Comscore Tracker

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Caranya Mudah!

Tanpa efek samping

Mempunyai warna gigi yang putih bersih tidaklah bisa ditempuh dengan cara yang instan. Kamu perlu melakukan berbagai perawatan untuk menjaganya. Kamu juga sebaiknya menghindari berbagai makanan atau minuman yang memicu noda pada gigi, seperti kopi, teh, kecap asin, hingga permen.

Tak perlu ke dokter gigi untuk memutihkan gigi dengan cara yang optimal, berikut ini adalah cara efektif dalam memutihkannya secara alami dengan cepat. Penasaran kayak gimana? Yuk, simak!

1. Sikat gigi memakai arang alami untuk membuat gigi tampak cerah

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Caranya Mudah!ilustrasi arang (unsplash.com/Joey Harris)

Arang merupakan bahan alami yang bersifat alkali yang dapat menyerap plak dan zat pewarna yang terdapat pada permukaan gigi. Tak bisa sembarangan, kamu hanya perlu menggunakan arang untuk gigi secukupnya saja atau tidak terlalu sering.

Hal tersebut dikarenakan supaya tidak berdampak negatif pada tubuh. Untuk memutihkan gigi memakai bahan ini, kamu sebaiknya sikat gigi dengan arang alami satu hingga dua kali dalam seminggu.

Jika kamu ingin tahu cara pembuatannya, kamu hanya perlu menumbuk batok kelapa sampai halus, kemudian diayak. Setelahnya, kombinasikan bubuk arang dari batok kelapa tadi dengan satu sendok makan air lemon. Selanjutnya gunakan sebagai pengganti pasta gigi ketika sedang menggosok gigi.

2. Mengunyah daun sirih

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Caranya Mudah!ilustrasi daun sirih (unsplash.com/vetri vikash)

Mungkin kamu pernah melihat orang tua sedang mengunyah daun sirih hingga mulutnya berwarna merah. Daun ini telah lama dianggap sebagai resep tradisonal untuk memutihkan gigi.

Daun ini memang mempunyai beberapa manfaat, seperti memperbaiki warna gigi, membuatnya lebih kuat, menghilangkan pendarahan pada gusi, hingga mencegah bau mulut. Untuk perawatan gigi, kamu dapat langsung mengunyah daun sirih yang telah dibersihkan.

Kamu juga dapat merebusnya dan memakai air rebusan tersebut untuk berkumur. Selain itu, kamu bisa menumbuknya, lalu mengoleskannya pada permukaan gigi.

3. Memakai stroberi untuk menggantikan pasta gigi

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Caranya Mudah!ilustrasi buah stroberi (unsplash.com/Jeremy Bezanger)

Stroberi merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan asam malat. Kandungan ini berfungsi dalam mengikis noda pada permukaan gigi. Selain itu, jika kamu secara teratur memakan stroberi, maka kamu akan terhindar dari sariawan, gusi berdarah, dan membunuh bakteri pada mulut.

Kamu dapat pula menggunakan buah ini untuk menggantikan pasta gigi untuk hasil yang lebih efektif. Cara pengunaannya adalah pertama, tumbuk stroberi hingga halus, kemudian oleskan pada gigi dan gosok perlahan. Cara tersebut juga bisa menjadikan gigimu menjadi lebih putih.

Baca Juga: Jangan Percaya 6 Mitos tentang Kesehatan Gigi dan Dokter Gigi Ini

4. Tumbuk halus daun salam untuk digunakan pada gigi 

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Caranya Mudah!ilustrasi daun salam (unsplash.com/Monika Grabkowska)

Selain sering menjadi campuran berbagai masakan, daun salam juga bermanfaat untuk membuat gigi lebih putih. Kandungan dari daun ini pun melimpah, seperti minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, Vitamin A, B, C, D, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium yang ampuh dalam melindungi kesehatan gigi dan gusi.

Kamu bisa menumbuk daun salam hingga halus, lalu mencampurkannya dengan air bersih sampai berbentuk pasta. Kemudian oleskan ke gigi seperti saat kamu memakai pasta gigi dan sikat gigi sampai bersih.

5. Manfaatkan kulit jeruk yang kaya akan zat pektin

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Caranya Mudah!ilustrasi kulit jeruk (unsplash.com/okeykat)

Ketika kamu mengunyah buah jeruk, sebaiknya tidak membuang kulitnya, karena ini dapat kamu manfaatkan untuk membantu memutihkan gigi. Kulit jeruk kaya akan zat pektin dan minyak atsiri yang bisa memelihara kesehatan mulut dan sekaligus memutihkan gigi secara alami.

Kamu dapat menumbuk kulit jeruk sampai halus, selanjutnya mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada permukaan gigi, biarkan selama dua sampai tiga menit, lalu berkumurlah dengan air bersih.

Kelima cara alami di atas, bisa kamu lalukan untuk membuat gigi putih secara alami. Bahan dan pembuatannya pun, anti ribet, lho! Mudah dilakukan!

Baca Juga: Memutihkan Gigi, Apa Efek Samping dari Bleaching Gigi?

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya