Comscore Tracker

Supaya Gak Menyesal, Lakukan 5 Hal Ini Saat ke Barbershop

#GantengCaraGue 9 dari 10 cowok pasrah saat di barbershop

Rambut bagi sebagian besar cowok pasti dianggap penting untuk ditata, dijaga dan dirawat. Karena memang berbeda dengan perempuan yang bisa mempercantik wajah dengan riasan, cowok hanya punya rambut sebagai modal utama tampil menarik. Dengan model rambut yang bagus, tentu dapat menambah rasa percaya diri cowok untuk tampil di depan umum.

Tapi lucunya, kebanyakan cowok gak bisa menentukan pilihan model rambut saat sudah di barbershop. Umumnya mereka yang datang ke barbershop akan memasrahkan pilihan model rambut kepada barber. Hal itu juga diakui oleh Direktur Chief Barbershop Fatsi Anzani.

Ternyata nih kalau kita tanya sama customer, 9 dari 10 customer itu berangkat dari rumah, ngaca, dalam hatinya dia udah niat mau ngubah gaya rambut. Tapi begitu dateng, sampai barber yang kejadian minta kayak semula (dirapikan saja). Gak tau kenapa,” ungkap Fatsi kepada Community Writer IDN Times di acara AXE Men’s Grooming yang berlokasi di Kemang, Jakarta, awal Februari lalu.

Padahal, Fatsi mengaku kalau akan lebih bagus para cowok tahu model rambut seperti apa yang ingin dipunya. Karena kalau hanya memasrahkan begitu saja ke barber biasanya cowok akan pulang dalam keadaan kecewa atau kurang puas.

Jadi, apa dong yang harus dilakukan?

1. Perbanyak referensi lebih dulu

Supaya Gak Menyesal, Lakukan 5 Hal Ini Saat ke BarbershopDok. IDN Times

Menurut Fatsi, saat ini ekspektasi cowok pada model rambut sudah meningkat tajam. Karena ada banyak sumber yang bisa dilihat. “Sekarang karena informasi sangat banyak dan terus menerus, orang mencari inspirasinya source-nya jadi banyak. Dia bisa lihat dari berbagai macam akun, berbagai macam platform,” ujarnya.

Selain mencari referensi melalui media sosial seperti Instagram, kita juga bisa mencari referensi melalui banyak media. Salah satunya seperti IDN Times yang memiliki banyak artikel tentang cara cowok merawat diri di rubrik Men.

COO IDN Times William Utomo pun mengaku, baik jumlah artikel maupun pengunjung rubrik Men terus bertambah setiap waktunya. Artinya, ada banyak cowok yang kini menjadikan IDN Times sebagai referensi utama untuk grooming.

12 bulan terakhir sih growing. Jadi kalau dilihat di IDN Times kanalnya kan banyak. 2 minggu lalu kita coba buka berapa besar traffic-nya. Jadi jumlah artikelnya (grooming) bertambah banyak, jumlah reader-nya juga bertambah,” ungkap William pada kesempatan yang sama.

Saat mencari referensi melalui artikel, selain bisa menambah pilihan model rambut, kita pun bisa tahu apakah model rambut yang kita inginkan itu cocok atau tidak dengan kita. Biasanya, informasi yang diberikan lengkap seperti model rambut yang disesuaikan dengan bentuk wajah atau jenis rambut.

2. Pilih barbershop yang banyak direkomendasikan

Supaya Gak Menyesal, Lakukan 5 Hal Ini Saat ke BarbershopDok. IDN Times

Setelah mendapatkan beberapa referensi dan kamu sudah mendapatkan model yang diinginkan, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan ialah memilih barbershop. Menjamurnya barbershop saat ini memang memberikan kemudahan. Tapi, pasti gak semua barbershop punya pelayanan dan tenaga ahli yang memadai.

Karena itu, ada baiknya kamu perlu memilah-milah barbershop mana yang bisa kamu percaya tenaga ahlinya. Harga mahal pun belum tentu jaminan hasilnya akan sesuai ekspektasi kamu. Tapi ingat, kalau memang pelayanan dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi, pastinya sedikit mahal pun tak apa.

Yang pasti, carilah barbershop yang banyak direkomendasikan oleh teman atau orang sekitar.

Baca Juga: Bau Badan Bikin Cewek Ilfeel? 7 Tips Ini Buat Kamu Wangi Terus

3. Konsultasikan model rambut dengan barber

Supaya Gak Menyesal, Lakukan 5 Hal Ini Saat ke BarbershopDok. IDN Times

Saat sudah menentukan barbershop, maka tugasmu selanjutnya adalah mengunjunginya. Kemudian, apabila masih ada keraguan pada model rambut yang dipilih, maka ada baiknya kamu konsultasikan ke barber. Masukan dari barber pun perlu kamu tampung karena mereka punya tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

Fatsi pun menuturkan kalau konsultasi antara konsumen dengan barber sangat diperlukan. Karena nantinya customer juga bisa tahu model terkini atau yang sedang akan hits. Di Chief Barbershop sendiri pun Fatsi menyebut akan mengenalkan 3 model kepada para customer yang bisa menjadi hits di tahun ini.

4. Tanyakan cara merawat rambut

Supaya Gak Menyesal, Lakukan 5 Hal Ini Saat ke BarbershopDok. IDN Times

Setelah selesai mencukur rambut dan mendapatkan model yang sesuai, maka jangan lupa untuk bertanya cara merawatnya. Karena bila tak dirawat tentu rambut akan mudah rusak. Kalau sudah begitu, maka pasti penampilan kamu pun jadi gak maksimal.

Selain cara perawatan, biasanya barber juga akan merekomendasikan beberapa produk perawatan yang tak hanya banyak direkomendasikan, tapi yang cocok dengan jenis rambut kamu.

5. Rekomendasi minyak rambut untuk gaya maksimal

Supaya Gak Menyesal, Lakukan 5 Hal Ini Saat ke BarbershopDok. IDN Times

Dan di barber itu gak bisa kerja sendiri. Dia perlu didukung produk,” ujar Fatsi yang bermaksud menyatakan kalau hasil kerja barber pun harus didukung produk yang tepat. Apalagi kalau ingin model rambut bertahan seharian di tengah aktivitas, kamu gak bisa sembarangan dalam memilih produk.

Bagi kamu yang ingin tampil dengan rambut klimis, tentu minyak rambut jenis pomade sangat bisa dipilih. Tapi, di tengah aktivitas yang serba dinamis saat ini lebih baik tinggalkan pomade yang oil based. Ada baiknya kamu memakai pomade yang water based karena selain lebih cepat digunakan, menata rambut pun akan lebih mudah. Pomade yang bisa menjadi pilihan ya AXE Perfect Control Pomade.

Atau kamu ingin memiliki model rambut yang messy look? Kamu bisa pilih AXE High Hold Matte Wax. Sementara kalau kamu ingin bergaya rambut yang spiked-up bisa menggunakan AXE Extreme Hold Gel. Kalau mau gaya rambut slick back pun bisa, yaitu dengan produk AXE Slick Back Shine Gel.

Sekarang, gak ada lagi alasan bagi kamu untuk kecewa atau gak puas dengan model rambut yang kamu punya sehabis cukur. Terapkan cara ini dan jangan lupa pakai produk pilihan, ya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Barbershop di Surabaya Ini Bisa Bikin Kamu Langsung Kece!

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You