Comscore Tracker

5 Cara yang Benar Mencukur Rambut di Sekitar Alat Kelamin Pria  

Karena area kelamin pria juga butuh perawatan #IDNTimesMen

Buat kalian para pria, pasti terkadang suka risi dengan tumbuh banyaknya rambut di sekitar alat kelamin dan buah zakar. Memang sih, rambut atau bulu yang tumbuh di area itu gak juga sampai berton-ton banyaknya. Tapi ada beberapa alasan kenapa rambut di sekitar kemaluan harus dipangkas.

Alasan logis mungkin lebih untuk meminimalkan penumpukan keringat, jamur, dan bakteri. Tetapi, jangan juga dicukur sampai habis ya, karena kamu harus menjaga cukup rambut di sana. Alasannya, rambut tersebut mengeluarkan protein dan feromon. Jadi, pangkas dengan sewajarnya saja.

Nah, yang masih belum tahu gimana cara mencukurnya, berikut ada lima cara atau langkah yang bisa kamu lakukan dalam mencukur rambut di area alat kelamin. Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Pilih peralatan mencukur yang tepat  

5 Cara yang Benar Mencukur Rambut di Sekitar Alat Kelamin Pria  Ilustrasi mencukur (Tima Miroshnichenko/Pexels)

Jangan terlalu menyamakan cara mencukur jenggot atau kumis dengan mencukur rambut di sekitar alat kelamin atau kemaluan. Walaupun tekniknya hampir mirip. Untuk itu, kamu direkomendasikan menggunakan electric clipper atau safety razor. Pemangkas elektrik akan memotong rambut sangat dekat dengan kulit tanpa merusak permukaannya sehingga kamu akan mendapatkan tampilan dan rasa halus.

Rambut di testis biasanya halus, jarang, dan tipis, jadi kamu tidak akan merasakan rambut seperti janggut yang sama ketika mencukurnya. Pisau cukur yang aman sudah banyak dijual di pasaran dan akan meminimalkan kulit tergores. Pilih pisau cukur dengan satu mata pisau, bukan dengan 3-5 mata pisau cukur. 

2. Gunakan air hangat  

5 Cara yang Benar Mencukur Rambut di Sekitar Alat Kelamin Pria  Ilustrasi air hangat (Lisa/Pexels)

Sebelum mencukur ada baiknya kamu menghangatkan kulit skrotum terlebih dahulu dengan air hangat secukupnya. Tujuannya agar kulit menjadi lebih rileks dan menstimulasi aliran darah ke testis. 

Kamu juga perlu membuka pori-pori kulit sebelum mendaratkan pisau cukur ke kulit dan cuci area tersebut dengan baik juga. Hal ini untuk menghindari cedera saat kamu mulai melakukan aktivitas mencukur.

3. Oleskan minyak cukur, jangan pakai krim  

5 Cara yang Benar Mencukur Rambut di Sekitar Alat Kelamin Pria  Ilustrasi minyak cukur (Alesia Kozik/Pexels)

Jangan gunakan krim cukur, karena kamu tidak akan bisa melihat bagian yang akan kamu cukur dengan jelas. Solusinya, gunakan minyak cukur saja, karena akan lebih terlihat dengan jelas oleh mata saat mencukurnya.

Minyak cukur akan berhasil, dan akan menutrisi kulit serta melembutkan rambut, lalu mempersiapkan keduanya untuk mata pisau. Sekali lagi, jangan pakai krim cukur bila tidak ingin kulit kamu tergores pisau.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Shaving Cream untuk Pria, Solusi Bercukur yang Nyaman!

4. Tarik kulit kencang dan lakukan perlahan  

5 Cara yang Benar Mencukur Rambut di Sekitar Alat Kelamin Pria  Ilustrasi mencukur (Winstead/Pexels)

Menarik kulit skotrum dengan kencang bertujuan agar rambut halus yang tidak terjangkau dapat ikut tercukur. ini akan mencegah lipatan atau tonjolan apa pun yang mungkin tersangkut pada shaver atau menghalangi pisau cukur. 

Lakukan dengan perlahan, jangan terlalu terburu-buru saat mulai mencukurnya. Ketenangan tangan sangat diperlukan saat melakukannya. Bila kamu tergsesa-gesa berpotensi untuk melukai kulit.

5. Bilas dengan air dingin dan gunakan after-shave balm

5 Cara yang Benar Mencukur Rambut di Sekitar Alat Kelamin Pria  Ilustrasi mencukur (Supply/Unsplash )

Setelah melakukan proses pemangkasan, bilas dengan air dingin, atau mungkin langsung mandi saja. Fungsinya agar pori-pori langsung dapat tertutup dan meminimalkan rambut yang tumbuh.

Oleskan after-shave balm untuk mendinginkan kulit dan melindunginya dari penumpukan bakteri di selangkangan yang berkeringat selama siang atau malam. After-shave balm juga akan menutrisi kulit dan mencegah iritasi. Kamu juga bisa menambahkan lotion setiap hari agar bagian buah zakar halus.

Itu tadi beberapa cara dalam mencukur rambut atau bulu di sekitar alat kelamin kamu. Ingat, lakukan dengan hati-hati bila kamu tidak ingin mencederai alat kelamin kamu. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Catat Bro, Ini 5 Cara Menggunakan Shaving Cream dengan Baik

James Adriano Photo Verified Writer James Adriano

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya