Comscore Tracker

5 Cara Jitu Merawat Kulit yang Terkena Sunburn, Mudah Banget!

Kamu bisa melakukannya di rumah

Sunburn bisa terjadi karena kita tidak memberikan proteksi untuk kulit kita, yang berupa sunblock atau suncreen saat berada di luar ruangan dengan paparan sinar matahari yang berlebih. Sunburn sendiri tentu dapat membuat kulit menjadi perih dan menimbulkan sensasi tidak nyaman.

Selain rajin menggunakan sunscreen dengan kadar SPF tinggi, kamu juga harus mengetahui cara atau trik dalam mengatasinya jika sunburn terlanjur menyerang. Apa saja? Berikut informasinya, baca sampai selesai!

1. Minum air putih yang banyak

5 Cara Jitu Merawat Kulit yang Terkena Sunburn, Mudah Banget!ilustrasi air mineral (unsplash.com/Ikhsan Sugiarto)

Minum air putih yang banyak dapat membantu menghidrasi kulit dan membantu dalam memperbaiki skin barrier dengan cepat. Mungkin dengan meminum air putih tidak akan langsung terlihat karena sifatnya melembapkan dari dalam, namun kondisi kulit yang kering akan membuat sunburn kamu terasa makin perih.

Selain itu, kulitmu juga akan terlihat lebih lembap dan segar dengan rutin meminum air putih. Manfaat lainnya, dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan metabolisme.

2. Menggunakan aloe vera gel

5 Cara Jitu Merawat Kulit yang Terkena Sunburn, Mudah Banget!Ilustrasi produk aloe vera gel (unsplash.com/Jametlene Reskp)

Aloe vera gel menjadi salah satu produk yang mudah ditemukan di pasaran. Jadi, kamu tak perlu bersusah payah mengoleskan gel lidah buaya asli dengan bau yang kurang sedap. Saat berencana berlibur ke ruangan terbuka, apalagi ke pantai, kamu sebaiknya selalu membawa aloe vera gel.

Untuk lebih praktisnya, kamu dapat menggunakan aloe vera spray, aloe vera sheet mask dan skincare lainnya yang mengandung aloe vera. Kandungan ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit. Selain itu, ampuh dalam menenangkan kulit yang stres. 

3. Asupan antioksidan

5 Cara Jitu Merawat Kulit yang Terkena Sunburn, Mudah Banget!Kiehl’s Cilantro and Orange Extract Pollutant Defending Masque (shopee.co.id/msqueenshop)

Ketika kulit memerah seperti kepiting rebus atau kondisi kulit menghitam sudah mulai sembuh, kamu dapat merawan kulitmu dengan menggunakan produk skincare yang kaya antioksidan. Misalnya saja mengaplikasikan serum atau pelembap dengan kandungan vitamin C.

Kandungan ini sangat baik dalam meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit yang rusak akibat radikal bebas atau terkena langsung paparan sinar matahari. Menggunakan serum vitamin C sebelum penggunaan sunscreen dapat memberikan perlindungan lebih pada kulitmu.

Baca Juga: 7 Cara yang Benar Pakai Sunscreen untuk Pria, Wajah Gak Bakal Gosong!

4. Jangan mengelupas kulit

5 Cara Jitu Merawat Kulit yang Terkena Sunburn, Mudah Banget!ilustrasi kulit yang mudah terkelupas (unsplash.com/Sharon McCutcheon)

Seperti halnya jerawat, kamu juga dianjurkan untuk tidak mengutak-atik kulit yang terkena sunburn. Hal tersebut dikarenakan dapat membuat kondisinya semakin parah.

Bila kamu mencoba untuk mengelupas kulit yang belum saatnya terkelupas, maka kamu akan merasakan sensasi kulit terasa lebih sakit dan perih. Yang lebih parah, bekasnya menjadi lebih susah hilang. Kamu harus lebih bersabar dalam menghadapi proses penyembuhannya agar lebih cepat sembuh.

5. Meminum obat anti-inflamasi

5 Cara Jitu Merawat Kulit yang Terkena Sunburn, Mudah Banget!ilustrasi obat ibuprofen (unsplash.com/Brett Jordan)

Tak hanya melakukan perawatan dari luar, kamu juga dapat mencoba meminum obat anti-inflamasi yang bisa meredakan sunburn dari dalam. Obat ini bernama ibuprofen. Obat ini dijual dengan banyak merk dagang, seperti Advil, Nuprin, Motrin, dan Brufen.

Produk ini bersifat analgesik atau pengurang rasa nyeri dan antipiretik atau penurun panas. Pada dasarnya, ibuprofen dimanfaatkan untuk meredakan demam, sakit otot, nyeri haid, atau rasa sakit setelah melakukan tindakan operasi. Meminum obat ini dapat membantu mengurangi inflamasi yang terjadi pada kulitmu yang disebabkan terkena sunburn.

Kelima cara merawat kulit yang diakibatkan sunburn di atas bisa kamu lakukan untuk kesembuhan yang cepat. Cukup mudah dilakukan, kan?

Baca Juga: 9 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria, Wajib Coba!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya