus dihindari ketika akan mengaplikasikan toner adalah tidak mencuci muka terlebih dahulu. Memastikan kulit bersih sebelum pemakaian toner merupakan suatu keharusan. Sebab, kulit yang bersih dapat menyerap dan memaksimalkan produk toner yang kamu gunakan.

Oleh karena itu, kamu harus mencuci muka terlebih dahulu ya sebelum memakainya. Pilih juga pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit supaya hasilnya bagus dan tidak menambah efek buruk untuk kulit.

2. Menggunakan jenis toner yang salah

5 Kesalahan Saat Menggunakan Toner, Bisa Bikin Kulit Beruntusan!Ilustrasi pria yang sedang memegang produk skincare yang memiliki kandungan Tea Tree Oil (Pexels.com/cottonbro)

Buat kamu yang baru belajar pakai skincare, biasanya lebih mudah tergoda membeli skincare dengan review yang bagus dari para influencer. Padahal belum tentu produk yang mereka review cocok di kulit kita, Bro!

Penggunaan produk toner dengan kandungan yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit akan merusak kesehatan kulit wajah. Maka, kamu harus mengetahui kondisi kulit kamu dan pilih toner dengan kandungan yang aman agar memiliki hasil maksimal.

3. Mengaplikasikan dengan cara digosok

5 Kesalahan Saat Menggunakan Toner, Bisa Bikin Kulit Beruntusan!Ilustrasi pria yang sedang menggunakan produk skincare dengan kandungan Peptide (Pexels.com/cottonbro)

Pengaplikasian toner dengan cara menggosoknya di wajah akan membuat kulitmu cepat kering. Selain itu, hal ini juga bisa membuat skin barrier semakin rusak dan mudah mengalami kerutan.

Sebaiknya cukup aplikasikan toner dengan cara di-tap pada area wajah dengan menggunakan kapas. Kamu juga bisa aplikasikan dengan menuang sedikit toner ke telapak tangan lalu ditepukkan ke wajah agar cepat menyerap. 

Baca Juga: 5 Produk Calming Toner untuk Meredakan Kulit Kemerahan dan Iritasi 

4. Memakai toner di area mata

5 Kesalahan Saat Menggunakan Toner, Bisa Bikin Kulit Beruntusan!Memakai toner di area mata (pixabay.com/chezbeate)

Pada dasarnya mengaplikasikan toner pada area mata memang harus dihindari karena areanya yang begitu sensitif. Apalagi menggunakan kapas dengan cara digosok-gosok, hal ini akan membuat area sekitar mata jadi cepat muncul garis halus dan kerutan.

Selain itu, pengaplikasian toner beralkohol di area mata juga bisa menimbulkan dark circle karena punya lapisan kulit yang lebih tipis. Satu tips yang bisa diterapkan bagi kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi cukup aplikasikan di area yang berminyak saja. 

5. Tidak memakai skrincare lanjutan

5 Kesalahan Saat Menggunakan Toner, Bisa Bikin Kulit Beruntusan!Ilustrasi penggunaan serum pria (pexels.com/@rodnae-prod)

Gak cukup sampai di situ, Bro. Setelah menggunakan toner jangan lupa untuk aplikasikan skincare tambahan. Kamu bisa melanjutkan dengan menggunakan serum dan pelembap agar kulit tetap terawat dan glowing. 

Nah, itu dia kesalahan-kesalahan yang harus dihindari saat mengaplikasikan toner agar memiliki hasil yang maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bro!

Baca Juga: 5 Toner Korea untuk Hilangkan Bekas Jerawat, Wajah Jadi Flawless!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya