Comscore Tracker

Catat Bro, Ini 5 Cara Menggunakan Shaving Cream dengan Baik

#IDNTimesMen cocok buat yang ingin wajah bersih dari rambut

Kamu lebih suka wajah yang bersih dari kumis atau jenggot? Jika iya, maka, bercukur menjadi rutinitas yang perlu kamu lakukan secara berkala. Kamu pasti menggunakan pisau cukur untuk mencukur kumis maupun jenggot. Nah, saat ingin menggunakan pisau cukur, sebaiknya kamu menggunakan saving cream terlebih dahulu, Bro.

Alasannya, pisau cukur yang langsung bersentuhan dengan kulit wajah bisa menyebabkan iritasi yang cukup mengganggu. Selain itu, juga bisa menyebabkan bagian wajah yang dicukur terasa panas dan terbakar. Sehingga, kamu perlu menggunakan shaving cream untuk menghindari dampak penggunakan pisau cukur secara langsung. 

Ada 5 cara menggunakan shaving cream yang perlu kamu tahu. Apa saja ya, caranya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Menggunakan mangkuk dan kuas cukur 

Catat Bro, Ini 5 Cara Menggunakan Shaving Cream dengan BaikPexels/Josh Sorenson

Salah satu cara untuk menggunakan shaving cream adalah dengan menyiapkan mangkuk dan kuas pencukur. Kedua alat itu harus kamu siapkan agar dapat maksimal ketika mencukur jenggot maupun kumis. 

Cara menggunakannya adalah dengan menuangkannya ke mangkuk khusus bercukur. Tuangkan shaving cream hingga kamu merasa cukup untuk menggunakannya. Sebaiknya, kamu menggunakan kuas cukur dan mangkuk pencukur yang satu paket ketika membelinya. Sehingga, kamu tak repot saat menggunakannya. 

Cara menggunakan shaving cream bersama mangkuk dan kuas cukur ini terbilang mudah. Pertama-tama, kamu perlu melembapkan kuas dan mangkuk cukur dengan merendamnya di air hangat. 

Setelah itu, tuangkan shaving cream ke dalam mangkuk yang sudah lembap dan ada sedikit air di dalamnya, agar shaving cream mudah berbusa. Lalu, kamu bisa menggosokkan kuas cukur ke dalam mangkuk cukur yang sudah terisi shaving cream hingga muncul busa. 

Jika busa dirasa masih kurang, kamu juga bisa menambahkan sedikit air ke dalam mangkuk berisi shaving cream tadi. Jika sudah berbusa, kamu dapat mengoleskannya ke area yang hendak kamu cukur. 

2. Menuangkan shaving cream ke telapak tangan

Catat Bro, Ini 5 Cara Menggunakan Shaving Cream dengan BaikUnsplash/Mathilde Langevin

Cara menggunakan shaving cream selanjutnya adalah dengan menuangkannya langsung ke telapak tangan. Cara ini bisa dilakukan jika kamu gak memiliki mangkuk untuk tempat shaving cream dan kuas, atau saat kamu lupa membawanya ketika bepergian.

Pertama, kamu harus mencuci muka dan basahi tanganmu dengan air. Setelah itu, tuangkan shaving cream secukupnya ke telapak tangan dan gosok-gosokkan hingga berbusa. Setelah berbusa, kamu tinggal mengoleskannya ke area wajah yang ingin kamu cukur.

Cara ini terbilang mudah. Namun, jika dibandingkan dengan menggunakan mangkuk dan kuas cukur, cara menuangkan shaving cream ke tangan akan membuat shaving cream akan banyak yang terbuang ketika digunakan. Selain itu, cara itu akan susah untuk menentukan berapa banyak busa yang akan kamu pakai mencukur. Mungkin kamu juga akan merasa kerepotan, karena salah satu tangan kamu belepotan shaving cream, sedangkan tangan yang satunya sibuk mencukur.

Baca Juga: 5 Tips Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Gak Bikin Iritasi!

3. Langsung mengoleskan shaving cream ke kuas pencukur

Catat Bro, Ini 5 Cara Menggunakan Shaving Cream dengan BaikUnsplash/Supply

Cara menggunakan shaving cream selanjutnya adalah dengan langsung menuangkan shaving cream ke kuas pencukur. Namun, sebelumnya, kamu harus membasahi kuas cukur dan mencuci muka kamu terlebih dahulu.

Tuangkan shaving cream ke ujung kuas pencukur, lalu gosok-gosokkan ke area wajah yang ingin kamu cukur hingga berbusa. Cara ini, juga cukup mudah dilakukan jika kamu gak memiliki mangkuk untuk menuangkan shaving cream. Hanya saja, shaving cream yang dioleskan ke wajah dapat berlebihan.

4. Menggunakan telapak tangan dan kuas pencukur

Catat Bro, Ini 5 Cara Menggunakan Shaving Cream dengan BaikUnsplash/Supply

Jika kamu gak memiliki mangkuk dan hanya memiliki kuas pencukur, beserta pisau cukur, kamu tetap bisa menggunakan shaving cream kok, Bro. Caranya, mirip seperti saat menuangkan shaving cream ke tangan secara langsung.

Namun bedanya, kamu gak langsung mengoleskan shaving cream ke wajah. Kamu menggunakan kuas pencukur untuk mengambil shaving cream yang sudah berbusa di telapak tangan kamu, Bro.

5. Langsung mengoleskan shaving cream ke wajah

Catat Bro, Ini 5 Cara Menggunakan Shaving Cream dengan BaikUnsplash/Lumin

Cara menggunakan shaving cream terakhir adalah dengan mengoleskannya langsung ke wajahmu, Bro. Caranya juga cukup mudah kamu lakukan, lho. Pertama-tama, kamu harus membasahi wajah kamu terlebih dahulu.

Setelah itu, oleskan sedikit shaving cream ke area yang ingin kamu cukur, misalnya dagu atau area bawah pipi. Lalu gosok-gosokkan shaving cream hingga berbusa. Jika sudah berbusa, kamu bisa mulai mencukur. 

Itulah 5 cara menggunakan shaving cream saat mencukur. Selamat mencoba, Bro. 

Baca Juga: Waxing atau Shaving? Ini 7 Perbedaannya yang Wajib Kamu Tahu

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya